Bukan kopdar dadakan dengan tmcblog membahas harga R25

image

Selasa pagi saya mruput jam 6 dari rumah ke bandara adisucipto yang berjarak 25 km arah ke timur, untuk menjemput tmcblog.

image

Wah ada apa gerangan tmcblog ke jogja? Oh rupanya untuk sarapan pagi dengan saya di di warung makan PAK BEJO di Wiyoro. Kita sarapan SOTO SAPI.

Kemudian kita keliling keliling jogja sampai siang, lalu kembali makan bareng, kali ini di SATE REWULU, yang berada 100 meter barat pintu gerbang DEPO PERTAMINA REWULU. Jadi lebih meriah dengan kedatangan punggawa warungDOHC.com yaitu om Aziz yang nggeber Jeng Tina dari Wates.

Saya dan mas Taufik pesen tongseng, sedangkan om Aziz pesen Sate. Saya dan tmc nasinya satu wakul untuk berdua, tapi kumbokarno dari wates satu wakul nasi dimakan sendiri. Pancen saingane kakak bhima reka sasmoyo.

Sehabis makan siang, kami meluncur ke garasi saya. Sebelumnya mampir sholat luhur di masjid kampung saya. Baru kali ini saya jadi imam sedangkan makmumnya sudah haji, yaitu wak haji Taufik. Bagaimanapun tuan rumah memang lebih berhak menjadi imam.

Sampai dirumah baru duduk sebentar sudah datang si Garong pulsar terlicin di Indonesia. Saya sempat pinjem sebentar untuk beli kripik belut di dusun Nulis. Pancen penak pulsare pak camat kie.

Lalu datang tongsam dengan motor geledeknya dari Wates. Inilah indahnya paseduluran di koboys. Ini juga reuni lumayan lengkap dari pertemuan kita yang pertama di rumah makan PRING SEWU saat deklarasi pembentukan koboys secara resmi pada tahun 2010 yang lalu.

Kemudian datang begawan gora emon dengan kedua buah hatinya. Lengkap sudah pertemuan kami sore ini.

Akhirnya setelah sholat asyar dan sekali lagi saya menjadi imam tmcblog, maka rapat dibubarkan.

Tmcblog diantar ke bandara oleh warungDOHC pakai jeng tina. Denger denger pilotnya emang jago ngebut sampai copilotnya erat menggenggam Peyek biar tidak remuk. Karena peyek ini untuk oleh oleh permaisuri di Bogor #savePeyek.

Akhir dari pertemuan ini bahwa kami sepakat untuk R25 harganya kami patok kisaran 53 juta saja. Lhoh opo hubungane?

image

image

image

image

image

image

image

image

image

About these ads

Pantai Sundak di Gunungkidul

Telah lama saya mendengar tentang pantai Sundak di Gunungkidul ini, tetapi baru kesampaian kesana kemarin pas bareng bareng koboys fun riding bersama ahm.

Foto dengan Tongsam dan Hyoga sebelum berangkat riding

Foto dengan Tongsam dan Hyoga sebelum berangkat riding

Pantai Sundak ini adalah titik pemberhentian pertama di acara fun riding koboys dan ahm. Saya dari AHM Jombor naik NMP FI, menyusuri jalanan ringroad barat dan selatan, dilanjutkan naik via imogiri timur melewati panggang, dan meliuk liuk naik turun berkelok akhirnya sampai ke jalanan nan lurus dan lebar di JJLS, lalu kembali ke jalur kecil sepanjang kurang lebih 10 km untuk menuju ke pantai Sundak. Dan semua jalanan di Jogja itu mulus bro :-D

di NOL kan dari awal mau berangkat

di NOL kan dari awal mau berangkat

 

hasil akhir di Pantai Sundak, 136 KM

hasil akhir di Pantai Sundak, 136 KM

Letak dari pantai Sundak ini ada di deretan pantai Baron, Krakal, Kukup. Yang saya rasakan agak menghambat menuju pantai pantai di Gunungkidul ini adalah kurangnya petunjuk jalan sepanjang perjalanan, sehingga agak menyulitkan saya yang tertinggal rombongan riding, dan harus bertanya dua kali agar tidak salah jalan.

Hamparan pantai berpasir putih akan menyapa kita saat tiba di pantai Sundak, disini fasilitas pendukung juga lengkap, ada toilet, parkiran, penjual makanan, meja meja sederhana di pinggir pantai untuk istirahat dan makan. Yang unik di pantai Sundak ini adalah dominan pohon WARU, bukan pohon pandan yang merupakan pohon alami di pantai, atau pohon cemara udang yang banyak ditanam di pantai wilayah Bantul.

makan siang saya

makan siang saya

 

100_1325

Untuk pantainya sendiri menurut saya standar pantai saja, tidak ada yang begitu menonjol dan istimewa, kalau ke Pantai Sundak ini saya rasa paling enak yang nikmati semilir anginnya di bawah rimbunan pohon Waru sambil makan minum diatas hamparan pasir putihnya. Kami disuguhi minuman kambil alias KELAPA, bukan minuman DEGAN, karena memang yang kami minum ini sudah bukan degan lagi, agak kecewa sih, degan itu masih mudah dikeruk daging dalamnya, tapi yang kami makan ini dagingnya sudah wujud kelapa walaupun belum tua banget, tapi memang tidak layak disebut degan.

Untuk makan siang saya mencomot beberapa udang, dan saya guyur dengan ca kangkung lumayan banyak, biasanya saya alergi udang, tapi entah kenapa kok ini saya tidak alergi, apa ini udang laut? karena saat saya makan udang misal di rumah makan Mang Engking, biasanya saya langsung alergi, yaitu Biduren, badan jadi bentol bentol seperti kena ulat, dan tentu ditambahi rasa pusing,

sisi timur pantai Sundak

sisi timur pantai Sundak

sisi barat pantai Sundak

sisi barat pantai Sundak

 

Sepanjang pesisir Kabupaten Gunungkidul memang banyak terdapat pantai pantai yang indah, persaingan memperebutkan pengunjung tentu juga ketat, ditambah lagi sekarang di Gunungkidul sisi utara ada obyek obyek wisata baru seperti Gunung Purba Nglanggeran, Embung Nglanggeran, Gua Pindul, Air Terjun Srigetuk dll, yang berpotensi menyedot pengunjung pula. Untuk pengelola wisata pantai di Gunung Kidul, harapan saya, manjakanlah pengunjung dan layani sebaik mungkin, karena itulah hakekat iklan terbaik saat ini, biarkan pengunjung nanti yang akan men twet, menposting di blog, atau FB dll tentang keindahan, keramahan, dan pelayanan yang baik dari pengelola pantai. Kuncinya adalah makanan yang enak dan standar serta transparan harganya, jangan sekali kali nuthuk harga ke pengunjung, lalu fasilitas kamar kecil yang bersih dan nyaman, parkiran yang nyaman dan biaya parkir yang wajar. Jika semua pelaku wisata menyadari hal ini, tentu pengunjung akan datang dan datang ke pantai pantai di gunungkidul.

Selepas makan siang dan istirahat di Pantai Sundak ini, perjalana Fun Riding koboys dan AHM dilanjut ke etape kedua, yaitu Pantai Sundak – Pom Bensin Pracimantoro. Nantikan kelanjutan kisahnya, karena saya ganti pakai matic scoopy.

 

Fun riding koboys dengan AHM, etape I

image

Hari ini 2 mei 2014, saya dengan 16 koboys melakukan fun riding menuju pacitan bersama ahm jogja.

Start awal dari ahm jombor lalu menuju jalan kabupaten keselatan sampai tembus ringroad. Lalu kita mengikuti ringroad barat dan selatan sampai perempatan Giwangan.

Perempatan giwangan kita ambil kanan menuju arah imogiri. Saya kurang hapal jalan ini yang jelas lewat arah Gua Cerme dan panggang lalu lewat JJLS dan tahu tahu sudah sampai ringin arah baron. Disini saya sudah hapal tinggal ikuti arah baron. Tujuannya ke pantai sundak.

Sampai di pantai sundak langsung jumatan dan selepas jumatan kita makan siang di pantai sundak.

Total jarak tempuh 136 km. Wah jauh juga ternyata. Saya tadi nyemplak NMP.

Jalanan etape pertama ini sudah bervariasi. Kepadatan jalanan kota, lalu ringroad yang relatif lurus dan sepi, dilanjutkan meliuk liuk naik imogiro menuju pantai sundak lewat Panggang. Lalu ketemu jalan jalur selatan yang lueeeebaar dan sepi. Saya test limiter motor, speed dan top speed, bagaimanapun juga motor harian ini diberi limit, dan saya hanya bisa 110kpj itupun dibantu jalan agak menurun.

Sebenarnya saya pecinta slow turing, jalan seenaknya. Tapi lebih banyak santainya.

Overall semua jalanan di jogja relatif mulus. Jarang ditemui jalan rusak parah berlubang. Hal ini tentu sangat menyenangkan bagi para wisatawan yang akan menuju pantqi pantai di gunungkidul. Cuma sayangnya jalan masih sempit saat hampir sampai pantai sekitar 7-9 km. Sebaiknya dilebarkan dua kali lipat.

image

image

image

image

image

Rica ricaenthok Bu Sri di KALAKIJO Pajangan Bantul

image

Hariini saya ditawari begawan gora untuk makan siang RICA RICA enthok. Okelah jam 14 saya meluncur ke rumah begawan, lalu kita meluncur bareng ke warung bu Sri di Kalakijo.
Kalak ijo ini kalau dari LP PAJANGAN ikuti saja jalan aspal timur LP keselatan kira kira 700 meter. Ada di barat jalan.

Saya cocok banget dengan masakan rica rica entok ini, pedes sambel dan panas merica, serta agak asin. Pas banget di lidah saya.

Satu porsinya cukup Rp. 10.000 saja.

Rica rica enthok ini dipresto sehingga empuk. Dan sudah siap saji. Sehingga kita tidak perlu nunggu lama. Tapi kalau saya seneng yang agak alot.

Makasih untuk juragan kucing garong dan begawan gora. Nyam nyam. Ueanak.

Pulangnya saya lewat Guosari dan kesasar sasar. Ini efek jalanan kecil kecil di Bantul yang mulus aspalnya.

image

image

image

image

image

Pertama kalinya opname

image

Hari ahad 30 Maret 2014 sejak subuh sebenarnya saya terasa masuk angin. Tapi karena sudah janji mau hadir dipernikahan sodara maka saya paksakan berangkat.

Jam 10 setelah acara akad nikah saya dan istri pulang duluan karena saya sudah makin merasa pusing. Tapi jam 11 siang istri malah mengajak pon ponan di pasar Godean. Ya sudah jadi benar benar disengkakke sakit panas dan pusing saya.

Sorenya saya sempat dikeroki oleh ibuk saya, lumayan bisa meringankan badan yang pegal pegal.

Senin sore saya periksa ke adik saya yang dokter. Dan selasa pagi saya paksakan kerja karena tanggal 1 awal bulan harus membuat laporan uang dan teknik.

Tapi ternyata kondisi badan makin drop. Saya terpaksa tiduran di kantor dan pulang dengan susah payah.

image

Rabo sore selepas asyar akhirnya saya menyerah. Tumbang dan bersedia dibawa kerumah sakit oleh adik keponakan dan istri saya. Yaitu ke RS PKU MUHAMMADIYAH GAMPING.

image

Ini adalah kali pertama saya sakit sampai opname. Saya memang berusaha hidup sehat karena takut dengan jarum suntik. Tapi sore itu saya pasrah di tusuk jarum infus dan diambil darahnya sekitar 3 botol kecil. Ternyata tidak sesakit yang saya kira saat disuntik jarum infus yang lumayan besar.

image

Total saya diinfus 8 botol seperti diatas. Sebenarnya rabo sore, sedulur koboys pada mau nengok saya kerumah, dan mau membawakan tongseng ayam kampung seperti dibawah ini. Tapi saya bilang mau opname sore ini.

image

Akhirnya dulur koboys yang pertama datang menjenguk saya di RS PKU GAMPING. yaitu pak camat, begawan gora dan pak carik wates. Matur nuwun.

image

Beberapa teman dan sahabat juga datang menjenguk bergantian. Tidak bisa saya sebut satu persatu.

Terimakasih banyak untuk semua yang sudah datang menjenguk ataupun mendoakan saya dari jauh.

image

image

image

Akhirnya ahad 6 April 2014 jam 11 saya bisa pulang. Sakitnya ya cuma panas dan pusing saja.

image

image

PINDAH : Pusat Kuliner Belut Godean

Saya sudah beberapa saat yang lalu mengetahui bahwa para penjual belut yang biasanya berjejer di depan pasar Godean yaitu di utara jalan kok tidak ada lagi, lalu saat saya terus ke timur kuraang lebih 4 meter dari lampu bangjo perempatan pasar Godean, maka di selatan jalan tampak bangunan baru dan ada tulisan PUSAT KULINER BELUT GODEAN.

Pasar Godean dan Penjual Belut Goreng

Pasar Godean dan Penjual Belut Goreng di tempat yang lama

Suanana penjual belut di lokasi lama, saat pasaran PON

???????????????????????????????

Tampat jualan belut yang baru, saya foto dari utara jalan

???????????????????????????????

???????????????????????????????

Saya foto ke arah barat, arah pasar Godean

???????????????????????????????

Saya foto kearah Timur dari depan pusar welut

Bangunan pasar baru ini dikhususnya untuk berjualan belut, yaitu kripik belut pasar Godean yang memang sudah dikelal luas oleh masyarakat. Letaknya di selatan jalan, berseberangna jalan dengan apotik K24 yang ada di utara jalan.

Kalau dari arah timur, di jalan Godean, maka akan ada jalan yang agak naik setelah AHASS INSANI GODEAN, sebelum sampai Pasar Godean. Saat jalan naik ini habis, maka pelan pelan saja dan mlipir kekiri, lalu akan terlihat plakatnya, anda tinggal masukkan mobol atau motor langsung ke dalam, tempat parkirannya luas banget.

Dengan pindahnya para penjual belut ini, maka jalan di depan pasar godean diharapkan tidak macet lagi seperti dulu saat ada mobil yang berhenti untuk membeli belut.

Biasanya saat liburan idul fitri, para pembeli dari luar kota yang mudik, ramai sekali. Harga belut per kilonya kisaran 70ribu sampai 100ribu. Tergantung banyak sedikitnya tepung yang menempel dan besar kecilnya belut :-D

Belut dalam kemasan 1 KG

Selamat memborong belut dengan nyaman.

Intip dikrawu parutan kambil, kuliner ndeso uenak nak

image

image

Jaman saya kecil, mayoritas penduduk dusun saya kalau nanak nasi pakai KETEL, dengan api dari kayu bakar.

Seiring perkembangan jaman dan dengan masuknya listrik sampai ke pelosok dusun, pelan pelan pada beralih ke magiccom. Ketel mulai ditinggalkan meskipun tidak dilupakan sama sekali.

Ngliwet atau nanak nasi pakai ketel pastilah ada INTIP atau kerak. Kalau api terlalu besar kadang sampai gosong keraknya, tapi kalau apinya kecil maka keraknya hanya mendekati keras, inilah kerak atau intip yang enak.

Intip adalah makanan uenak tenan, kegemaran saya. Ada dua cara menikmati intip ini.

Pertama dengan diberi sayur berkuah, yang paling cocok adalah sayur gori/nangka dicacah kecil kecil disayur lodeh dengan santan kentalditambahi daun SO, dan kulit melinjo, dan lombok yang banyak biar pedas. Sayur ini tinggal disiramkan langsung ke ketel yang INTIP nya sudah tertinggal, nasinya sudah diambil. Nanti selang 5 menit maka intip akan medok/empuk, tinggal dikeruk pakai cendok, taruh dipiring dan santap. Rasanya wuah gak bisa dilukiskan dengan kata kata dengan tepat. Pokokke uenak.

Cara yang kedua dengan dikrawu parutan kambil, istilah indonesianya dimpur dengan parutan kelapa. Intip/kerak dikeruk, lalu parutan kelapa dimasukkan, tambah garam sedikit. Lalu dicampur. Tarus di piring, lalu santap. Rasanya gurih enak.

Cara agak lama untuk menikmati intip yaitu intip diklothok utuh, lalu dijemur, setelah kering lalu dibumbu dan digoreng. Nyusss.

Jadi kuliner ndeso itu memang wah. Gak perlu mahal.

Apa makanan ndeso favoritmu?

image

image

FESTIVAL DURIAN BANJAROYA KULONPROGO 2014

Bagi pecinta duren, ini adalah acara yang wajib anda kunjungi, lagi pula acaranya pas hari minggu, tanggal 2 Maret 2014, jam 09:00 sampai 12:00, yaitu FESTIVAL DURIAN BANJAROYA, di KulonProgo. Tepatnya di REST AREA PASAR BENDO, KALIBAWANG, KULONPROGO.
image

Kalau di poster yang saya dapat seperti dibawah ini, duriannya bergaransi, mungkin maksudnya kalau kita beli dan kita makan ditempat, dan ndilalah kok durennya busuk atau tidak enak misal bongko atau tidak ada rasanya, ada lho duren yang rasanya hanya anyep seperti ketela godog :-D
image

Festival kali ini juga diramaikan dengan acara sbb

1. KONTES DURIAN. Mestinya ini kontes untuk memilih durian yang paling besar dan paling nyoossss.

2. BAZAR DURIAN. Jelas disini akan dijual durian banjaroya.

3. ADU FOTO (GILA DURIAN). Mungkin foto narsis agak gila giala dikit dengan properti durian.

duren fest kp

Kalau pengalaman saya, pilih durian yang masak dan jatuh sendiri dari pohonnya, adalah paling gampang dengan melihat gagangnya, jika gagangnya mulus alami seperti copot, maka insya Allah itu durian jatuh dan masak di pohon sendiri. tapi kalau ada bekas diuntir, atau bekas terkena pisau, maka hati hati saja membelinya, kalau durian sudah tua sih mungkin tidak masalah, tapi kalau durian belum tua dipetik paksa, maka pasti tidak enak.

Ternyata juga dijual bibit durian, mungkin durian kuning asli menoreh seperti pernah saya tulis sebelumnya.

http://hadiyanta.com/2011/04/11/budidaya-durian-menoreh-kuning-durian-lokal/

Sebenarnya ada juga wisata kuliner yang bisa dituju nanti selepas makan duren, lalu mau makan siang, silahkan mampir makan disini, ini adalah warung spesialis wader

http://hadiyanta.com/2014/01/14/warung-wader-mbah-juri-di-slanden-banjaroya-kalibawang-kp/

Insya Allah besok saya akan hadir di acara ini, karena telah beberapa kali kesempatan saya tidak bisa menghadirinya.

Oh iya yang bingung arahnya dari jogja, pokoknya kalau dari arah TUGU JOGJA ambil arah kebarat, nanti akan nyebrang RINGROAD BARAT, terus kebarat, akan nemui PASAR GODEAN, kebarat lagi terus sampai KALI PROGRO, nyebrang jembatan maka akan sampai KULONPROGO, nanti akan sampai perempatan pertama ada lampu bangjo, itu ambil kanan (utara) dah ikuti saja sampai nanti ketemu KALIBAWANG.

Semoga berguna.

Pantai PANDANSIMO BARU di Bantul

image

Pantai Pandansimo Baru, ini letaknya di Kabupaten Bantul Jogja. Ikuti saja jalan Bantul – Srandakan – Brosot, lalu sebelum jembatan panjang Kali Progo, ambil kiri, ikuti jalan di sisi kaliPprogo bagian timur, terus keselatan sampai nemu pantai.

Pantai Baru ini letaknya ada di barat pantai KUWARU. Jalan kesini ya sama dengan jalan ke pantai Kuwaru.

Ternyata pantai baru ini mirip pantai kuwaru, dengan tanaman CEMARA UDANG mulai ditanam tahun 1991. Dan sekarang sudah besar sehingga membuat pantainya teduh. Lalu dibawahnya bisa digelaei tikar.

Pantainya termasuk Curam, jadi bahaya jika mandi disini. Saya sih tadi cukup kena sapuan pecahan ombak di kaki dikit dikit saja.

Untuk anak anak bisa bermain ATV dengan menyewanya RP. 25.000 selama 15 menit, lalu bisa juga renang main bola atau naik sepur sepuran.

Nah ini dia, kalau lapar bisa makan ikan bakar atau goreng di warung warung yang ada di sepanjang pantai

Tadi sebenarnya acara arisan teman teman alumni SMA istri. Jadi saya cuma ngantar, cuma jadi sopir, pakai motuba Jovan, yang kemarin barusan saya servis ball joint dan ganti seal di master rem yang bocor.

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Pesta duren pertama di tahun 2014

image

5 duren

Hari ini saya sudah janjian dengan begawan gora beserta keluarga untuk pesta duren di kantor saya, sebagaimana perlu diketahui bahwa di sekitar kantor saya ini banyak pemilik pohon durian, dan durian disini tidak dipetik, tapi ditali rafia, dan ditunggu sampai jatuh sendiri karena sudah masak di pohon, saat durian sudah jatuh tapi karena ditali rafia, maka durian tetap aman ada di pohon, nah baru kemudian durian ini diambil.

Sejak 4 hari yang lalu saya sudah indent 5 buah durian kepada pemilik pohon, saya bilang untuk siap dimakan pada hari rabo, ini artinya durian yang jatuh kisaran hari minggu atau hari senin, didiamkan sekitar dua hari, biar lebih mak nyus.

Tadi siang jam 12 akhirnya durian diantarkan ke kantor saya oleh pemiliknya langsung, harga per bijinya Rp. 50.000, tetapi ini dijamin masak pohon dan mak nyus. Mungkin kalau di penjual harganya sudah 60-70ribuan.

Jam 14 akhirnya begawan gora dan anak istri datang dengan motuba sutarlet, pas kabut dan gerimis, makin enak saja untuk menyantap durian, saya buka dua buah dan langsung disikat, puassss pokoknya, gak rugi. Tadi 2 buah durian ada 27 pongge, kalau diitung itung kisaran Rp. 3.800 per pongge :-D

Durian dibawa pulang dua buah, kayaknya jatah untuk pak camat satu buah hehehe

Lalu begawan saya ajak untuk makan siang agak sore, karena saya juga belum makan siang, di warung soto pok gunung, setelah itu begawan pulang dan saya balik ke kantor.

yah inilah duren pertama di tahun 2014 yang saya makan.

Ada yang minat ntraktir saya? nanti saya indenkan :-D

image

perbandingan dengan velg 16″

image

duren masak pohon

image

belah duren

image

isinya

image

isinya nyosss

image

soto pok GunungIMG_20140205_143017 IMG_20140205_152053 IMG_20140205_152101 IMG_20140205_152112

 

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.369 pengikut lainnya.