ciri-ciri BTS Telkomsel, Indosat, XL, TV


Pernahkah anda memperhatikan dengan seksama rata-rata di daerah anda ada berapa tower BTS berdiri? Saya yakin kebanyakan minimal ada 3 tower BTS yang saling berdekatan, dan ketiga tower BTS itu pastinya milik Telkomsel, Indosat dan XL. Kalaupun baru ada satu BTS, kemungkinan besar milik Telkomsel, kalau ada 2 BTS maka kemungkinan besar adalah milik Telkomsel dan Indosat. Seperti telah kita ketahui, bahwa Telkomsel memang yang pertama kali mengklaim di setiap kecamatan di Indonesia ini sudah ada BTS punya dia (Telkomsel).

Tetapi sekarang ini kalau dilihat secara kasat mata, bisa dikatakan bahwa ketiga besar operator GSM (Telkomsel, Indosat dan XL) kalau di pulau Jawa ini keberadaannya sudah merata, alias ketiga-tiganya ada semua. Kalaupun di suatu tempat ada BTS lebih dari tiga buah, itu bisa jadi adalah milik operator 3 (mau), atau milik flexi, atau milik esia, atau milik smart, atau milik Fren, atau milik ceria.

Lalu bagaimana cara mengenali antara BTS satu dengan yang lainnya, itu miliknya operator apa. Secara fisik hanya XL yang paling gampang dikenali, setahu saya BTS XL memakai besi tower berbentuk bulat (tubular) dan tiang besinya yang keatas hanya ada 3 buah. Sedangkan BTS Telkomsel dan Indosat secara fisik bentuknya mirip, yaitu dibuat dengan besi L dan selalu 4 tiang, yang membedakannya menurut saya adalah bentuk BTS telkomsel agak lebih kecil atau ramping, dan lebih tinggi (tapi tidak juga selalu seperti itu). Memang sulit menjelaskannya tetapi kalau saya pribadi rasanya tidak susah mengidentifikasi mana BTS Indosat, mana yang Telkomsel. BTS 3(mau) juga agak gampang dikenali, yaitu mirip BTS XL dengan besi bundar dan hanya tiga tiang keatas, tetapi bentuknya biasanya kecil dan tidak terlalu tinggi, juga bentuknya dari bawah keatas lebarnya tetap, maksud saya jika BTS XL itu dari bawah jarak antar tiang itu lebar, lalu makin keatas makin mengecil, jika 3(mau) jarak antar tiangnya konstan dari bawah sampai atas.

Terus kalau tower antena TELEVISI itu seperti apa? Kalau anda tinggal di kota Jogja, paling mudah adalah melihat antena TVRI yang di Jalan Magelang, atau Antena RB TV di komplek radio Reco Buntung. Perbedaan yang paling mencolok adalah letak antenanya, kalau BTS pasti disamping BTS dan kebanyakan 3 arah warnanya putih. Kalau antena TV pasti ada di puncak antena, biasanya ada kelihatan ada beberapa lapisan berwarna merah dan putih. Antenna TV bentuknya pasti besar dan menjulang tinggi, paling tidak 100 meteran (kalau di Jogja). Kalau di Jakarta (daerah Joglo dan Kebon Jeruk) atau di Surabaya daerah (Darmo) tinggi antena TV bisa sampai 200-250 meter.

Mungkin ada yang bisa menambah lebih detil dan spesifik. Silahkan.

Tentang iklan-iklan ini

286 Tanggapan

  1. kepingin tau nih perkembangan pembagnan bts telkomsel

  2. bagai mana sistem pemasangan grounding pada bts

  3. bagaimana sistem awal pembuatan sampai akhir bte dan bagian bagian apa saya yang mencakup didalamnya serta keterangan yang lainnya
    , terimakasih

  4. tsel yg punya bts terbanyak tampaknya mau merental bts, bahkan networknya.
    kalau bagian2 bts secara umum sbb. tower, shelter(rumah perangkat transmisi+AC+UPS+GENSET), microwave, antena, kabel feeder.

  5. agus alexander, on March 4th, 2008 at 3:40 am Said:

    pagi mas hadi,

    saya udah ngerti ttg membedakan tower – tower. nah sekarang. jika tower itu sistemnya disewakan, misalnya dulunya punya provider yang lain terus digunakan oleh provider lainnya, gimana mas???

    saya mohon juga dijelaskan ttg perbedaan antena / perangkat antenanya, yang jelas pasti ada bedanya baik dari bentuk, jenis, warna ataupun ciri-ciri lainnya yang dari kasat mata ( darai dekat ) tower bisa terlihat.

    saya mohon infonya ya mas?
    salam damai dari pulau dewata.
    trims.

    @agus alexander
    Saya taruh di sini mas comment anda, biar nyambung.

    Susah juga mas jawabnya, tentang tower yang disewakan, tetapi mungkin bisa dilihat kalau antenanya ada 3 atau 4 tingkat, jadi misal paling atas misal ada 4 antena yang mengarah ke 4 arah mata angin, lalu dibawahnya ada lagi 4 antena yang juga mengarah ke 4 arah mata angin, lalu misal bawahnya lagi dan bawahnya lagi, sehingga ada 4 tingkatan antena, itu kemungkinan towernya disewa oleh operator lain, dan ciri-cirinya di bawah harusnya ada rumah (shelter) tempat perangkat transmisinya lebih dari 1, atau mungkin ada 4, karena masing-masing tingkat adalah satu perangkat pemancar.

    Soal antena, kalau GSM kan frekuensinya ada yang 900Mhz dan 1800Mhz, yang 900Mhz antenanya terlihat lebih panjang dan lebih besar, dan yang 1800Mhz antenanya lebih pendek dan lebih kecil dari pada antena yang 900Mhz. ini karena semakain besar afrekuensi maka perhitungan panjang gelombangnya semakin pendek, sehingga antennanya juga semakin pendek. Untuk 3G yang di frekuensi 1900, jelas antenanya lebih kecil dan pendek lagi.

    Saran saya buka situs para pembuat dan penjual antena, yaitu kathrein dan andrew, saya yakin disitu akan bisa dilihat dan dipelajari soal antena GSM dengan lebih detil. Setahu saya BTS indosat dekat rumah saya, kemarin memakai antena merek kathrein.

    • ada yang tau gak nih sebaran semua BTS dalam bentuk peta..pleeeaaassseee…penting banget dah

      • bila di lacak dari android, install saja aplikasi ” open signal”. akan di tampilkan sebaran BTS yang ada di wilayah anda berdiri (GPS on). tks

  6. mas aku mau nanya ni.. gimana caranya bikin antena penerima signal GSM? soalnya didaerahku signalnya paling cm dapet satu atau ga ada sama sekali. makasi ya….

    • Mas coba aja bikin wajan bolic, cari infonya di mbah google atau pake tutup wajan alumunium, hp di letakan di tengahnya.. Pasti naik sinyalnya :D

  7. Ciri2 BTS XL: mobil yang sering datang buat maintenance ada tulisan dan logo XL-nya. Ciri2 BTS Telkomsel/Indosat/dll: idem.
    Kalo dari ciri fisik mungkin ada benernya tapi bisa juga salah. Keseragaman bentuk fisik mungkin terkait sama perusahaan kontraktor towernya.

    Menurut saya ini penting lho (mengidentifikasi BTS). Terutama buat yang mau pindah rumah. Buat memastikan kekuatan signal hp/modem. Saya kebetulan baru pindah rumah, kebetulan di deket rumah baru ada BTS XL. Kebetulan saya juga lagi nyari modem HSDPA. Akhirnya pake HSDPA XL…. sinyalnya excellent… kenceng kalo lagi stabil. Kalo lagi apes putus mulu……

  8. @ alam
    betul sekali mas alam, kalau tujuannya mau memanfaatkan koneksi data dari operator GSM (sebenarnya CDMA juga), maka makin deket ke BTS makin bagus tentunya.
    Kalau rumah saya jarak ke BTS indosat, XL, dan Telkomsel, sama jauhnya, paling tidak 700-1000 meter line of sight, tapi selama ini make GPRS matrix, lancar-lancar saja.
    Kalau mau beli/sewa rumah yang deket rumah dan lebih sip lagi tidak terhalang apapun pandangan ke BTS yang mau kita pakai untuk langganan data.

  9. wah datane lengkap banget boss,,, jangan jangan juragan tower.. tower per stage berapa mas standart untuk warnet

  10. salam kenal,

    terima kasih infonya,
    sekedar tambahan, kalo cara saya membedakan itu bts punya siapa, tinggal longok aja ke hape (saya punya 3 hape, sat,xl dan telkomsel) mana yg sinyalnya mentok ya dialah pemiliknya he he…

  11. bagus skl tulisannya. tp saya masih bingung bedakan antara tower indosat dan telkomsel.? tlg beri penjelasan gampang bedakannya. kedua. apa dalam satu tower dpt ada dua atau lbh operator yg memancar?kalau ada gmn bedakannya.. tks

  12. Mau tanya data letak/ alamat semua BTS di Jawa tengah , punya datanya nggak mas? Mohon bantuannya dong ? Makasih

  13. maaf mas tdk punya, tapi menurut saya untuk operator besar pastilah tiap kecamatan minimal ada 1 bts. tinggal cari data ada brp kecamatan di jateng.

  14. mas kalo mau mbedain BTS yang sudah bisa hsdpa sama yang BTS biasa gimana caranya??
    trus kalo mau perkuat signal hsdpa caranya gimana??
    thx

  15. XL biasanya 3 tiang dan nggak dicat
    TSEL empat tiang, warna merah
    ISAT empat tiang warna tidak selalu merah, besi lebih besar
    3 paling cuman numpang operator lain :P

  16. @ Kurniawan
    Wah maaf mas kurang ngeh nih saya, yang jelas untuk HSDPA jelas hanya di kota saja, itupun saya yakin hanya disekitar pusat bisnis, kan yang make HSDPA dikit mas.
    3G saja di rumah saya yang Ndeso belum terjangkau, setahu saya kalau indosat di jogja, paling barat hanya di Wilayah Gamping.
    Lebih mudahnya mas kurniawan cek saja dengan HP yang sudah HSDPA, trus jika di tempat ngecek itu dapet sinyal HSDPA tinggal liatin saja BTSnya, kira-kira perbedaan antennya seperti apa. Selamat mencoba, maaf jika jawaban kurang memuaskan.
    Semoga ada pakar yang bisa membatu jika membaca blog saya ini. makasih.

  17. @ ardietna
    Untuk 3 sepertinya gabung sama AXIS ya mas?

  18. Membedakan BTS juga dapat dilakukan dengan melihat lampu towernya yg menyala waktu malam, Tsel biasanya memiliki 4 lampu,2 lampu ditengah 2 diujung tower dan berkedip untuk bts yg besar, dan hanya 2 diujung jika bts kecil, kalau ISAT punya 3 lampu, 1diujung tower dan 2 ditengah, smuanya juga berkedip, tapi kalau XL 3 lmpu 1 diujung dan 2 ditengah tapi tidak berkedip,
    Itu setau saya, tapi kalau tidak yakin dan kebetulan anda dekat dengan bebrapa BTS,jika sempat,datangi aja BTS itu dan lihat dikaki tower yg bawah atau di KWh meternya pasti
    Ada plat ID yg brisi informasi tower itu punya siapa.

  19. saya mau tanya berkisar berapasih sewa tempat bts yg diatas ruko

  20. coba kunjungi blognya mas priandoyo, sepertinya pernah mengulas hal tersebut.

    ada di blogroll saya, tinggal klik

  21. Wah blog sampeyan menarik mas,sy jd lbh tahu ttg seluk beluk BTS,mo nanya mas:utk HP merk lokal apa bs dibuat modem?mengingat tdk ada platform Java-nya,sedangkan byk aplikasi yg Java required,iya kan?tlg bantuannya makasih

  22. @ Welly
    Thank You.

    HP lokal? sepertinya gak ada tuh mas, mungkin buatan PT INTI ya? CDMA kayaknya yang buatan PT INTI.

    HP untuk modem. CDMA atau GSM, ya sudah tak asumsikan GSM saja pertanyaan mas Welly.
    Saran saya paling mudah cari HP GSM yang ada bluetoothnya, cari yang paling murah. Terus beli USB Blutut Billionton, tadi saya barusan beli Rp. 110.000,-

    Ntar USB blutut tinggal diinstall dikomputer dengan OS minimum Windows 98SE, nah tinggal setting untuk modem. Jadi dah.

  23. saya punya tanah kosong pinggir jalan di daerah Asahan Kecamatan Sei Kepayang, Sumatera Utara. jika ada yang petugas cari lokasi BTS dan berminat mendirikan tower di daerah itu bisa email ke khairusty@yahoo.com ato flexy ke 061-76483216. bisa nego boss…

  24. maaf mas hadiyanta mo melengkapi
    kebetulan saya bekerja di Perusahaan Persewaan Tower
    Jenis Tower
    1. 4 legs
    2. 3 legs
    3. Monopole
    4. Mini tower
    jenis lahan
    1. Green Site (Lahan bebas)
    2. Roof Top (atas gedung)
    Jenis Ketinggian Tower (meter)
    1. 72
    2.52
    3.42
    4.30
    5. 15 (monopole n rooftop)
    Klo satu tower bs di pake mpe 3 Operator bahkan mpe 5…atau istilahnya Colocation
    n indosat kebetulan punya tower sendiri n maintenace sendiri, klo Telkom, Xl, STI, B-Tel ( Esia) statusnya Sewa Tower semua…termasuk di perusaan sy.

    • mas miko . boleh minta contact personnya ? saya berkeinginan menanyakan bts lebih lanjut .. trims .

    • mas, saya punya tanah dilamongan kota, saya mau sewakan untuk tower gmn caranya? tolong minta infonya mas. nomor hp saya 0896 7569 8529

    • Mas, di kecamatan tempat ku belom ada BTS mas, dan kalo mo telfon cari2 lokasi dulu, biar dpt sinyal, kalo aku mo nyewain tanah tolong infonya. tepatnya kec. Gebang Kab. Purworejo Jateng. Terima kasih

    • Pak Miko saya mempunyai ruko 4 lantai dan daknya lantai cor beton (posisi di huk/sudut) depan jalan raya outer ring road terletak di Mutiara Taman Palem (komplek Ruko Mall Taman Palem) di Cengkareng Timur- Jakarta Barat, ingin menyewakan tempat utk pemasangan BTS, tolong minta informasinya dan dengan siapa bisa sya hubungi.

      Terima kasih

      Halim
      Hp 081315160808

  25. @ miko
    Trimakasih mas miko, saya yakin info anda sangat berguna bagi pembaca.

    Kalau tower untuk pemancar TV belum menyewakan ya mas?

  26. belum,khusus selular aja mas…

  27. @khairuddin
    sewa tempat tidak bs asal sewa mas..
    klo ada surat penawaran ordinat dr operator ke perusahaan Tower baru bisa di adakan negoisasi kepada pemilik lahan. jadi yg nentukan titik ya operator selular.
    tapi kalo semisal ada ketidaksepakatan masalah harga sewa. titik ordinat bisa berpindah sejauh2nya 200 meter dari titik awal.

  28. ada yang tahu bagaimana cara menyewakan tanah buat BTS

  29. Setau saya untuk masalah menentukan titik dimana mau mendirikan tower (BTS)itu melalui beberapa tahapan ya so pasti surfey …..doloe…meliputi lokasi itu dekat ndak dengan pusat kegiatan masyarakat….baik pasar terminal and pusat keramaian lainya…..dan satu lg mas mengenai oprator yg sewa (gabung )dengan oprator lain…..ndak bisa ditentukan atau dilihat dari jumlah antena masalahnya menurut pengalaman saya ada tehnologi yg dinamakan multioprator combainer itu bisa ngemix signal trus dipancarkan dari antena sektor dari frek….800MHZ (CDMA 800)1800MHZ (GSM)1900MHZ(CDMA 1900)dan 2170MHZ

  30. gambar nya dunks…gambar adaalah sejuta kata….hehehe

  31. wah takut melanggar hukum jika sembarang potret lalu ditampilkan di blog

  32. Klo lagi jjs, saya juga sering ngomong ke istri. Tower ini punya Telkomsel, Indosat atau XL? Memang antara BTS Telkomsel dan Indosat hampir sama tapi klo diperhatikan jelas banget berbeda dari type support-nya.

  33. Infonya bagus2,mas.
    Thx y

  34. Mas tower itu berat ngak? Sy heran kok bisa ada di atas ruko ya. Pernah di kota ku di ributin pemda, eh akhirnya trus juga tuh.

  35. @ mangun
    kalo berat ya jelas berat, tp kontruksi dan kekuatan gedung dan berat towernya tentu sdh dihitung mas. Lagi pula sekarang BTS yang diatas gedung cuma kecil-kecil, kan hanya untuk sekedar mengcover paling-paling radius 500 meteran disekeliling BTS.

  36. bedany tower ber 3g n g tw ap mas ? kyknya kq sama smua ya.xixixi..

  37. Mas..saya mau jual nih sebidang tanah saya seluas +- 1000m2 , sudah disewa untuk tower , tinggal nunggu perpanjangan doang

  38. Ayo siapa mau beli?

  39. Kalau XL yang dibangun sebelum tahun 2004/2005 biasanya bentuknya sangat besar, dan besi – besinya rapat, terus biasanya BTS-nya ada 3 arah mata angin. Pokoknya towernya paling tinggi diantara yang lain. Tetapi setelah tahun 2006 kesini, towernya putih kaki tiga. Kakinya bulat….. ..

  40. mas mau tanya, aq denger kabar kalau indosat untuk jaringannya itu nyewa dari nokia bener gak? nokia gak cuma jualan hp doank ?

  41. Kalau BTS INDOSAT yang dibangun setelah tahun 2004an biasanya warna belang belang putih dan merah sebelah atas lebih rapat. Terus akhir -akhir ini BTS INDOSAT kalau saya amati ada 4 pasang antene yang dipasang diatas. Yang paling atas adalah antena yang lama. Kemudian agak sebelah bawah ada sepasang yang ukurannya lebih kecil dan agak menjorok keluar (kayaknya ini yang 1900). Terus dibawahnya lagi dengan ukuran yang juga kecil tetapi menempel di towernya (kayaknya untuk 3G). Kadang – kadang di bawah lagi ada antene yang agak besar dan menjorok keluar (yang ini untuk apa ya….?) Minta infonya bagi yang tahu….. Yang 2 diatas saya juga cuma kira-kira saja…

    • @eswahyuli,

      saya Agus, mengenai penampakan anntena yang anda sebutkan akan saya jelaskan, kebetulan saya juga bekerja di bidang Pertoweran,
      1. Antenna paling atas adalah GSM 900
      2. Anntenna yang dibawah Antenna yang paling atas, adalah DCS 1800
      3. Antenna yang menempel di kaki tower itu adalah WCDMA / HSDPA / 3G
      4. Antenna yang kadang – kadang ada dibawah antenna 3G, adalah CDMA Star One

      Sekian informasi dari sya, semoga bermanfaat

  42. Tambahan : shelter yang diatas cuma 1, jadi kayaknya bukan antena operator lain.

  43. Yang kecil saya kira memang untuk HSDPA 3.5G

  44. Tapi yang baru dan bentuknya agak besar dan menjorok keluar untuk apa ya?

  45. ayo siapa yang bisa memberi pencerahan….

  46. untuk mas miki

    1. nama perusahaan anda apa?
    2. dan apakah tower anda mencover sepanjang jambi
    sampai lampung ?

    Jika ya, saya minta tolong dikirimkan koordinat tower ke email saya
    sai_mohsa6@yahoo.com A.S.A.P

    3. Apakah Telkomsel menyewa di tower anda

    Terima kasih

    saya tunggu

    Best Regards

    Said

  47. membedakan antara bts TSEL dan ISAT secara fisik, bisa juga dilihat dari pagarnya
    TSEL : DICET Berwarna Biru
    ISAT dan STI : Dicet berwarna Silver

  48. Mas, saya mau tanya, kalo kita mau tau daftar BTS Telkomsel di are tertentu bisa tdk ya? bagaimana caranya atau mgkin ada web yg menyediakannya? Thanks before

  49. Mas, saya di tabanan bali punya tanah persawahan tapi kering di pegunungan akses jalan ada mau saya sewakan. ada nggak yang mau kontrak untuk BTS ya ?

  50. kalo baca di detikinet, kayaknya BTS di bali pada dirubuhkan ya. Tapi siapa tahu di daerah yang anda tawarkan memang dibutuhkan BTS, semoga ada kontraktor BTS yang membaca penawaran anda.

    • Saat ini jumlah operator seluler mencapai 10 operator mas, salah satu dampak dari pertumbuhan tersebut adalah pertumbuhan jumlah tower BTS, dimana saat ini sudah ada kurang lebih sebanyak 106 tower BTS yang dibangun oleh operator seluler di wilayah kota Yogyakarta. Nah kalo terus dibiarkan maka dikhawatirkan Kota Yogyakarta akan menjadi “hutan tower” yang dapat mengganggu predikat Kota Yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata, iya kan?

  51. Skrg juga bnyk dibangun semacam tower bts di pinggir tol, tapi tanpa shelter dan perlengkapan lain dibwh. Ternyata dipasang bendera partai demokrat ukuran besar. Di serang ada beberapa biji

  52. iya mas… di kampung ane yang paling mudah mngenalnya adalah BTS XL cz nyong cm px 3 kaki…
    Mas apa g bisa di satu BTS semua operator ada….?
    biar g bxk ngeluarin dana gitu…kan telkomsel, indosat, xl dll bisa join n dari segi estetika kampung kita juga indah………….

  53. Sekarang sering saya liat juga bts baru, tp kebanyakan blm dipake, diatas dipasang semacam besi melingkar semacam hulahop. Apa ini nantinya dipake unt bts bersama ya? Ada yg tahu gak?

    • anda salah liat mungkin, kalo itu seh mungkin buat panjat pinang,….

    • Kalo Tower yang ada besi melingkat di atas dan ada beberapa besi, kurang lebih dari ketinggian 40 – Top,itu adalah milih perusahaan Tower Bersama / TBG.

      di Tower TBG bisa di sharing beberapa operator, misal INDOSAT,XL, Telkomsel, HCPT/3, dll.

      dengan cara operator – operator tersebut menyewa Toer TBG tersebut

  54. cara memebedakan bts 3 operator besar sangat gampang :
    1. telkomsel warna cat pagarnya warna biru, indosat pagar BRC dan XL BRC juga
    2. tower telkomsel standart (biasa saja), indosat pada pertengahan tower hingga keatas warna catnya belang-belang rapat(putih merah), XL untuk sekarang sudah tidak dicat (silver/warna besi)
    3.untuk telkomsel posisi antena di atas tower sangat dekat dengan besi tower penempatannya. indosat berbentuk persegi empat di atas tower(skrg), XL agak menjorok keluar dengan jarak yang cukup panjang

    ———————————————————————-
    ciri- ciri tower bersama
    1. lihat di papan mana tower, jika tidak tercantum nama opertor tertentu, maka bisa dikatakan tower bersama
    2. biasanya ditower sudah penuh dengan banyaknya antenna dan microwave (bentunya bulat)
    3. didalam area tower ada beberapa ruangan yang di persiapkan untuk operator lainnya yang akan menyewa.
    4 (skrg) ada tower dengan besi bundar melingkar diatasnya (hulahop) berfungsi untuk menempatkan antenna pada ketinggian yang sama untuk beberapa operator.

  55. @ Yayan
    aku malah belum pernah lihat yang model hulahop, di jogja belum ada kayaknya.
    Mungkin di daerah yang baru sekalian tower bersama, kalo di jogja kan dari dulu sudah saingan mendirikan tower sendiri2.

    Infonya bagus sekali mas, matur nuwun.

  56. Ya ,mas yayan benar untuk T,Sel hanya dengan melihat pagarnya kita sudah tau karena T1,T2,T3 semuanya memakai pagar warna biru ,et tapi jangan lupa untuk Flexi pun tower,pagar dan bentuk site nya pun sama dengan T.Sel ,karena mereka memang adek kakak ..he..he..
    Kalu perlu Tower mini mas , pesan saya saja ,saya ada dan sedang membuat untuk semua jenis tower dari semua operator. semua berdasarkan skala tinggi dan besaran tower asli seperti site aslinya.

  57. Ayo siapa yang mau pesen tower, hubungi saja Abdul Rivai

  58. Setelah mengamati banyak site tower milik operator XL, sebenarnya tower XL emank paling mudah dikenali, ada yang 3 kaki (Triangle) dan ada yg 4 kaki (SST). Biasanya tower XL baik Triangle maupun SST itu biasanya antena sectoral (antena yang panjang) tidak menempel pada tower. Ciri itu yang paling mudah di inget….moga bermanfaat….

  59. Tower yg ada hulahopnya di serang semakin banyak. Jaraknya antar tower gak nyampe 2km, tp pd blm ada antenenya.

  60. Kalo tower esia susah dikenali. Di serang, BTS ESIA dipasang di tower stasiun kereta api serang dan di tower radio dimensi fm dan di cilegon dipasang di tower TVRI serta di atas gedung dg tower agak kecil. Di daerah pandeglang dan labuhan juga di atas pertokoan. `
    tetapi ada yg menarik dari esia, walau frekwensinya sama dg flexy tetapi jangkauan esia lebih jauh. Padahal bts esia cuma beberapa biji dlm 1 kab.
    Bisa dicek, kalo kita naik kapal dari merak sampai bakauheni sinyal esia msh bagus. Dan kita msh bisa menikmati kode area 0254 . Kenapa esia jangkauannya bisa lbh jauh? Siapa yg bisa menjelaskan?

  61. Esia di yogya gmn? Ada di komplex tower tv gak?

  62. @ Eswahyuli
    Kalo frekuensi sama, tapi coveragenya jauh esia, kemungkinan cuma tower dan letak antena tinggian esia, trus power Tx nya juga besar. Atau mungkin frekuensi esia walaupun sama-sama 800Mhz, tapi dia lebih rendah. Kalo di TV misal kanal 32 dan kanal 44 kan lebih bagus yang kana 32 jangkaunnya. Karena Panjang gelombang yang kanal 32 lebih panjang.
    Esia di Komplek pemancar jogja ada kok, dekat Indosiar.

  63. Yang ada holahop nya itu milik Indonesia tower ,sekarang banyak dipakai oleh operator gabungan dengan kata lain tower bersama. gitu loh mas eswahyuli

  64. Di serang di tahun 2008 bts xl yg kaki 3 sepertinya banyak yg jadi bts bersama. bts xl-nya sendiri bnyk yg diturunin . Sehingga bagian atas tower tdk ada antenenya lg. Diatasnya menempel pula beberapa pasang antena. Kayaknya punya xl dan salah satunya adalah punya 3 mau.

  65. Unt bts 3 yg lazim dan banyak adalah kecil, kaki 3 dan langsing, antene juga kecil dan menempel di tiang. Tp ternyata tidak semua bts three seperti itu. Ada juga yg towernya besar seperti telkomsel, tapi tetap saja antenanya kecil dan menempel di tower. Unt tower yg besar, antena terpasang di tengah tower dan tdk diatas. Ciri yg utama adalah, tdk adanya shelter seperti rumah, tetapi peralatan di bwh sangat kecil. Paling cuma 1 meter tingginya. Antena 3 kadang juga jadi 1 di tower punya xl.

  66. mas, kalo di kutoarjo kab purworejo tepatnya di gunung tugel juga terdapat relay tvri. Kalo jaman dulu dipakai untuk relay tvri yogyakarta, tetapi setelah ada tvri semarang, dipakai untuk pemancar tvri semarang. Sebenarnya cara kerja untuk relay tvri daerah seperti di kutoarjo itu gimana? Gak pakai satelit ya? Konon katanya relay tersebut adalah yang paling ekor…. Sehingga kualitas gambar sangat buruk bahkan kadang hitam putih aja.

  67. @ Eswahyuli
    TENTANG RELAY TVRI
    Sepengetahuan saya, relay TVRI memakai jaringan teresterial, lewat microwave, jadi misal dari jakarta ke gunung tugel tetap memakai microwave, sambung menyambung beberapa microwave, karena memang harus LOS (line of sight) harus saling kelihatan, tidak boleh terhalang apapun.

  68. @ Hadiyanta
    Pantes saja hasilnya juga sangat buruk. Karena katanya tvri gunung tugel kutoarjo adalah buntutnya tvri semarang. Tapi kalo tvri semarang atau yogya kalau lagi nyiarin acara jakarta lewat teresterial juga atau lewat satelit?

  69. @ Hadiyanta
    Kalau TVRI YOGYA dan Semarang bisa dilihat di parabola belum?

  70. wah belum pernah nyoba, tp kayaknya blm. kalo nerima dari jakarta seharusnya sih sdh via satelit.

  71. @ Abdul Rivai
    bts punya indonesia tower biasanya siapa yang sering pakai. Soalnya disini kebanyakan tower tersebut belum dipakai. Karena di deket tower tersebut sudah ada bts indosat, telkomsel, xl dan juga 3.

  72. mas, kalo di kutoarjo kab purworejo tepatnya di gunung tugel juga terdapat relay tvri. Kalo jaman dulu dipakai untuk relay tvri yogyakarta, tetapi setelah ada tvri semarang, dipakai untuk pemancar tvri semarang. Sebenarnya cara kerja untuk relay tvri daerah seperti di kutoarjo itu gimana? Gak pakai satelit ya? Konon katanya relay tersebut adalah yang paling ekor…. Sehingga kualitas gambar sangat buruk bahkan kadang hitam putih aja.

    Bener tuh pakai micro sekitar 20watt powernya, ditembak dari semarang ke jogja/kebalikannya, sale lupa sudah lama…

  73. Kebetulan d rumah sy udah ada 6 Tower so mau operator apa aj full bro.. Tp di tempat saya pagar Tsel bukan biru melainkan putih, Ttp di KWH tertulis Telkomsel hayo yg bener yg mana? Thx

    • @Guna Adi., S.AB., MBA
      BTS TELKOMSEL yang keluaran baru memang pagarnya putih, trus atasnya pake kawat berduri serta bangunan selternya agak kecil tapi agak diganjel lebih tinggi. Betul gak?

    • Pagar T.Sel dimanapun pasti biru ,yang putih itu temboknya ya mas kalau ndak salah lho…kalau pun putih saya ndak yakin itu T.sel ,coba anda lihat apakah antena GSM nya mepet ke tower ndak kalau mepet ya itu ya T.sel kalau tidak mepet .pasti bukan T.Sel.yang jelas kalau pagar nya pasti biru dan terbuat dari besi siku , bentuk ini sama dengan yang punyanya Flexi karena mereka membangun dengan gambar dan design yang sama …kali…..lho..

  74. Maaf, menurut hasil pengamatan saya cara membedakan tower sellular adalah dilihat dari antenannya. pasti beda posisi pemasangannya.
    lihat XL yg memasang antenannya paling jauh dari towernya jika dibanding dengan operator yg lain.
    T-SEL memasang antena yg paling dekat dgn tower, karena boleh dikatakan jaraknya hampir nempel di towernya.
    ISAT memasang antena agak jauh dikit dari pada T-SEL
    AXIS kl didaerah saya towernya paling unik karena masih memakai Tower yg bisa dipindah kan. Seperti tower yg hanya untuk cover saja.
    Dan yg masih lum tau adalah dari operator 3, mobil 8, esia, Flexsi,
    Bila ada yg mempunyai informasi tower dari operator yg telah disebutkan tadi mohon bagi bagi dong informasinya.
    Syukron Katsiron.

    • tapi sekarang bentuk antena tidak menjamin. Karena di XL sekarang antena yang diatas pada dicopotin semua. Kayaknya pada dipindah kebawah dan menempel di tower.

  75. mas bagaimana caranya menawarkan tanah untuk BTS ?

    • Tanah untuk BTS, itu sudah di tentukan letaknya, kalopun mleset paling kisaran titik pertama penentuan, jadi memang nasib-nasiban, kalo sekarang operator cenderung memakai menara BTS bersama, jadi tidak perlu beli tanah lagi.

  76. Juragan sekalian

    lokasi saya masih masuk di kelurahan, namun sekarang sudah banyak BTS BTS berwarna merah putih dimana-mana, dari beberpa uraiain diatas saya masih bingung nich untuk mengetahui BTS ISAT yang sudah HSDPA/3G, pernah saya ke lokasi BTS tsb dan coba trigger manual network di HP saya untuk mengetahui 3G/HSDPA ISAT, namun ketika saya di lokasi tsb kenapa cuman dapat 1 Bar ya?
    mohon informasinya sebenarnya 3G/HSDPA nya ISAT itu ciri spesifiknya seperti apa sellain dari Catnya,, krn utk cat BTSnya sendiri semuanya merah putih,
    hal ini saya butuhkan untuk pemasangan Anthena External untuk Modem 3G.HSDPA di arahkan ke BTS ISAT.

    thank’s

  77. tapi ada nggak ya mas, kemungkinan kalo kita bikin penawaran untuk menyewakan tanah kita? saya punya rumah di daerah trosobo, krian kondisi kosong, sayang kalo rusak nganggur, pengennya sich disewain bts aja. tawarin dong mas ke temen-temennya

  78. Dengan hormad, Saya mempunyai perusahaan ,saat ini kami di minta untuk mencarikan lokasi untuk tower mini XL dengan persaratan utama rumah yang ada daknya ukuran 5 x 6 m saat ini kami sudah memiliki lokasi di Kab Temanggung Dan magelang Jateng.Mungkin kami bisa di hubungkan dengan Instasi terkait atau ada yang tau masalah informasi ini bisa hub saya M .andim Hp 081328419898, telp 0293 5508989.Email mitrakom2009@gmail.com Trimakasih atas infomasinya

  79. t

  80. Mas yang butuh lokasi , kalau saya tawarkan di Indramayu , solo dan Jogya mau ndak tuh.

  81. Sangat menarik..
    Thx tuk informasinya.

    Question :
    1. Di dlm shelter tersebut ada apa aj ya mas ? Saya pernah liat, kaya banyak bgt kabel dan piranti sperti switch ?
    2. Apa ya profesi utk maintenance bts dari operator tersebut ?

    Maaf klo pertanyaannya salah, maklum msh belajar :)
    Sblumnya mksih..

  82. Mas Rexzax
    Yang ada di dalam shelter adalah perangkat sumber listrik seperti ACPDB , DC fan,Fire Alarm ,Rectifiers, RadioTransmisi , Perangkat GSM , mungkin juga ada yang namanya AVR , dan kabel Coax ukuran besar dan kecil dan tentunya ada yang namanya DDF dan lain lainnya, tidak lupa untuk pendingin ruangan ada Air Conditioner yang biasanya di taruh pada ruangan yang berbeda.
    Semoga bisa menjadi gambaran oleh anda apa saja isi shelter pada umumnya.

    • BTS indosat dekat kantorku model outdoor, hanya model rack rack semuanya tanpa AC kayaknya.

  83. Tidak lupa juga ada beberapa bank Battery pada Rectifiers Cabinetnya.Battery ini ( ACCU ) adalah dari type Battery kering dengan kapasitas antara 65 A s/d 100 A . fungsinya hanya sebagai backup power disaat listrik utama ( PLN ) mati
    He….he…mungkin gitu x

  84. Ya saat sekarang lebih banyak yang memakai sistem outdoor yaitu sistem tampa mempergunakan shelter lagi ,yang jelas ini untuk pengiritan biaya.yang jelas bila pake outdoor pasti tidak diperlukan AC , he…he …..AC luar aja alias angin , tapi saya yakin kemampuan perangkat itu terhadap panas luar cukup baik , biasanya di set pada temp max 55 derajat Celcius diatas itu biasanya mati secara otomatis,, mungjin lho…tapi perangkat itu sendiri mempunyai sistem pendinginan yang memakai blower udara ,jadi aman lah

    • kalau pemancar TV pakai liquid yang di lewatkan di heat exchanger (kayak radiator) yang disemprot pakai kipas. Tapi ruang pemancar tetap pakai AC.

  85. Oh itu jelas mas , karena diruang transmisi besar pendinginan sangat utama ,sama seperti di ruang switching nya PT.Telkom, itu selalu dingin sekali . atau diruang transmisinya juga diperlukan pendinginan

  86. Ada yang tau kenapa sinyal Isat lebih kuat dari Tsel? Padahal jarak BTS isat dan tsel cuma bersebrangan jalan, indoor 1km dari BTS, pake tsel naik turun kadang sampai cuma 2 bar, padahal isat masih full, selisih kekuatanya sampai 10dbm lebih kadang, ada yg bisa menjelaskan?

    • Saya amati memang seperti itu mas Sony, di rumah saya sebenarnya di tengah-tengah antara BTS Telkomsel di timur rumah jarak 1KM, di barat ada BTS Isat, jarak juga 1KM, tapi kalau isat manteng sinyalnya, telkomsel turun naik. Terus saat saya pakai kartu halo telkomselflash, HP jadi lebih boros dan puanasnya puol, beda saat pakai matrix broadband indosat, gak begitu panas.

      Kalau setahu saya Antena Indosat dekat rumah saya pakai merek KATHREIN, sama dengan antena pemancar tv saya. Itu produk jerman. tahu sendiri kualitasnya, kalau mesin BTS saya tidak tahu pakai apa, Nah mungkin BTS telkomsel pakai perangkat china ya kali????

  87. Mungkin juga mas.. Aneh, atau memang setingan sinyalnya yg tidak dimaksimalkan? Kenapa ya? Apalagi kalau dalam kendaraan yg bergerak sinyal tsel makin naik turun.. Padahal pake isat ato xl te2p kuat full, padahal bts 3 operator itu relatif dalam 1 lokasi, secara teknis kenapa ya?

    • menurut saya itu kemungkinan tetap karena faktor ANTENA dan mesin RX/TX nya, karena itulah yang berhubungan dengan HP kita secara langsung.

  88. Benar mas , sekarang BTS T.Sel perangkatnya banyak yang diganti dengan yang dari China dengan merek hwawei ,dulu pake nya Siemens ,nah setelah pengantiang dimana mana oleh perangkat dari china itu , qualitas nya jadi jelek ,banyak orang yang sudah komplain dan berpindah ke operator lain, tapi untuk 3G nya saya kira T.Sel masih yang terbaik.
    He…he..sok tau ya saya

  89. sebelumnya salam kenal…..

    mas hadi…
    aku andini, aku seorang wanita yang suka sekali dengan hal-hal yang baru, aku ingin sekali kursus teknik elektro, karna kalau saya pelajari, untuk mengetahui BTS dan semuanya harus punya dasar tehnik elektro,
    mas hadi bisa info saya ga ya….kira2 dimana tempat kursus elektro untuk saya yang masih pemula dan yang belum mempunyai dasar sama sekali
    dan lokasi saya di jakarta…

    ini alamat facebook dan friendster saya mas….
    andini_chm@yahoo.co.id

    wassalam
    andini hamid

    • saya sendiri kurang tahu kalau di jakarta, sudah coba cari via google belum? Saran saya sih ikutan kursus HP yang hardware dan software, Insya Allah akan tahu elektonika baik perangkat lunaknya ataupun perangkat kerasnya.

  90. mas gimana caranya , atau menghubungi operator, soalnya saya punya lokasi yang mau saya sewakan untuk tower bts, ada 5 temapat di metro lampung yang bisa jadi pilihan yang penting lokasinya cocok , masalah sewa bisa nego, jarak dari kota ada yg 1km, sd 2 km, siapa tau ada operator baru yang pengen masuk metro kesulitan mencari lokasi , bisa menghubungi saya, Ibnu, alamat Jl. mutiara no. 1 Yosodadi Kec. Metro Timur, Kota Metro Lampung No. Hp.081369077500

    • biasannya urusan Tower itu bukan lagi operator, tapi perusahaan persewaan tower. Semoga saja ada yang baca tawaran mas Ibnu di blog saya ini.

  91. lam knl,

    mas mo tny klo antena sektoral itu yg mmncrkan glmbg sinyal k hp qt kn…tu seberapa jauh y 1 sektoral memancarkan sinyal’y…
    klo leh tau jg,
    ap se microwave itu mas…
    tx.

    • yang dimaksud antena sektoral itu antena yang ditujukan untuk arah atau sudut tertentu, misal dalam 1 BTS kan umumnya ada 3 atau 4 antena yang arahnya lain-lain, nah masing-masing arah itu disebut antena sektoral, sebagai contoh untuk 3 arah berbeda artinya 360 derajat dibagi 3.

      lawan dari antena sektoral adalah antena OMNI DIRECTION, yaitu antena kesemua arah, bisa dilihat pada antena pemancar televisi yang biasanya disebar kesemua arah, atau antena radio polisi yang hanya satu kawat keatas, itu dipancarkan kesemua arah, buka kearah tertentu.

      Jauh dekatnya pancaran tergantung daya pemancarnya, ketinggian antena, dan frekuensi yang dipakai, makin besar daya pemancar, jelas makin jauh jangkauannya. Makin tinggi antenna juga makin jauh, karena makin sedikit halangan. Makin rendah frekuensi yang dipakai, makin jauh pula jangkauan pancarannya, ini karena panjang gelombang untuk frekuensi yang rendah, maka panjang gelombangnya makin panjang. wuah teknis banget kayaknya ya.

  92. kalo pengen cari lokasi mana aj bts XL di suatu kota caranya gimana za.. q berencana cari penguat sinyal modem, trus harus q arahkan ke mana? itu yang membuat q menemukan blog ini…
    ato ada yag punya data nya untuk kota Ungaran, Semarang..

  93. Mas, sekarang saya amati BTS-BTS operator besar yang ada di kota kecamatan mulai pengembangan, yg punya Indosat tampaknya sudah pemerataan pemasangan antenna yg 1900 Mhz (fisiknya pendek), biasanya dipasang dibawahnya yg 800 Mhz (fisiknya panjang, selain antenna CDMA-nya Star one, yg biasanya ditaruh yg paling bawah. Untuk BTS Telkomsel, selain antenna yg 800 dan 1900 Mhz sekarang mulai ditambah antenna yg bentuknya paling kecil dan pendek, analisa saya itu antenna 3G / HSDPA, antenna terkecil ini mulai dipasang di BTS tingkat kecamatan di wilayah Klaten, kita tunggu kejutan besar dari Telkomsel, apakah 3G / HSDPA mau diratakan sampai tingkat kecamatan?

    • Harusnya memang seperti itu mas, saya kira kalao sekarang roll out nya memang mengejar DATA, misal Indosat ngejar jaringan untuk memenuhi kualitas dari M2 dan begitu juga telkomsel mengejar untuk kualitas dan kuantitas DATA terutama untuk flash. Antena paling pendek bisa jadi 2.100 MHz untuk yang WIDE-CDMA / 3.5G

  94. Iya mas, kayaknya para operator selular mulai pada konsen ke layanan data, karena ini akan jadi bisnis besar di masa datang, setelah layanan voice dan teks (sms) mulai jenuh, Indosat dan telkomsel kayaknya mulai memperbesar bandwidht-nya, walaupun kita akui, layanan data dari para operator selular ini masih kurang stabil, dan belum sanggup untuk menampung ledakan pelanggan, seperti kejadian Indosat M2 berapa bulan yang lalu, awalnya kenceng tapi lama2 lemot karena traffic-nya over load

  95. daerah legok tangerang yang deket BTS operator mana yaa..?

  96. 3G & HSDPA saja belum merata, sudah pasang WIMAX, tapi ini lompatan teknologi yang perlu kita sambut, pasangnya di kota mana saja mas? BTS WIMAX itu jangkauanya luas ya?

    • setahu saya 1 BTS bisa menjangkau 40-60 KM segala arah, irit banget kan. Kemarin baca2 di detik, sepertinya memang pemerintah sudah mendukung wimax.

  97. kalo smart ciri btsnya gimana??

  98. aq mau nanyak…

    ada yang tau ga ya letak2 bts yg ada di jogja..???

    aq lg ada penelitian tentang bts.

    ada ga ya data bts bserta letak posisinya????

    • kalau mau ambil data sendiri, pakai GPS saja, dan datangi tiap BTS yang dipilih :)

      • saya mau tau dong, masing2 bts xl, indosat, telkomsel utk daerah cilegon ada berapa bts

        thx infonya

  99. aku ingin ngenet ngebut… , kalau jaringan 3.5G IM2 di klaten kapan adanya ya…? dan jaringan EVDO-nya juga kapan muncul di klaten ?
    munkin ada yg bisa ngasih info……….

  100. Mas aku mo nanya nih :
    1. Kira kira kisaran berapa banyak tower untuk setiap operator yang ada di indonesia 2009 ?
    2. Berapa banyak colo

    Makasih banyak mas

    • paling banyak ya telkomsel, indosat dan xl, wah banyak banget, coba google saja mas :)

  101. saya mau tau koordinat semua BTS yang dimiliki Telkomsel, Indosat, XL, dll..

    kira2 bisa tau dari mana ya?

    • harus nembus birokrasi ke operator. Kalau mau sampling, ya cek ke BTS BTS aja pakai GPS, atau blackberry yang ada GPSnya mbak.

  102. hahahahh, ada yang bahas juga masalah ini ya
    hehehhe,
    kebetulan saya keraj di Tower juga
    Ku tambahkan :
    Tower AXIS biasanya pake pipa tubular, 3 legged tower, tapi dicat merah putih pagarnya tembok setengah dilanjut BRC
    tapi ada juga yang mirip, yaitu tower Telkomsel yang 3 legged, cuma pagarnya biru

  103. BERAPA HARGA SEWA TOWER BTS DI GEDUNG BERTINGKAT

  104. ikutan nimbrung ah,,,,

    kebetulan gw kerja installasi bts, sekarang ngerjain telkomsel, sebelum2nya prnh ngerjain xl jg.

    yang gw kerjain skrg ini (telkomsel) diarea lampung memakai bts/rbs produk ericsson, kbnyakan buat dcs (1800) dan 3G (2100).

  105. ini artikel keren
    saya rasa cuma ada satu di mbah gugel

    jempol dah_

  106. Seperti teman yang diatas tadi, saya punya tanah kosong di daerah Bogor ke arah Gunung Bunder, barangkali ada yang minat untuk Tower bisa hubungi saya, mungkin lebih khusus lagi bisa dimanfaatkan untuk Telkomsel, masalahnya signal Telkomsel di tempat itu minim sekali, sedangkan Indosat bagus dan terlihat di lokasi ada tower mungkin punya Indosat, yang minat bisa hubungi saya di ridwan_gasan@yahoo.com atau ridwan_gasan@telkom.net.id trims.

  107. maaf, apa dan bagaimana prosedur pemasangan kontrak tanah tower baru, jika seandainya sudah terjadi penandatanganan kesepakatan sewa bermeterai dengan logo kertas telkomsel, dapat gugur begitu saja tanpa ada konfirmasi pembatalan atau seperti itu media komunikasi yang ada.mohon penjelasan jika prosedure nya tidak seperti diatas

    • Yang membatalkan sepihaknya siapa mas,apakah dari anda sebagai yang menyewakan atau dari telkomsel sebagai penyewa ,kalau sudah ditanda tangani dan bermeterai ,selama ada klausul yang menyebutkan bahwa pembatalan bisa dilaksanakan tanpa ada persetujuan dari kedua pihak maka itu sah,tapi bial disebutkan harus disetujui oleh kedua belah pihak maka perjanjian sewa tersebut berlaku terus sampai dengan masa sewa nya habis.

  108. skarang makin bingung. Kalo dulu, tiap ada BTS baru, pasti bisa ditebak itu BTS apa, tapi kalo BTS yang baru2 ini, jadi susah ditebaknya. Di deket rumah saja sudah ada indosat, telkomsel, xl, flexy. Ada 4 lagi yang belum kukenali. Termasuk yang dipasang di BTS bersama.

  109. yg perlu pembuatan antenna baik sst apalagi triangle bisa kontak ke saya di 085693300001 atw email tommy,wr@gmail.com, tommy.wr@hamdasonline.co.cc
    hamdasonline@yahoo.co.id
    http://www.hamdasgroup.co.cc atw hamdasonline.co.cc

    juga tersedia lahan untuk tower, bisa beli atw sewa. ketinggian 800DPL di kaki gunung pangrango. tersedia juga radio komunikasi dll.

    tks u yg punya blog….
    salam sayang dari saya!…….

  110. wah…artikelnya menarik bgt mas…saya mau tanya nih…kalau letak BTS AXIS didaerah Cilegon dimana ya?saya cari muter2 di google tapi ndak ketemu2…mohon bantuannya ya mas…trims…

  111. Saya Ibu Christina mempunyai tanah luas & kosong lokasi
    Parung Bogor (perbarbatasan Bgr-Jkt) & Cipadu Jkt untuk disewakan menara/tower bts.tiang pemancar (misalnya: Telkomsel,Indosat, XL,Esia, Smart dll ) Harga sewa bisa nego ada yg berminat dapat menghubungi: Jl.P.Antasari no.110 Rt004/Rw013 Cilandak Barat Jakarta Selatan 12430 Telp (021)7662865/Hp 081380076452

  112. Hello. And Bye.

  113. Dear all,

    Salam kenal buat semua. Segala informasi yg teman2 berikan sangat bermanfaat bagi saya khususnya yg masih sangat baru untuk terjun di dunia bts.

    Saya butuh bantuan teman2 semua sekiranya ada yg bs memberikan info bts berikut.

    Saya sudah melakukan surey bts di daerah sulawesi, tower kaki 4 dan memiliki ketinggian 70 meter, pagar galvanis standard, dengan tembok warna putih disetiap sudut. Data dr tower tersebut hanya memilki tulisan ZTE.

    Kira2 ad yg tahu ngga umumnya tower tersebut milik siapa?

    Thanks atas bantuannya.

  114. bisa ditambahkan gambar dan skemanya dari masing masing BTS, saya pengen tau cara kerja sytem ini

  115. Dear All
    Sebagai informasi PT.Matra Nusantara Telekomunikasi yang berada di Cianjur , membuka kesempatan untuk mereka yang ingin bekerja dalam bidang Telekomunikasi untuk mengikuti pelatihan untuk Bidang CME.SITAC ,TEORI TRANSMISI ,dan OHSE , Untuk angkatan ke 6 ini PT.MNT hanya menerima 12 orang dalam satu kelas angkatan ke 6 dimulai pada bulan Juli 2010 lama pelatihan adalah 4 – 5 Bulan setiap hari kecuali sabtu dan minggu . 90 % Lulusan dari pelatihan disini telah bekerja di bidang ini seperti di Telkomsel,HCPT.TGS dan lain lain ,PT.MNT juga melatih pekerja agar menjadi pekerja yang profesional .Pelatihan ini hanya bagi mereka yang lulusan dari SMU atau SMK .Bagi yang berminat silahkan hubungi 0263 2327253 – 081563638060 – atau Hendra 081221676446.
    Terima kasih Mas Hadiyanta .

  116. Ya mas ,ini baru berjalan 3 tahun ,dimulai tahun 2007 bulan Maret , dan Alhamdulillah semua lulusannya sudah pada kerja di berbagai operator,kebanyakan dalam bidang maintenance.
    Terima kasih mas Hadyanta ,sukses juga buat anda.
    Salam
    Abdul Rivai

    • sukses bos, dulu saya nyari-nyari kursus kayak gini, yang ada cuma di luar negeri.

  117. Mas, mau tanya nih? 1 bts kira2 dpt menjangkau brp meter nya (Radius/Jari2)? Dah bts yg paling kecil saja (bukan tower di atas atap lho/ rooftop), dan bts yg paling besar/hebat,kira2 dpt menjangkau brp meter nya (Radius/Jari2)?

    Terus tanya… pemasangan antena modem gsm Outdoor, itu paling tepat bagaimana pemasanganmnya? Apa ujungnya mengarah ke tower, atau tulang2nya yg mengarah ke tower? Kebetulan aq make Antena Yagi 2535, dan modemnya sierra 885.

    • BTS ada yang indoor misal didalam gedung yang tidak bisa ditembus sinyal BTS biasa, jangkaunya ya hanya sekitara ruangan tersebut, ada BTS Mikro yang kalau tidak salah hanya radius 1KM Sedang BTS biasay yang di tower rata-rata kisaran radius 3-5 KM kalau di pedesaan, kalau di kota mungkin lebih rapat, ini karena makin banyak pelanggan harus makin banyak BTS sebab behubungan dengan kapasitas per kanal yang terbatas.

      Menganai pemasangan antena untuk modem GSM, dicoba yang paling maksimal saja, kalau pakai wajanbolic, seharusnya wajan mengaarah ke BTS. mirip antena parabola. Kalau antena YAGI ujungnya harusnya mengarah ke BTS.

  118. aq masih binggung dgn jenis2 BTS dan bentuknya…
    saya cari di mbah google tak 1 pun yg sesuai dgn harapan…

    biar smuanya lebih tau, coba mas buat suatu posting yg berisi gambar bts2 dr setiap operator…

    cz klw ku cari2 di mbah google lum ada yg kyk gt…

    saya pusing dgn membaca komentar yg banyak ini… :D
    ditambah lagi saya belum ngerti… :D

  119. wah, seru juga baca artikel, komentar, n respon selalu dijawab, mas. aku jadi pengen nanya, kalo untuk komplain security tower ke siapa ya? pamanku punya lahan yang disewa tower AXIS dan untuk securitynya udah mengajukan proposal. pas orang tower ke sana, ternyata di rumah paman lagi ga ada orang, malah deal dengan tetangga sebelah. harusnya yang lebih berhak kan keluarga pamanku, karena lokasi tower juga di dalam pekarangan rumah. komplain ke siapa ya??? tks

    • sekarang ini sepertinya untuk tower ada perusahaan tersendiri, jadi operator tahunya nyewa saja, jadi kalau ada masalah seperti itu seharusnya musyawarah ulang dengan Perusahaan yang megang tower.

    • Tapi biasanya memang dicari yang rumahnya paling dekat dengan tower, sebab keamanan tower dimalam hari sangat riskan, kalau ada yang mencuri kan yang paling dekat yang tahu.

    • langsung aja komplain ke operator atau vendornya, karena lokasi ada di tanah pekarangan pribadi, sehingga paman anda memiliki hak akses penuh untuk memasuki ke lokasi tower, kalo tetangga sebelah dia gak punya hak akses menuju lokasi.. apalagi paman anda punya kedudukan yang kuat.. paman anda adalah pemilik tanah,,axis adalah penyewa tanah..secara hukum posisi paman anda kuat…

  120. kayanya banyak permainan di bisnis tower ini.
    – di perjanjian ditulis 166jt/10 tahun. ternyata yang dibayar hanya 110jt.
    – kalo AXIS menyewakan towernya lagi ke ESIA atau operator lainnya, pemilik lahan dapat kompensasi juga ga? mengingat mobil provider yang keluar masuk halaman rumah jadi lebih sering? tks

  121. by jabon

    wah terimaksih ya sayasangat terbantu ..:-)

  122. by jabon

    oh ya salam kenal ya dari saya

  123. wuih salut2… semua pertanyaan bisa dijawab dengan baik,, salam kenal ya bang…

  124. Salam Kenal… saya berniat menyewakan lahan kosong untuk BTS Operator, (lahan disampingnya sudah disewa XL), lokasi di Sumuranja Bakrie, kec. pulo Ampel, Serang-Banten, Berminat Hub: Ibnu (0812 8929 3444).. Terima Kasih.

    Regards,
    Ibnu

  125. bts three sekarang banyak juga yg menempel punya Indosat, seperti yg ada di bts indosat di cangkrep purwoejo menjelang lebaran kemarin

  126. mau tanya mas.
    dalam teknologi radio makin rendah frekuensinya maka makin luas jangkaunnay.maksud dari in ap dan klo dbuktikan scra matematis gmna.thx

    • Cepat rambat gelombang sama dengan cahaya ialah 300.000.000 meter/detik (3 x 10 pangkat 8), sedangkan gelombang tersebut bergetar sejumlah f cycle/detik. Panjang gelombang = Lamda
      Rumusnya adalah : Lamda = C/f

      Misal f = 900Mhz = 900.000.000 hz
      maka Lamda = 300.000.000 / 900.000.000 = 0,33 meter = 33 cm.

      Misal f = 300Mhz = 300.000.000 hz
      maka Lamda = 300.000.000 / 300.000.000 = 1 meter = 100 cm.

      Jadi terlihat bahwa misal dengan tenaga pancaran yang sama, maka frekuensi yang lebih tinggi yaitu 900Mhz satu panjang gelombangnya hanya menjangkau 33 cm, sedangkan yang lebih rendah yaitu 300Mhz bisa menjangkau 100 cm.

  127. telkomsel,indosat atw lainnya yg mau menggunakan pemancar….saya mau penyewakan,saya punya tanah di Bogor dengan luas 6.500 meter….bagi yang berminat (021 7122 4461)

  128. setelah saya baca semua komen yg masuk, wah .. artikel nya bagus sekali, kemarin saya belajar tek.GSM saya sangat terbantu oleh cara2 mengenal perbedaan BTS terimakasih yah mas hadiyanta dan juga yang telah memberi masukan pada posting ini.

    untuk pertanyaan mengenai letak BTS atau peta BTS, biasa nya teknisi dari provider itu kita minta untuk mengadakan kuliah umum pada universitas kita, baru dari situ kita dikasi bahan2 nya beserta peta BTS nya. atau juga tanyakan sama mhsswa teknik elektro disekitar. kalikali aja teknisinya memang ada yg memberi peta BTS tsbut

  129. Ak pny pertnyan singkat nich bwt yg tw soal BTS. Perbedaan yg paling mencolok antara BTS TELKOMSEL dengan INDOSAT apa saja??? Mohon bantuannya,

  130. ga gitu juga tuh mas, kebetulan saya kerja di subcontraktor telkomsel, klo untuk tower yang lama telkomsel kaki 4, dengan ciri khas pagar warna biru (setengah tembok dan di atasnya pagar).
    sedangkan yang baru tetap kaki 4 dengan pagar yg sedikit berubah (pagar kawat dan tidak di cat) dan tidak bershelter.
    sedangkan indosat sendiri sama, kaki 4 tetapi dengan ciri khas terdapat shelter..
    mungkin di setiap daerah berbeda beda cirinya.
    sedangkan untuk BTS, per area berbeda beda, untuk di jakarta telkomsel menggunakan siemens untuk jaringan 2G, dan 3G menggunakan HUAWEI.
    Indosat menggunakan ERICSSON untuk 2G dan 3G.

  131. Maaf, mau tanya. Kali aja ada yang tau supplier untuk antenna Microwave jenis radome ( seperti rebana ) merek ANDREW Direction Antenna, 1710~
    2170Mhz,17,90deg,+/-45,2r,200W,attached with support,7/1. 0.60M.
    Tolong juga harganya.

    Terima kasih

  132. Mau cari lahan di klaten untuk tower silahkan hubungi 081393943983/081804044932

  133. mau ikut nanya nih, denger2, identifikasi bts bisa di lihat dari kode/jumlah lampu nya ya? itu bts klo malem kan ada lampunya ya, kayak suar gitu, kedip2, kalo ada yg mengerti mungkin bisa di infokan.
    makasih.

  134. kalo frekuensi kerjanya GSM provider Indosat tau ga mas??
    Tolong kasi tau,,
    makasiii^^

  135. kalo frekuensi channel berapa punya telkomsel mas?

  136. Undeniably believe that which you stated. Your favorite reason seemed to be on the internet the easiest thing to be aware of. I say to you, I definitely get irked while people consider worries that they just do not know about. You managed to hit the nail upon the top and also defined out the whole thing without having side effect , people could take a signal. Will likely be back to get more. Thanks

  137. salam
    saya minta mapinfo untuk tower telkomsel area jawa barat
    terima kasih

  138. Tau jumlah BTS TELKOMSEL-XL-INDOSAT di tiap-tiap kecamatan di wilayah Magelang g ?
    trims

  139. saya mengeluh karena sinyal aLL oprator naik turun dan terkadang ga ada sama sekali. daerah saya berada di kampung siangin desa pasirhaur kec.cipanas-lebak-banten….

    tolong tinju daerah tersebut dikarenakan jauh dari tower2 padahal jumlah kampung disekitar banyak yang belum bisa menerima sinyal.

  140. mas,,q da lahan didaerah kecamtan sei kepayang(sumatra utara)jln.husin kadir.trus pas tim survei telkomsel menyisir katanya dilahan tersebut bisa didirikan BTS.mreka nanyak surat tanah lengkap ?kmudia jwb lengkap diambil trus dipoto.yg punya tanah ikut jg diphoto.katanya tunggu konvirmasi dari kami.kayaknya dah ada 1thn terakhir gk nongol2 jg.jd saya anggap gagal.buat yg berminat buat BTS dikampung saya lahan tersebut tersedia untuk disewakan…kontak person 08126367256..email awirsgn(yahoo.com.thx’s

  141. lam kenal semua’a.bapak saya pernah kedatangan tim surve dr telkomsel.katanya ada titik sinyal dilahan kami letaknya disungai kepayang (asahan).dah berulang2 kali mereka kelahan tersebut kmudian bapak sy dijumpai.dienterpiu/ditanyai soal surat tanah.trus kata saya lengkap.kemudian bapak saya di photo trus diphoto copy surat tanah tersebut buat dibawa sebagai laporan katanaya.tinggu2 dh hampir satu taon gk datang2 pihak penyurpei tersebut.jd kami pun anggap itu sdh gk ada lg.yg berminat buat BTS dikampung saya..kami menyewakan lahan tersebut.yg berminat dpt hbgi kami.di 08126367256.atau imel=awirsgn@yahoo.com
    Thx all

  142. saya di cianjur baru ada 2 BTS dikampung saya sukanagara sinyal tidak baguss….kalau mau sewa tanah ada dan dulu sama pernah ada orang survei tanah tersebut… kalau mau no hp 085863449906

  143. menurut keterangan orang Grapari Telkomsel, BTS Telkomsel cirinya adalah, pagar tembok kelilingnya berwarna biru. itu tok info dariku..

  144. Saya Febry I, istri saya punya lahan tanah seluas 85m2, dengan alamat Jl Babeh No 13A RT 05/06 Kamp Ciherang Kel Sukatani Kec Tapos 16954, saya ingin menyewakan tanah tersebut untuk tower BTS atau yang lainnya, 200 meter dari tanah kosong istri saya terdapat tower BTS juga, didekat tanah istri saya juga terdapat lahan parkir u/ mobil, bagi yang berminat harap menghubungi saya 0858 8597 3968 atau di febrytjong@yahoo.com

  145. Daerah lahan kami ada di Cimanggis Depok, belakang puskesmas Sukatani Komplek Kopassus, terima kasih

  146. DISEWAKAN : tanah kosong

    untuk BTS,Antena TV, dll

    di Kp. RAMBUTAN-Jakarta Timur
    ( Depan terminal Kp. Rambutan)

    hub. 021-99605441 / 082111480778

  147. saya mempunyai rumah di daeraj Ambarawa, Jawa Tengah, lokasi tanah lebih tinggi dr tanha lain. didaerah saya sinyal untuk telfon masih susah…
    bagi yang ingin untuk menyewa tanah untuk BPS bisa menghubungi saya di 085643208118
    terimakasih

  148. mas berapa sih berat twer rooftop dengan ketingian 20 Mtr selter indor punya XL

  149. lam kenal semua…
    saya tinggal di sulawesi Barat daerah Majene Kalo ada yang butuh Lahan untuk BTS dan Lain-lain. mungkin saya bisa bantu.
    kirim saja Titik Koordinatnya di Email:dodol182@yahoo.co.id

  150. INI MAKANAN SEHARI2 SAYA SEBAGAI SURVEYOR..HEHE
    UDAH KHATAM TENTANG BTS .etc…

    • sharing disini mas, silahkan. atau punya blog sendiri mohon pasang link nya :-D

      • mas hadi tolong balas reply saya dibawah, hehe… maaf merepotkan, tapi sekarang kok susah cari BTS XL seperti yang dipaparkan ciri2nya sama njenenganya?

    • mas atau mbak ya ini?? slm kenal, ni hanifa (mhsiswi ITS Surabaya)saya punya lokasi tanah di daerah driyorejo, Gresik dan di daerah laban, menganti, gresik ,mau saya sewakan untuk bts
      lokasi tanah saya diapit oleh kawasan industri di driyorejo Gresik dan berada di lokasi paling tinggi di daerah tersebut. daerah Klete dan sekitar yg sya maksud. bagi yg bersedia bekerja sama menerima penawaran saya atau mmpunya info yg bisa mmbntu saya,. mhn hub saya di 085645260356. atas perhatian mas atau mbak . matur nuwun.

    • Ass. mas atau mbak ya ni??…saya hanifa ( mahasiswi ITS Surabya) punya lokasi tanah di daerah driyorejo, Gresik dan di daerah laban, menganti, gresik ,mau saya sewakan untuk bts. lokasi saya diapit oleh kawasan industri di driyorejo Gresik dan berada di lokasi paling tinggi di daerah tersebut. daerah Klete dan sekitar yg sya maksud. bagi yg bersedia bekerja sama menerima penawaran saya atau mmpnyai info yg mmbtu saya bisa mghbungi saya di 085645260356. atas perhatian mbak atau mas. matur nuwun

      • mas hadi mhn bantuannya ya mas klu punya info atau saran. matur nuwun

  151. Mas Hadi, apakah BTS yg dibangun dpt menyebabkan “side effect” utk masyarakat yg tinggal di sekitarnya. Mungkin dpt di analogikan dgn sutet. Terima kasih dan mohon pencerahan.
    Carlo yg tinggal di sekitarnya. Mungkin dpt di analogikan dgn sutet. Terima kasih dan mohon pencerahan.
    Carlo

  152. Sampai detik ini apakah sudh ada perubahan ciri BTS (dari jauh)?
    1. Telkomsel : pagar 1/2 tembok putih, atas besi biru, 4 kaki ramping vat merah putih, antena huawei/ siemens hampir melekat pada tower
    2. Indosat : 4 kaki besi kokoh, kerapatan besi diatas lebih rapat, cat besi werna merah putih, antena ericsson agak menjorok keluar
    3. XL : Tower 3 kaki warna besi, antena sangat menjorok keluar
    Note:
    Tentang shelter, tinggi, jumlah/besar antena saya rasa bervariasi tergantung kondisi setempat (listrik, tinggi tempat, dll) Untuk merk antena saya rasa juga tergantung kontrak operator dengan 3rd party.

  153. saya pinya lokasi yang mau disewakan untuk tower tempatnya strategis jateng pati wedarijaksa nmr hp 082135105019 milk sendiri,pokok bagus

  154. Saya mempunyai bangunan berlantai 3 dengan lantai teratas seluas 6X12 meter. lokasi ditengah kota denpasar dekat dengan rumah sakit terbesar dibali RSUP, kampus Udayana, dan pusat perdagangan hanphone Jl Teuku Umar. dengan kordinat GPS S8.67265′ T115.21372′ Bagi perusahaan yang mebutuhkan lokasi untuk BTS, dapat menghubungi saya di 08123955036.

  155. Ada yg tau jasa pembuatan tiang monopole di Jakarta atau Medan (No tlp dn alamatnya) ?

    terimakasih semuanya.

  156. Di tempatku belum ada sinyal 3, di kec. Kalibawang kulonprogo

  157. tanah kosong SHM di sewakan dgn alamat desa bedahlawak,,RT/RW/0202 dusun Bedah,Kec.Tembelang,,, kab. JOMBANG. JAWA TIMUR. Telp.0818324620/081230901786

  158. Maaf mas Hadi, aku mau tanya.. kalo mau usul provider buat nambah BTS di wilayah saya, atau bisa ngga Tower yang ada di perkuat daya pancarnya dll. terus gimana prosedurnya. Terima kasih. Jazzakumulloh

  159. sebuah Ruko Diatas nya…disewakan untuk BTS
    Ruko Terletak Jl. A. Yani Cicadas – cicaheum Bandung Jawa Barat
    Hub (SMS) : 08122015489

  160. d mana ya nyari peta lokasi/koordinat BTS telkomsel sm indosat d jakarta??? penting bgt ni!!

  161. kalau ada provider yang lagi cari lahan sekitar cileduk pondok pucung bisa hub saya 08176880103

  162. salam kenal mas..
    di daerah sekarang diharuskan membuat kebijakan tuk mengatur keberadaan menara telekomunikasi biar tidak jadi hutan tower nantinya. di tempat kami Kab. Bantul, DIY, tiap ada tower mo masuk harus mendapatkan rekomendasi Cell Plan. Dia boleh membangun atau tidak di suatu tempat ato harus nempel ke tower yg sudah ada. Kalo membangun maka konstruksi harus dapat digunakan tuk antena bersama sehingga 1 tower berisi 3 antena BTS.

  163. thx ya atas infonya

  164. 1.penjelasan yang agak bingung,, karena setiap provider hanya dibedakan dari (name site),, biasa nya ada di bawah besi tower atau pager depan,, kalau bentuk fisik itu memang spesifikasi dimana dan bagaimana tower itu berfungsi bukan tower milik siapa itu,, biasa nya sekarang para provider tidak lagi membangun tower nya sendiri, tapi mereka tender ke perusahaan jasa telekomunikasi.

    2. tower tidak bisa sembarangan di bangun,, kita tidak bisa menawari provider dengan mudah nya untuk membangun tower di tanah kita. mereka hanya mencari tanah yang sesuai dengan titik koordinat yang mereka punya sesuai pelebaran sinyal mereka, itu pun tidak mudah, karena harus ada izin dari warga radius (tinggi tower) dan pemda setempat

    saya hanya menjelaskan yang saya tahu,, bukan nya so tahu hehehe moga membantu,, klo ada pertanyaan tentang tower bisa contact saya di sandi.room@ymail.com

  165. Jadi inget waktu masang antena wat provider, blm pernah naik sampe 42 meter, serem juga angin nya kuenceng bgt,hahaha…

  166. salam knal maz,,,,,
    aqu dtower udah 3thnan,ngrjain sipil,erecson&ME,aqu pingin bgt ikut bkerja sambil blajar dgn orang radio,tp sampai sekarang keinginanqu lom terwujud,,bagi yang mau ngajakin tlng hbungi 087836856876

    • saya perusahaan yg bergerak dalam bidang kontraktor yg berminat mau membuat bts tapi tidak punya jaringan, kalau ada yang punya jaringan kesana mohon di infoka di no 085299661996 ( as ) atau email iwan_sci97@yahoo.com an iwan

  167. salam kenal mas,,
    saya mau tanya,cara tau kalau 1 tower itu dipakai oleh beberapa provider gmna y mas??? saya sebagai orang awam,masih blm jelas cara ngebedain nya
    trima kasih…

  168. these days. Things such as Ca Gold Speed plus how to unlock iphones 4s
    unlock iphone 4s iphone 4s unlock

    http://reliableunlockiphone4s.info

  169. MOhon info kalo harga sewa untuk indoor antena berapa ya…ada yang minta ke gedung saya, tapi nggak ada gambaran masalah harga….terimakasih

    • berarti itu termasuk rooftop mas klo di atas gedung. dan klo indoor biasa nya lebih mahal dari pada outdoor karena di indoor ada shelter yang pasti nya bakalan makan tempat, tp klo masalah harga tergantung daerah mas dmn dan vendor yang akan ngebangun nya siapa. karena tiap-tiap perusahaan berbeda dalam memberi harga sewa,, semoga ada pencerahan mas klo ada pertanyaan bisa langsung ke email saya aja “sandi.room@ymail.com”

  170. rumah saya mau disewa untuk bts xl tapi karena ukuran ducknya kurang maka dibatalkan tapi kalau ada provider lain yang ingin menyewa kami siap membuat duck sesuai ukurannya lokasinya diciledug banten hub saya di 081384370136 trims

  171. pengen tnya….lo yg pegang vendor maintenance tower vtelkomsel pt ap ya??//

    • pt. naragita dan vendor2 yang jadi partner telkomsel (MS, ADW atau mngkin jg TBG)

  172. Salam kenal,
    Buat para operator BTS yang barangkali mencari titik spot untuk BTS, saya ada tempat di dua lokasi kota yang berbeda :
    1. Jl. Kedung baruk gang III no. 2 RT. 3 Rungkut Surabaya. Tanah seluas 100 m2. jarak 300 meter dari lokasi berdiri BTS telkomsel Bisa hubungi bapak Darsono atau bapak Rudy di no. HP 081314693789
    2. JL. Kampung Gaga No. 4 desa semanan kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Area gedung rumah seluas 150 m2 didepan rumah jarak 30 meter sudah berdiri BTS excelcom. Bisa hubungi rudy no. 081314693789.

    Semoga penawaran ini menarik , untuk mencari titik spotnya.

    terimakasih

  173. Buat temen2 yg biasa maen di RBS….mo tanya dunk..cara membedakan wire / feeder dr antena GSM sama antena Microwave dan 3G/HSDPA ke shelter / RBS gimana yah…??? kebetulan saya punya foto2 nya dan sedang di palembang sekarang kebingungan…..Mohon pencerahan nya…. quick respon for photo di ceriahati178@gmail.com

  174. buat temen2 yg biasa maen di RBS mohon bantuan informasi cara membedakan kabel Feeder yg di trey, antena GSM dgn antena Microwave & 3G/HSDPA dr atas menuju shelter/RBS..mohon pencerahan nya..kebetulan saya punya foto2 nya….

  175. [...] merefill sendiri tinta katrid HP No 21 pada Printer HP Deskjet D2466Tata cara mendaftar hajiciri-ciri BTS Telkomsel, Indosat, XL, TVTata cara membuat KARTU KUNINGbikin sendiri charger lighter di motormupengalaman setelah 30 hari [...]

  176. saya punya lahan dipinggir jalan di pulau jawa daerah kebumen Jawa Tengah, kalau berminat dan ingin mendirikan tower tolong hubungi saya di email anton@red-tje.com terima kasih

    • Salam kenal,
      Buat para operator BTS yang barangkali mencari titik spot untuk BTS, saya ada tempat ruko 3 1/2 lt di jl raden saleh ,Karang Tengah, Cileduk ,bisa hub saya di 08129096877 Terima Kasih buat yg punya Blog

  177. salam mas hadiyanta.. sangat menarik sekali blog nya mengenai bts.
    kebetulan kantor saya lagi butuh mobil bts telkomsel , mungkin mas punya kenalan di telkomsel yg bisa kasi solusi utk sinyal di lokasi proyek kami. project kami ada di antara palembang/jambi . kebetulan disana sinyal provider yg dapat cuma telkomsel. itu pun kita harus cari2 lokasi tertentu baru dapat sinyal, atau handphone diletakkan didepan jendela didiamkan baru dapat sinyal.
    saya dapat tugas dari management kami utk bisa memprovide sinyal dilokasi tersebut. saya sudah coba pakai penguat sinyal tetapi karena sinyal yg didapat tidak stabil jadi tidak optimal.
    mungkin mas bisa bantu utk solusinya…saya tunggu kabarnya

    • mungkin bisa coba kantor telkomsel terdekat, telkomsel punya mobil COMBAT

      • Permisi, Mas… Numpang iklan…
        Disewakan tanah untuk BTS. Alamat: jl. Bunga Mawar 112 Cipete selatan Jak-Sel. Jika ada yg berminat bisa telp : 081310993384. Sudah terpasang 2 buah tower. Masih bisa tambah 1 or 2 lg. Bila ada provider baru yg berminat silakan hubungi no tersebut… Thanks to OM Admin…

  178. Hi, I do think this is an excellent blog. I stumbledupon it ;) I
    will come back once again since i have saved as a favorite
    it. Money and freedom is the greatest way to change,
    may you be rich and continue to guide other people.

  179. mas,, ada yg tau gak cara mnta telkomsel untk bikin BTS dijadiin BTS 3G.. soal ny didaerah ane msih 2G..

    ada yg tau gak mas ??

  180. saya punya lahan cocok untuk BTS telkomsel tau indosat di daerah jember selatan no hp 082332285513

  181. MAS KALAU SAYA PENGEN MENYEWAKAN TANAH GIMANA CARA NYA, AGAR DIGUNAKAN BUAT PENDIRIAN TOWER BTS.
    INI NOMER SAYA 08993600841

  182. mas tanya dong, kira2 ada brp BTS punya telkomsel ya di indonesia

  183. @dicky25, di kota n daerah mana dik?
    @ana, brrt tanah yg mba di sewa bkn oleh operator, tp oleh tower provider. jdi operator menyewa ke prusahaan tower provider mba,, klo di tower ada lbh dr satu di sebut colo.

    krena saya kbetulan kerja di tower provider jg

  184. saya punya lahan kosong didaerah cakung timur jakarta timur luas tanah 127 m2,bagi yang berminat untuk mendirikan tower BTS telkomsel silahkan hub: 021-95511406

  185. makasih gan, sangat bermanfaat sekali

  186. Kami berminat membeli barang2 sisa instalasi pekerjaan tower BTS seperti (besi, tembaga, aki tower, dll). Jk ada dr bpk2 yg mempunyai info seputar hal tsb dan berminat bekerja sama bs menghubungi kami di 08157955838 (KUSHADI JOGJA).

    http://wahyujaya.indonetwork.co.id

    Nb. Hanya menerima barang2 yg bersifat LEGAL dan tidak bermasalah secara hukum !!!!

  187. Saya punya lahan di kabupaten banyumas dan kabupaten purbalingga,mau disewakan untuk tower bts,yg di purbalingga sinyal xl dan indosat susah sekali.bagi yg berminat hubungi saya di 081329993539 atau email rila.letty@gmail.com. Terima kasih..

  188. mas Hadiyanta,.
    ada info tentang alamat, SIte ID dan Koordinat site2 Indosat Region SUMBAGUT khususnya ACEH,..

  189. DAERAH BANDUNG, Disewakan Tanah Milik Sendiri (tanah Adat) bersertifikat untuk BTS Lokasi Jl. Cisaranten Kulon RT.03 RW.02 Kecamatan Arcamanik Kodya Bandung. No. Hp. 082115126268

  190. Rumah saya lantai 2, tinggi gedung 10 meter. Daerah dataran tinggi, area Denpasar – Bali, ada XL & Three yg menawarkan membangun antena Monopol (BTS) di atas gedung dan sewa tempat 4 x 5 meter untuk alat2nya. Berapa pasarannya sekarang ya? Mohon info.
    Salam.
    SMS 081338379300 atau email: gedberly@gmail.com

    • pokoknya sbg gambaran : HARGA SEWA OPERATOR (utk antena ke vendor sitac) PER BULAN = 10-25 JUTA, skrng terserah anda mau minta berapa

    • oya kalo ada penyanding biasanya minta 15-20 juta/per ttd

  191. permisi semua… saya menawarkan lahan di area pekalongan. barangkali ada yg sewa untuk bts silahkan hub.085842787666. terima kasih.

  192. mau nanya gan peraturan pemasangan antena di tower batesnya berapa unit di samping rumahku antena bulat itu ad 17 antena itu sesuai dengan peraturan ga,knp kalu dia pasang sore dan naiknya malem2

    • aturannya setahu saya memang dianjurkan tower bersama, sehingga tidak banyak BTS berdiri, dan mengganggu pemandangan. Sekarang tinggal masalah teknis dari kekuatan tower BTS saja, seberapa mampu dia dirancang untuk berapa antena dan benan berapa.

    • TERGANTUNG PLAN RF NYA BANG!!! KALO BNYK PERMINTAAN YA PERLU DBANGUN, APALAGI SKRNG SDH LTE RADIUS 300 METER PERLU 1 MENARA/PENGUAT SINYAL!! (bs brupa kamuflase/pole 9 meter/roortoop/join pole PLN)

  193. permisi.. salam kenal.. mau tanya. ada yg pernah pasang antena BTS ? ada yg punya detail cara pemasangan dan juga estimasi biayanya khusus tenaga kerjanya. Terima kasih

  194. mas hadi di tempat saya kan tower TBG tepat di depan rumah saya dan dulu pernah kejadian peralatan listrik dirumah saya kena sambar petir,apakah benar resiko tersambar petir lebih besar kalau dekat dengan tower bts??
    karena ada yg bilang kalau terjadi hal berikut pihak dari TBG bertanggung jawab penuh pergantian alat listrik yg rusak,.mohon dibantu..thxs

    • Kalau perangkat penangkap petir tower bagus. Harusnya listrik langsung nge ground ke tanah. Harusnya pihak tower tanggungjawab.

    • MINTA GANTI RUGI!!!!!!!!!
      BIASANYA ADA SURAT PERNYATAAN JAMINAN DRI MANAJEMEN TBG!!!! KALO NGGA RESPON, ANGKAT KE MEDIA SAJA!!!

  195. berarti setiap tower xl yg banyak gendangnya gitu ada Signal Threenya ya gan?

    • doh!!! awam banget!!!
      gendang tu antenna microwave/MV utk menghub ke BTS lainnya!!!
      skrng trgantung prangkat apa yg dpasang 3G ato LTE

  196. malam pak mw nanya ..
    cara kerja penurutan kabel vider, gmn .. dan pembongkaran Mounting Antena y itu perlu di lepas ap gak/kita turunkan langsung //leman

  197. SAYA PUNYA LAHAN DATARAN TINGGI DI PERBATASAN CIREBON KUNINGAN. POSISI TANAH PINGGIR JALAN. LUAS 10M X 29M. YG BERMINAT UNTUK PENDIRIAN TOWER MANGGA SILAHKAN CEK LOKASI SAJA I DESA MATANGAJI KEC. SUMBER, KAB. CIREBON.
    kisaran lokasi saya belum ada tower. kalo di desa sebelah sudah ada 1 tower kalo tidak salah pnya Telkomsel.
    YG BERMINAT BISA HBNGI SAYA DI : aris.rahmat.hidayat4@gmail.com

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.472 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: