tanya jawab seputar tv digital gratis lewat pemancar


Berikut ini saya mencoba untuk merangkum beberapa pertanyaan dan jawaban seputar televisi digital teresterial yang sudah mulai siaran di beberapa kota. Semoga berguna.

TV yang kiri belum bisa menerima siaran digital, TV yang kanan sudah menerima siaran digital DVB-T2, dengan tambahan STB yang terlihat di dekat kaki meja bagian kanan diatas tumpukan buku.

T : Apakah tv digital ini gratis?

J : Gratis, alias free to air, yang  berbayar juga ada, contohnya next media

T : Mengapa siaran TV analog diganti dengan siaran TV Digital?

J : Agar penonton di rumah bisa menonton TV dengan kualitas video audio yang lebih baik dan makin banyak saluran TV yang bisa dipilih, bisa sampai 72 saluran TV di tiap kota.

T : Apakah TV lama dengan antena lama masih bisa dipakai

J : TV lama masih bisa disetel sebagaimana biasa untuk melihat siaran tv analog sampai pemancar analog di MATIKAN tahun 2017.

T : Apakah tv lama dengan antena lama bisa dipakai untuk melihat siaran TV digital DVB-T2?

J : Bisa, dengan cara diberi tambahan alat penerima siaran DVB-T2 yang disebut SET TOP BOX (STB).

T : Dimana bisa beli STB?

J : untuk STB DVB-T2, saat saya menulis ini belum banyak dijual umum di indonesia, bahkan hampir bisa dikatakan belum ada yang jual. Tunggu sekitar sebulan dua bulan atau tahun 2013 awal mungkin sudah banyak tersedia.

T : Berapa harga STB

J : Harga STB dikisaran Rp. 100.000 yang paling murah dengan fitur paling minim.

T : Apakah jika saya beli TV baru sekarang ini sudah ada DVB-T2 receivernya?

J : Yang saya tahu di Indonesia belum banyak (jika boleh dibilang belum ada) merek terkenal TV yang sudah include DVB-T2 receiver, jika yang DVB-T saja sepertinya sudah ada.

T : Bisakah TV yang sudah DVB-T untuk menangkap siaran TV digital DVB-T2?

J : Tidak Bisa! Harus yang DVB-T2 receiver untuk menangkap siaran DVB-T2.

Jika ada pertanyaan pertanyaan lain, nanti akan saya jawab dan saya tulis disini sebagai tambahan agar lengkap. Terimakasih.

About these ads

47 Tanggapan

  1. DVBT-2 bisa buat nonton tv luar negeri gak mas? (CNN, HBO dll)

  2. STB ne iso nggo main angry bird ra mas? :mrgreen:

    #mblayuiuuuuuuu…

  3. contoh merk tv dan jenis yang udah pake DVB-T2 receiver apa aja mas? biar ngga salah beli, soalnya kalo di toko elektronik pada tv yang ditawarkan cuma yang kelihatan di kardus / sticker yang menempel. belum pernah lihat yang ada sticker DVB-T2 receiver.

    • LG, Samsung udah banyak yang bisa terima siaran digital….tanpa STB,,,,klo mau beli lihat fiturnya….yang ada tulisannya Digital Television….jangan yang analog television….soal harga lebih mahal yang digital beda 300rb-400rb dari yang analog

      • Mungkin itu digital, tp masih DVB-T, yg tdk bisa dipakai menerima siaran tv digital DVB-T2. Jangan dibeli. Pastikan kalo beli yg DVB-T2, dan langsung dicoba utk lihat tv digital. Minimal transtv, metro dan tvone sdh onair.

  4. Untuk nanti-nya… TV2 yang sudah ber-DVB-T2, apa masih memerlukan alat penangkap sinyal (Antena), dan kalau masih diperlukan, apakah ketinggian antena mempengaruhi kualitas gambar?

    suwun

  5. kenapa harus DVB-T2. Apa yang DVB-T atau DVB-T1 bisa di Up grade ke DVB-T2?

  6. kalau di semarang sdh bisa menikmati siaran TV Digital apa belum mas?.
    Thank’s sebelumnya.

  7. jadi pengen beli antenanya.
    di kebumen ga nerima trans corp mas, entah kenapa bisa begitu :(

    http://bagas29ps.wordpress.com/2012/10/22/alay-tak-selalu-ban-cacing/

  8. kalo di banyumas yg dah on air digital apa aja mas?

  9. pasang aje CentrinTV, mo tv apa aja pasti jd bs terima siaran digital.
    begitu aja koq reppoottt…!!

  10. pake aja stb nexmedia yang di bagikan di atas bulan april dah mpeg 4 dvbt2 ,,,merknya humax

  11. mau tanya mas di daerah kebumen sudah ada belum siaran tv digital dvb-t2, klu sudah ada tinggal menunggu yg jual stbnya. saya punya stb pol**** waktu masih di jakarta tpi dah ga bisa dipakai lagi. thks

  12. kalo jakarta dan tangerang selatan udah ada yg mengudara mas?

  13. TV Saya merk. Samsung LED UALH6030, sesuai specifikasinya sudah menggungakan DVB-T2, tp waktu saya coba set untuk menerima siaran dengan memilih saluran digital setelah loading hasil nya “NOL”. tidak ada penerimaan.
    Sy tinggal di Indramayu, apa karena Indramayu belum bisa terima siaran diigital ya…????

    • Betul sudah DVB-T2 ternyata, jadi kemungkinan besar di daerah INDRAMAYU memang belum tercover tv digital. Kalau yagn tv analog biasanya dapat dari pemancar di daerah mana ya mas?

      Tuner/Broadcasting
      DVB-T2 / C
      Analog Tuner available
      EPG available
      Channel List USB-Clone available
      CI+
      Auto Channel Search available
      Teletext (TTX) (1000 pages) available

  14. Mas mau tanya apakah dgn mggunakan set top box tv kta dpat mnerima siaran luar negeri seperti fox movie , nat geo .dll ?

    • Prinsip tv digital Teresterial adalah pakai pemancar relay. Beda dengan satelit dan kabel.
      Jadi kalau tdk ada tv yg berisi program tersebut maka tdk ada.

  15. Mas punten mo nanya, saya lg pesen STB dan dapet tpi bukan yang tipe DVB-T2. kira2 apa sih perbedaan STB yg DVB-T2 dengan STB lain saya kurang paham..mohon penjelasan. makasih

  16. Klo Pemancar teresterial power 5 kw, berapa km jangkauannya mas…. selama ini klo pake pemancar analog power 20 kw di rumahku gambarnya semut semua dan suara kresek2 kadang menghilang.

    • Kalau pemancar analog 20kw, bisa 40~60 km jika tdk terhalang gunung/gedung tinggi

      • itu tanpa antena luar ya mas… jarak rumahku dari pemancar sekitar 100 km tidak ada gunung ataupun bukit…..power transmisi 20 kw. tapi ya itu gambar yg kami terima penuh dengan semut dan kadang menghilang…padahal kami sudah pake antena luar dengan tiang antena 10 m dan pake boster juga. klo nantinya transmisi sudah digital power 5 kw…kira2 gambar yg kami terima bagus gak mas… aku cuma pengen nonton sepakbola mas…karena siaran sepakbola via parabola sering diacak.

  17. kalau untukm daerah subang sudah dapat terima siaran digital apa belum?

  18. kalo di subang via cirebon (rcti,sctv,indo,antv,tanscorp,mnc,metro). tapi ada juga yg via JKT,tp tdak selalu jernih. kurng lebih begitu deh

  19. jika tv digital sudah on air pd tahun 2017, apakah tv lokal yg ada di daerah, menggunakan pemancar digital ?

  20. mas saya mau tanya kalau di inramayu apa sudah bisa pake dvb apa supaya ada sinyalnya tapi pake pemancar lama tlg jawab

  21. mas ,saya tadi siang datang ketoko elektronik trus sy mau bli stb yang pake pemancar biasa ,jawabnya yg punya toko elektronik ada barang stb buat pemancar biasa tp dia bilang nggak dijual karna alasanya klu di jual katanya percuma di daera sy indramayu gak ada frekuensi gitu sy percaya ga percya smpe sy tawar ga boleh ktnya

  22. kalu di indramayu utk analog dari cirebon sctv rcti bagus bening sy kan mau coba cari2 dimana bli dvb t2 kiranya klu dipasang di inramayu bisa ada sinyal apa gknya sy blm coba mslhnya cari brg dvb nya susah

  23. kalau pake tv digital apakah diacak saat nonton bola eropa secara live?

  24. Untuk tv turner usb udah ada yang jual belum mas? soalnya saya cari-cari ga ketemu, banyak yang “DVB-T” tapi yang “DVB-T2″ usb ga ada yang jual? kalau ada dimana mas?

  25. Saya sdh search utk siaran digital tv one semarang (dengan antena diputar ke arah unnes, gunung pati) ga ketemu, padahal menurut info mas Hadiyanta sdh on air sejak 21 oktober 12, mohon info apakah karena daerah saya (sekitar jomblang) tidak bisa terima sinyal atau karena power pemancar yang kecil (mohon infonya), padahal siaran analognya bisa diterima walau tidak jernih. Apakah nanti kalo memang sudah betul-betul siaran digital dan analog switch off kondisinya akan sama seperti ini ya, bakalan ga bisa nonton siaran tv one dan antv terestrial, apa ya harus lewat parabola.

  26. Mas, kalo beli antena digital udah pasti 1 paket ama STB?
    terus antena digital bisa dipake buat tv analog? seberapa besar perbedaannya dibanding antena analog biasa?

    • Tv digital dan tv analog itu sama sama UHF jadi antena tv lama juga bisa dipakai utk antena digital. Stb beli terpisah dg antena.

  27. saya tinggal di subang sekitar jalancagak (ciater), klu analog antena di arahkan ke purwakarta(jakarta), gambar bagus. Trus coba pasang STB, antena di arahkan ke purwakarta(jakarta), tapi belum ada channel. Apakah siaran digital jakarta tidak sampai ke subang?

  28. saya cuma mau tanya, bagaimana cara merubah bekas antena parabola seperti indovision,dll bisa dijadikan antena parabola non bayar bulanan/gratis ? Budi- Semarang

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.398 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: