Ternyata bikin bakso itu mudah

image

Adonan calon bakso

Kali ini saya lanjutkan cara membuat bakso dari adonan mentah lalu dibuat bulat bulat seperti bola hingga jadi matang siap dimakan atau dihidangkan.

Sebelumnya siapkan panci diisi air hampir penuh, lalu dijerang sampai mendidih.

Ambil dan pegang sendok makan ditangan kiri, lalu ambil dengan sendok adonan bakal bakso dan taruh ditangan kanan. Kira kira bisa digenggam dan bisa diremas remas didalam genggaman. Lalu pecothotkan (boso indonesiane opo ya?) diantara ibu jari dan jari telunjuk, bikin bentuknya membulat, lalu potong pakai sendok dan lalu bakal bakso yang sudah berbentuk bulat dimasukkan ke panci yang airnya sudah mendidih yang tadi sudah disiapkan.

Bakal bakso mentah akan tenggelam dulu, setelah beberapa saat akan muncul di permukaan. Dan tunggu kira kira sudah matang benar. Baru kemudian diambil dan ditiriskan di nampan yang bolong bolong.

Nah bakso sudah jadi.

Gampang kan.

Untuk kuahnya agar enak maka diberi balungan atau tulang, bisa tulang iga atau kaki. Resep bumbunya untuk kuah seliter adalah sedikit merica, bawang maksimal 4 siung, bumbu kemasan kuah bakso. Tinggal itung kalau kuahnya misal 10 liter maka bawangnya 40 siung. Untuk balungan makin banyak makin enak.

Hari ini kami sekeluarga bikin bakso dibantu budhe saya yang sudah pengalaman, kami bikin bakso untuk hidangan reuni teman SMA istri saya.

Jadi pingin jualan bakso nih.

image

Jerang air di panci sampai mendidih

image

Sendok di tangan kiri, tangan kanan untuk membulatkan bakal bakso

image

Bakal bakso yang membulat lalu dipotong pakai sendok

image

Bakal bakso dimasukkan ke panci

image

Bakso yang matang/masak akan muncul

image

Bakso ditiriskan dan didinginkan.

About these ads

Membuat adonan calon bakso sendiri di Pasar Godean

image

Pasar GODEAN sisi utara, saya foto dari depan penggilingam bakso

Ceritanya sore nanti akan arisan alumni teman teman SMA istri saya, lalu saya usul bikin bakso saja untuk hidangan makan makannya. Karena hampir semua orang suka bakso.

Pagi ini jam 6, saya dengan istri meluncur ke pasar Godean. Langsung menuju ke sisi utara pasar, lewat perempatan yang timur yang dekat Pegadaian. Keutara lalu belok kebarat. Ada pedagang daging di selatan jalan yang depotnya besar. Lalu istri beli daging satu kilogram dengan harga Rp. 110.000 dan Iga Rp. 20.000 untuk campuran kuah. Kemudian balik ke timur 20 meteran pas depan servis dinamo ternyata ada penggilingan daging bakso. Disebelah penggilingan ini ada warung yang menyediakan bumbu bumbu untuk bakso. Mulai merica, gandum, garam, penyedap. Nanti sudah diambilkan oleh pedagangnya sesuai takaran.

Karena ini membuat bakso sendiri maka tepungnya cuma saya kasih sedikit, yaitu DUA ONS saja, kalau pedangang bakso untuk dijual bisa lebih dari dua ons. Karena untuk dimakan sendiri maka hanya diberi dua ons saja sehingga kandungan dagingnya lebih banyak. Dengan harapan lebih uenak tentunya. Untuk bumbunya tadi habis Rp. 8.000.

Ongkos menggiling daging menjadi adonan bakso tadi adalah Rp. 5.000 untuk sekilo daging sapi.

image

Depot bakso di sisi utara pasar Godean, selatan jalan

image

Warung bumbu dan tepung campuran daging sebelum digiling

image

Daging antri menunggu digiling

image

Penggilingan daging bakso didepan servis dinamo ini

image

Proses penggilingan daging bakso

Lomba masak nasi goreng HUT RI 69di dusunku

image

image

image

Lomba masak nasgor dalam rangka memeriahkan HUT RI ke69 ini khusus untuk bapak-bapak antar RT di dusun saya, satu regu terdiri dari maksimal 5 orang, minimal 3 oranh.

Bahan pendukung seperti bumbu, telur, bakso, sosis dll disediakan oleh panitia dengan gratis, dengan catatan yang diambil harus efektif terpakai, kalau tidak terpakai maka akan mengurangi nilai. Hana Nasi, pisau, telenan, cowek, velemek dan kompor yang bawa sendiri.

Nasgor kami ini diberi nama nasgor SUMBADRA. karena nasinya lembut dan lembek tapi cantik seperti dewi sumbadara. Biasanya nasigoreng kan bahan nasinya nasi yang akas. Itu sudah biasa. Maka kami pakai bahan nasi yang lembek. Eh jurinya protes hehe. Semau kami dong. Jaman merdeka kok.

MERDEKA!

image

image

image

image

image

image

image

image

Jovan ganti filter bensin

image

Masih cerita soal JOVAN, mobil tua bangka saya yang keren punya. Hari rabo kemarin saya pulang dari kantor jam 6, jovan normal. Lalu terasa aneh di bangjo WIYORO jalan jogja-wonosari, mesin getar hebat dan mati sendiri. Saya sudah berpikir untuk merapat ke rumah om cecep yang tinggal maju 5 menitan ke arah jogja, tapi akhirnya saya nekat belok kiri lewat wiyoro dan jovan mlumpat mlumpat rasanya. Mesin tidak stabil. Tiap gas saya lepas untuk ngerem, jovan mati. Rem kaki jadi tidak berfungsi, gawat juga nih. Tapi masih saya paksakan terus sampai bangjo WOJO yaitu bangjo ringroad paris.

Akhirnya saya putuskan ambil jalur lambat, saya nyerah. Lalu jovan saya bawa di daerah DONGKELAN. Disini rupanya jovan klekek, mati mesinnya. Saya menepi lalu buka kap mesin. Tapi apa daya saya tidak bawa tool. Akhirnya hubungi sedulur VJC via grup WA VJC, dan alhamdulillah langsung direspon oleh om Bondan, om Jepri, om Cecep, lalu datang pula om Rinto dan sedulur koboya yaitu mas Irawan datang pula naik pzoo si Garong.

Ternyata karbu bermasalah. Sama om Bondan sudah di bleyer bleyer di kop pakai tangan. Tapi kotoran tidak mau pergi. Kalau dilihat tampak semprotan bensin tidak stabil. Pertanda ada yang tersumbat. Lalu karbu dibongkar dan disetel pula pelampung dan dibersihkan bagian demi bagian. Akhirnya setelah dipasang, jovan kembali sehat.

Kami lalu konvoi berempat membeli bakmi dan magelangan di jalan paris. Utara kampus ISI. Setelah usai makan maka kami pulang ke rumah masing masing.

Hari ini saya putuskan beli FILTER BENSIN, karena sejak saya beli belum pernah ganti. Mungkin saja filternya sudah jebol sehingga kotoran bisa masuk sampai karburator dan akhirnya bikin mampet.

Saya sambangi toko toko di gedongkunibg ternyata sudah tutup semua, lalu saya spekulasi lewat Prabu Motor, dan ternyata masih buka, saya harus balik kanan pulsar saya menuju prabu motor. Ternyata saya adalah konsumen terakhir hari ini. Usai saya beli langsung ditutup tokonya. Untunglah saya tidak terlambat.

Habis maghrib, istri ngajak nengok kakak yang baru melahirkan. Saya bawa jovan, eh saat parkir dirumah mertua, kok jovan kumat lagi karbunya. Setelah saya bleyer bleyer gasnya, alhamdulillah bisa normal lagi.

Akhinya malam malam jam 21 saya ganti filter bensin jovan. Saya harap masalah karbu kotor bisa teratasi dengan filter bensin yang baru ini.

Filternya sih kata penjualnya, untuk honda prestige atau maestro, sekilas saya lihat bentuknya sama. Yang penting ada input dan ourput. Akhirnya saya tebus Rp. 25.000

Tadi sudah saya coba hidupkan langsung mau hidup. Semoga masalah teratasi. Besok programnya servis khusus karbu.

Terimakasih untuk sedulur VJC dan koboys.

image

image

image

image

image

image

image

image

Sidharta Guitar Jogja yang ingin pesan pesan gitar akustis atau elektrik

image

Bermula dari dik Ryan yang ngopeni gitar akustik saya yang bobrok dan akhirnya dilem lem dan dibelikan senar sampai akhirnya bisa bunyi lagi. Lalu pas lebaran ini saat dik Ryan mendapat uang saku dari kakek dan nenek sehingga terkumpul Rp. 650.000,  Uang yang terkumpul ini dari kemarin sudah diniati untuk beli gitar akustik.

Tadi sehabis asyar saya coba buka olx dan menemukan dua penjual gitar di jogja. Ajaibnya ternyata ada satu penjual yang ternyata tokonya/rumahnya tidak jauh dari rumah saya, yaitu arah utara sekitar 3 km saja, tepatnya berada di timur punggung gunung BERJO. BERJO adalah bukit kecil terletak dibarat bangjo GODEAN, di selatan jalan.

Tokonya beenama SIDHARTA GITAR, arah ke toko ini dari bangjo GODEAN kearah barat sekitar 500 meter lalu nanti cari SD BERJO di selatan jalan, ikuti jalan di sebelah timur SD BERJO keselatan, lalu kebarat sampai masuk ke pemukiman penduduk di punggung BUKIT BERJO, belok kekiri dan maju 10 meteran, SIDHARTA GITAR ada di kiri jalan.

Jam 17 saya dan dik Ryan sampai di depan toko pas kebetulan yang punya juga baru sampai ke toko. Langsung dipersilahkan masuk. Dan setelah bincang bincang sebentar ternyata mas Sidharta adalah adik kelas saya SMA ARGOMULYO, cuma saya lulus 1991, beliau lulus 1999. Tapi mas Sidharta ternyata mengenal saya karena pas acara REUNI AKBAR SMA TAHUN 2010 ternyata jadi panitia juga. Saya sebagai wakil ketua panitia.

Awalnya saya mau sekalian beli gitar elektrik model ibanez seri S tapi ternyata kosong. Akhirnya dik Ryan memilih sendiri gitar akustis bermerek LAKEWOOD dan gitar akustik ini dobel RAN yaitu bagian lengkungannya dobel kayunya sehingga lebih kuat dan tebal. Neck gitar juga ada besi di tengahnya sehingga lebih kuat dan bisa disetel jika melengkung.

Gitar ini ditebus Rp. 650.000 mendapat softcase. Pas dengan uang dik Ryan yang terkumpul selama lebaran.

Dik Ryan ini saat bayi dulu kalau menangis saya setelkan instrumen gitar dari JOE SATRIANI maka langsung diam. Mungkin itu tertanam dimemory dik Ryan.

Sebenarnya riskan juga membelikan gitar saat ini, karena dik Ryan kelas 6, harus fokus belajar untuk mendapat nilai bagus jika pingin melanjutkan di SMP yang bagus. Tapi semoga ini malah bisa memacu dik Ryan untuk bisa membagi waktu. Belajar, latihan tae kwon do dan belajar gitar.

Untungnya tae kwon do banyak gerakan kaki sehingga tidak terlalu bentrok jika main gitar yang butuh jari jemari yang lemas.

Bagi anda yang ingin beli gitar akustik atau elektrik silahkan coba sambangi toko SIDHARTA GITAR. atau yang ingin custom bikin gitar elektrik juga bisa. Atau mau servis gitar juga bisa.

Semoga berguna.

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Honda CB modif milik kakak

image

image

Hari ini adalah acara trah keluarga, dan ketemu kakak saya yang memang dari dulu seneng modif motor. Namanya mas Susilo, nama bekennya kalau tidak salah mas sondhong :-D kayaknya teman teman klub cb dan honda 70 pada kenal.

Ini motor CB dimodif pakai punya hokkaido jadi dua knalpot. Kayak inazuma ya.

image

image

image

Balada tanaman anthurium dan gelombang cinta

image

Pasti ingat pernah di jaman dulu kala heboh tanaman GELOMBANG CINTA dan ANTHURIUM. saya kurang paham apa keduanya jenis yang berbeda. Karena dahulu saya sama sekali tidak tertarik dengan booming tanaman ini. Booming yang tidak masuk akal pikiran saya.

Dikala itu media koran menjadi sarana untuk blow up tanaman ini. Saya kira berita berita heboh tentang tanaman ini sengaja ditayangkan dalam bentuk berita, padahal aslinya adalah iklan terselubung.

Saat itu tanaman ini bisa lebih berharga dari emas. Orang jadi lupa bahwa harta sesungguhnya adalah emas dan perak. Uang sesunghuhnya. Real money. Sebagaimana saat ini masih juga berlaku kita dibius lembaran kertas yang punya nilai tertentu. Dan uang kertas bernilai karena ditanggung negara dan sistem keuangan internasioanal. Berbeda dengan emas dan perak yang ditanggung oleh TUHAN.

Dulu orang sampai membuat tempat khusus yang aman untuk tempat tanaman gelombang cinta, tak sedikit berita tanaman ini hilang dicuri orang. Harga semakin menjadi tidak masuk akal, banyak orang terjebak dalam permainan tanaman ini dan pada akhirnya ketika semua tanaman mahal ini sudah terdistribusi merata maka harganyapun ambleg. Kembali menjadi tanaman biasa saja seperti semula.

Begitulah jika sesuatu dikarbit menjadi hebat dan terkenal, seakan menjadi sesuatu yang sangat berharga. Kebanyakan orang menjadi mabuk dan tanpa nalar ikut hanyut permainan tanaman gelombang cinta.

Orang lupa bahwa ada pohon ANGGREK yang memang kenyataannya adalah pohon indah dan asli indah bunganya serta berharga tapi wajar harganya.

Banyak orang lupa permainan booming JANGKRIK, LOBSTER AIR TAWAR, GURAME SUPER, IKAN LOUHAN dll. Dan ini masih saja terulang dan berulang. Mungkin kita memang bangsa pemaaf. Tapi janganlah jadi bangsa yang pelupa.

image

image

image

image

image

image

Ini saya punya tanaman gelombang cinta yang sudah besar. Ada yang mau beli 30juta :-P

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.406 pengikut lainnya.