Akhirnya ikut antri Premium di SPBU TERBAN JOGJA

image

image

Akhirnya saya tadi pagi jam 9:20 mulai start ikut antri bensin setelah ambil servisan laptop lenovo di harrisma. Saya antri di POM TERBAN, sebelah selatan harrisma.

Oh iya tadi jalan C SIMANJUTAK ini ternyata searah sekarang, hanya keselatan. Jadi tadi saya dari barat kudu lewat Cik Di Tiro baru kemudian belok kiri bunderan UGM menuju arah barat lalu belok kiri di depan MIROTA KAMPUS menuju selatan ke harrisma.

Oleh mas conter CS harrisma saya diberitahu bahwa pom terban ada 4 pompa/selang untuk premium motor, jadi bisa lancar dan cepat. Dan terbukti saya antri 40 menitan sudah dapat giliran. Saya antri di kiri. Tadi antrinya motor dari arah utara pom terban, jejer dua dua.

Untunglah boleh full tank, dan tadi si BLACK COYOTE, pulsar saya bisa minum Rp. 71.000 alias hampir 11 liter. Dengan kapasitas tangki 18 liter (katanya sih) maka dengan estimasi per liter bisa ngaspal 35 km maka paling tidak saya bisa ngaspal 600 km kedepannya. Harga premium masih Rp. 6.500 per liter.

Tadi pagi saya lewati 3 pom bensin antrinya luar biasa semua. Bahkan kabar dari teman via bbm bahwa sore ini juga masih meriah antrinya.

Dikabari mas FUAD APA SUSAH pelawak jogja yang kebetulan adik kelas sma saya, bahwa di pom candi mas sedayu bisa selo jam 01:00-04:00

image

image

image

Saya memang butuh bbm untuk ngantor di gunungkidul yang jaraknya 80 km PP. Jadi sehari minimal 2 liter bensin saya habiskan. Naik sepeda onthel ya gak bisa karena jalan nanjak dari 100 dpl menuju 500 dpl. Nuntun coy.

image

image

image

image

image

image

image

image

About these ads

Ternyata bikin bakso itu mudah

image

Adonan calon bakso

Kali ini saya lanjutkan cara membuat bakso dari adonan mentah lalu dibuat bulat bulat seperti bola hingga jadi matang siap dimakan atau dihidangkan.

Sebelumnya siapkan panci diisi air hampir penuh, lalu dijerang sampai mendidih.

Ambil dan pegang sendok makan ditangan kiri, lalu ambil dengan sendok adonan bakal bakso dan taruh ditangan kanan. Kira kira bisa digenggam dan bisa diremas remas didalam genggaman. Lalu pecothotkan (boso indonesiane opo ya?) diantara ibu jari dan jari telunjuk, bikin bentuknya membulat, lalu potong pakai sendok dan lalu bakal bakso yang sudah berbentuk bulat dimasukkan ke panci yang airnya sudah mendidih yang tadi sudah disiapkan.

Bakal bakso mentah akan tenggelam dulu, setelah beberapa saat akan muncul di permukaan. Dan tunggu kira kira sudah matang benar. Baru kemudian diambil dan ditiriskan di nampan yang bolong bolong.

Nah bakso sudah jadi.

Gampang kan.

Untuk kuahnya agar enak maka diberi balungan atau tulang, bisa tulang iga atau kaki. Resep bumbunya untuk kuah seliter adalah sedikit merica, bawang maksimal 4 siung, bumbu kemasan kuah bakso. Tinggal itung kalau kuahnya misal 10 liter maka bawangnya 40 siung. Untuk balungan makin banyak makin enak.

Hari ini kami sekeluarga bikin bakso dibantu budhe saya yang sudah pengalaman, kami bikin bakso untuk hidangan reuni teman SMA istri saya.

Jadi pingin jualan bakso nih.

image

Jerang air di panci sampai mendidih

image

Sendok di tangan kiri, tangan kanan untuk membulatkan bakal bakso

image

Bakal bakso yang membulat lalu dipotong pakai sendok

image

Bakal bakso dimasukkan ke panci

image

Bakso yang matang/masak akan muncul

image

Bakso ditiriskan dan didinginkan.

Peresmian rumah begawan gora dan syukuran kapal INKA MINA om Alrozi

image

Hari ini koboys kumpul bebakaran ikan tuna hasil tangkapan kapal INKA MINA yang di manageri oleh om Alrozi. Sekaligus juga syukuran atas telah dibangunnya rumah begawan Gora.

Ini memang acara sudah direncanakan sejak kita ketemu terakhir pas syawalan koboys dulu. Tapi tertunda tunda terus karena kapal INKA MINA menunggu ombak pantai selatan kecil dulu agar bisa melaut dengan aman.

Om Alrozi adalah yang mengurus manajemen kapal Inka Mina. Biasanya berlayar selama 5 malam. Kapal berbobot 30 grosston (semoga benar), diawakki oleh 25 ABK. Bersandar di pelabuhan Sadeng Gunungkidul.

Acara makan makan akhirnya dimulai jam 12 siang di rumah Gora yang lama yang masih ditempati. Karena rumah yang baru belum ada listrik dan kamar mandi belum berfungsi.

Saya sendiri datang jam 13:05 dan pulang jam 14:40 karena di rumah juga sedang ada acara reuni SMA teman teman istri saya.

Sate ikan tuna uenak juga ternyata. Nyuussss.

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Membuat adonan calon bakso sendiri di Pasar Godean

image

Pasar GODEAN sisi utara, saya foto dari depan penggilingam bakso

Ceritanya sore nanti akan arisan alumni teman teman SMA istri saya, lalu saya usul bikin bakso saja untuk hidangan makan makannya. Karena hampir semua orang suka bakso.

Pagi ini jam 6, saya dengan istri meluncur ke pasar Godean. Langsung menuju ke sisi utara pasar, lewat perempatan yang timur yang dekat Pegadaian. Keutara lalu belok kebarat. Ada pedagang daging di selatan jalan yang depotnya besar. Lalu istri beli daging satu kilogram dengan harga Rp. 110.000 dan Iga Rp. 20.000 untuk campuran kuah. Kemudian balik ke timur 20 meteran pas depan servis dinamo ternyata ada penggilingan daging bakso. Disebelah penggilingan ini ada warung yang menyediakan bumbu bumbu untuk bakso. Mulai merica, gandum, garam, penyedap. Nanti sudah diambilkan oleh pedagangnya sesuai takaran.

Karena ini membuat bakso sendiri maka tepungnya cuma saya kasih sedikit, yaitu DUA ONS saja, kalau pedangang bakso untuk dijual bisa lebih dari dua ons. Karena untuk dimakan sendiri maka hanya diberi dua ons saja sehingga kandungan dagingnya lebih banyak. Dengan harapan lebih uenak tentunya. Untuk bumbunya tadi habis Rp. 8.000.

Ongkos menggiling daging menjadi adonan bakso tadi adalah Rp. 5.000 untuk sekilo daging sapi.

image

Depot bakso di sisi utara pasar Godean, selatan jalan

image

Warung bumbu dan tepung campuran daging sebelum digiling

image

Daging antri menunggu digiling

image

Penggilingan daging bakso didepan servis dinamo ini

image

Proses penggilingan daging bakso

Jalan sehat memperingati HUT RI 69

image

Hari ini dusun saya ada acara JALAN SEHAT untuk memeriahkan dan memperingati HUT RI KE 69.

Start di BALAI DESA SUMBERSARI dan finish di MUSEUM SOEHARTO di KEMUSUK.

Untuk kelancaran acara ini dibantu dari FORKOM yang solid memakai HT untuk komunikasi.

Tua muda besar kecil ikut, dan jumlahnya kurang lebih 500 orang.

Saat finish diberi nomer undian yaitu saat di gapura gerbang museum Soeharto. Alhamdulillah saya dapat toples besar, dan anak wedok mendapat toples kecil.

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Semarak HUT RI ke 69 dusunku

image

image

image

Lomba masak nasi goreng HUT RI 69di dusunku

image

image

image

Lomba masak nasgor dalam rangka memeriahkan HUT RI ke69 ini khusus untuk bapak-bapak antar RT di dusun saya, satu regu terdiri dari maksimal 5 orang, minimal 3 oranh.

Bahan pendukung seperti bumbu, telur, bakso, sosis dll disediakan oleh panitia dengan gratis, dengan catatan yang diambil harus efektif terpakai, kalau tidak terpakai maka akan mengurangi nilai. Hana Nasi, pisau, telenan, cowek, velemek dan kompor yang bawa sendiri.

Nasgor kami ini diberi nama nasgor SUMBADRA. karena nasinya lembut dan lembek tapi cantik seperti dewi sumbadara. Biasanya nasigoreng kan bahan nasinya nasi yang akas. Itu sudah biasa. Maka kami pakai bahan nasi yang lembek. Eh jurinya protes hehe. Semau kami dong. Jaman merdeka kok.

MERDEKA!

image

image

image

image

image

image

image

image

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.406 pengikut lainnya.