Wabah cangkrangen atau cacar air dan obatnya


Istri saya sedang kena penyakit CANGKRANGEN [itu istilah jawa], kalau ilmihanya sepertinya adalah penyakit cacar. Saya baca-baca, katanya penyakit ini memang harus kita derita minimal sekali seumur hidup, setelah terkena sekali maka badan menjadi kebal. Istri saya rupanya memang belum pernah kena, dan kemarin saat masuk pertama ngajar di SD, ada syawalan dengan cara salam salaman dengan semua murid, apesnya ada murid yang barusan kena cacar, jadilah istri saya terkena.

Orang jowo sebenarnya ada obat tradisional untuk penyakit CANGKRANGEN ini, yaitu dengan daun pohon CANGKRING. Pohon cangkring ini pohonnya sudah agak langka, tumbuhnya yang selama ini saya jumpai memang hanya di pinggir sungai, batangnya beserta semua cabangnya berduri. Nanti saya upload fotonya, saat ini belum sempat.

Tadi sore saya sempatnya mencari daun CANGKRING ini di pinggir sungai selatan rumah saya, saya ambil cukup banyak. Oleh ibu saya lalu ditumbuk secara tradisional menggunakan sebuah tumbukkan dari batu ayng memang khusus untuk menumbuk jamu. Daun cangkrin ini dicampur dengan ADAS PULOWARAS, nama yang aneh bahkan untuk saya yang orang jawa. Daun ditumbuk sampai lembut, lalu dioleskan ke seluruh tubuh yang sakit CANGKRANGEN. Jika belum tahu sakit cangkrangen ini bentuknya mirip kulit yang kena benda panas lalu melepuh, misal terkena sulut rokok. Begitu bentuknya, dan banyak sekali hampir seluruh tubuh. Kalau di paksa disobek, nanti bekasnya kulit jadi bopeng dan hitam.

Daunnya bisa juga direbus, dan rebusannya untuk mandi.

Saya katakan wabah, karena memang yang kena penyakit ini banyak juga dan sporadis, keponakan temen saya sebanyak 5 anak, kena semua.

Tentang iklan-iklan ini

5 Tanggapan

  1. wow,anak sy jg terkena wabah itu!!selain obt diatas jg bisa dengan parutan jagung muda!!!
    Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur http://www.infogue.com/info/cinema/& http://www.infogue.com/game_online & http://www.infogue.com/kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

    http://penyakit.infogue.com/wabah_cangkrangen_atau_cacar_air_dan_obatnya

  2. fotonya pohon cangkring tolong dikirim ke email saayaa…

    yusfrizy@yahoo.com

  3. sy trkena cngkrang sy nnti akan mencoba ramuanya trimz, ,

  4. pohon cangkring bentuknya seperti apa, ya.. thanks infonya

  5. tolong bagi gambar pohon cangkring ny dong

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.584 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: