Ternyata bikin bakso itu mudah

image

Adonan calon bakso

Kali ini saya lanjutkan cara membuat bakso dari adonan mentah lalu dibuat bulat bulat seperti bola hingga jadi matang siap dimakan atau dihidangkan.

Sebelumnya siapkan panci diisi air hampir penuh, lalu dijerang sampai mendidih.

Ambil dan pegang sendok makan ditangan kiri, lalu ambil dengan sendok adonan bakal bakso dan taruh ditangan kanan. Kira kira bisa digenggam dan bisa diremas remas didalam genggaman. Lalu pecothotkan (boso indonesiane opo ya?) diantara ibu jari dan jari telunjuk, bikin bentuknya membulat, lalu potong pakai sendok dan lalu bakal bakso yang sudah berbentuk bulat dimasukkan ke panci yang airnya sudah mendidih yang tadi sudah disiapkan.

Bakal bakso mentah akan tenggelam dulu, setelah beberapa saat akan muncul di permukaan. Dan tunggu kira kira sudah matang benar. Baru kemudian diambil dan ditiriskan di nampan yang bolong bolong.

Nah bakso sudah jadi.

Gampang kan.

Untuk kuahnya agar enak maka diberi balungan atau tulang, bisa tulang iga atau kaki. Resep bumbunya untuk kuah seliter adalah sedikit merica, bawang maksimal 4 siung, bumbu kemasan kuah bakso. Tinggal itung kalau kuahnya misal 10 liter maka bawangnya 40 siung. Untuk balungan makin banyak makin enak.

Hari ini kami sekeluarga bikin bakso dibantu budhe saya yang sudah pengalaman, kami bikin bakso untuk hidangan reuni teman SMA istri saya.

Jadi pingin jualan bakso nih.

image

Jerang air di panci sampai mendidih

image

Sendok di tangan kiri, tangan kanan untuk membulatkan bakal bakso

image

Bakal bakso yang membulat lalu dipotong pakai sendok

image

Bakal bakso dimasukkan ke panci

image

Bakso yang matang/masak akan muncul

image

Bakso ditiriskan dan didinginkan.

About these ads

Peresmian rumah begawan gora dan syukuran kapal INKA MINA om Alrozi

image

Hari ini koboys kumpul bebakaran ikan tuna hasil tangkapan kapal INKA MINA yang di manageri oleh om Alrozi. Sekaligus juga syukuran atas telah dibangunnya rumah begawan Gora.

Ini memang acara sudah direncanakan sejak kita ketemu terakhir pas syawalan koboys dulu. Tapi tertunda tunda terus karena kapal INKA MINA menunggu ombak pantai selatan kecil dulu agar bisa melaut dengan aman.

Om Alrozi adalah yang mengurus manajemen kapal Inka Mina. Biasanya berlayar selama 5 malam. Kapal berbobot 30 grosston (semoga benar), diawakki oleh 25 ABK. Bersandar di pelabuhan Sadeng Gunungkidul.

Acara makan makan akhirnya dimulai jam 12 siang di rumah Gora yang lama yang masih ditempati. Karena rumah yang baru belum ada listrik dan kamar mandi belum berfungsi.

Saya sendiri datang jam 13:05 dan pulang jam 14:40 karena di rumah juga sedang ada acara reuni SMA teman teman istri saya.

Sate ikan tuna uenak juga ternyata. Nyuussss.

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Membuat adonan calon bakso sendiri di Pasar Godean

image

Pasar GODEAN sisi utara, saya foto dari depan penggilingam bakso

Ceritanya sore nanti akan arisan alumni teman teman SMA istri saya, lalu saya usul bikin bakso saja untuk hidangan makan makannya. Karena hampir semua orang suka bakso.

Pagi ini jam 6, saya dengan istri meluncur ke pasar Godean. Langsung menuju ke sisi utara pasar, lewat perempatan yang timur yang dekat Pegadaian. Keutara lalu belok kebarat. Ada pedagang daging di selatan jalan yang depotnya besar. Lalu istri beli daging satu kilogram dengan harga Rp. 110.000 dan Iga Rp. 20.000 untuk campuran kuah. Kemudian balik ke timur 20 meteran pas depan servis dinamo ternyata ada penggilingan daging bakso. Disebelah penggilingan ini ada warung yang menyediakan bumbu bumbu untuk bakso. Mulai merica, gandum, garam, penyedap. Nanti sudah diambilkan oleh pedagangnya sesuai takaran.

Karena ini membuat bakso sendiri maka tepungnya cuma saya kasih sedikit, yaitu DUA ONS saja, kalau pedangang bakso untuk dijual bisa lebih dari dua ons. Karena untuk dimakan sendiri maka hanya diberi dua ons saja sehingga kandungan dagingnya lebih banyak. Dengan harapan lebih uenak tentunya. Untuk bumbunya tadi habis Rp. 8.000.

Ongkos menggiling daging menjadi adonan bakso tadi adalah Rp. 5.000 untuk sekilo daging sapi.

image

Depot bakso di sisi utara pasar Godean, selatan jalan

image

Warung bumbu dan tepung campuran daging sebelum digiling

image

Daging antri menunggu digiling

image

Penggilingan daging bakso didepan servis dinamo ini

image

Proses penggilingan daging bakso

Lomba masak nasi goreng HUT RI 69di dusunku

image

image

image

Lomba masak nasgor dalam rangka memeriahkan HUT RI ke69 ini khusus untuk bapak-bapak antar RT di dusun saya, satu regu terdiri dari maksimal 5 orang, minimal 3 oranh.

Bahan pendukung seperti bumbu, telur, bakso, sosis dll disediakan oleh panitia dengan gratis, dengan catatan yang diambil harus efektif terpakai, kalau tidak terpakai maka akan mengurangi nilai. Hana Nasi, pisau, telenan, cowek, velemek dan kompor yang bawa sendiri.

Nasgor kami ini diberi nama nasgor SUMBADRA. karena nasinya lembut dan lembek tapi cantik seperti dewi sumbadara. Biasanya nasigoreng kan bahan nasinya nasi yang akas. Itu sudah biasa. Maka kami pakai bahan nasi yang lembek. Eh jurinya protes hehe. Semau kami dong. Jaman merdeka kok.

MERDEKA!

image

image

image

image

image

image

image

image

Syawalan VJC di Sendang Ayu Prambanan

Hari ini jam 9, VJC mengadakan syawalan di SENDANG AYU Prambanan.

Resto ini letaknya di seberang POM BENSIN Prambanan. Atau di sebelah utara jalan Jogja solo. Kalau dari arah jogja ke solo maka setelah ayam goreng mbok berek. Kalau dari arah solo ke jogja maka setelah BOGEM tempat sunatan kebarat akan dapat pom bensin kiri jalan. Maju untuk putar balik.

image

Hadir sementara ini 13 pilot. Tapi cuma ada 12 VT karena saya pakai honda beat. Kemungkinan makin siang akan nambah dari solo dll. Untunglah parkiran Sendang Ayu ini luas.

Saya nanti mau pulang duluan sebab tetangga sebelah barat rumah saya meninggal dan dimakamkan jam 14. Padahal rumah ke Sendang Ayu tadi makan waktu satu jam.

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image
image

image

image

image

Syawalan koboys di INGKUNG KWALI dusun Kalakijo Bantul

image
Lebaran kali ini koboys mengadakan syawalan yang bertempat di INGKUNG KWALI di dusun KALAK IJO, Guosari, Pajangan, Bantul.

Ini koordinatnya :
-7.886636,110.301812

Warung kuliner ingkung ayam dan ingkung manuk gemak dipadu padan dengan nasi sego wiwit.

Letaknya kalau dari utara misal dari masjid agung bantul ambil kebarat di jalan samping utara masjid. Ambil jurusan LP PAJANGAN. Tanya orang jika bingung.

Setelah sampai LP PAJANGAN, ambil ke selatan arah SENTRA BATIK WIJIREJO. Sekitar 800 meter akan didapati plakat INGKUNG KWALI, ambil kebarat atau arah kanan masuk dusun KALAK IJO. ikuti saja petunjuk arah menuju INGKUNG KWALI.

Hadir sekitar 30 koboys dan keluarga. Semuanya habis Rp. 515.000 dengan perincian ingkung Gemak @Rp. 10.000 dan Sego Wiwit @4.000 dan minuman @2.000

Ingkung kwali ini tempatnya nyaman dan sejuk karena berada di pinggir pegunungan di sisi barat. Pelataran parkir sangat luas, jadi mobil jangan kuatir tidak kebagian tempat parkir.

Masakannya memang spesialis ingkung ayam jowo dan manuk gemak. Dipadu dengan nasi wiwit. Khas dengan sambal wiwit dan telur separo. Wiwit adalah budaya jowo sebelum panen padi mengadakan syukuran dengan membuat nasi wiwit. Nasi wiwit dibawa ke sawah lalu dibagi bagi dalam pincuk kecil kepada anak anak. Biasanya dulu telor godog satu diiris iris jadi 8 irisan. Saya waktu kecil dulu adalah pemburu nasi wiwit di sawah.

Tempat INGKUNG KWALI ini terdiri dari lesehan yang muat 50-an orang, ada pula dua gasebo yang masing masing muat satu keluarga. Ada juga setingan tempat dengan meja dan kursi. Atau mau makan diluar di sebelah barat yang masih alami dan asri dengan menggelar tikar di alam terbuka. Dengan catatan tidak hujan.

Koboys itu apa sih? Inilah kami.
http://www.koboys.wordpress.com

Kanggo ngraketake paseduluran.

Semoga berguna.
image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Bukan kopdar dadakan dengan tmcblog membahas harga R25

image

Selasa pagi saya mruput jam 6 dari rumah ke bandara adisucipto yang berjarak 25 km arah ke timur, untuk menjemput tmcblog.

image

Wah ada apa gerangan tmcblog ke jogja? Oh rupanya untuk sarapan pagi dengan saya di di warung makan PAK BEJO di Wiyoro. Kita sarapan SOTO SAPI.

Kemudian kita keliling keliling jogja sampai siang, lalu kembali makan bareng, kali ini di SATE REWULU, yang berada 100 meter barat pintu gerbang DEPO PERTAMINA REWULU. Jadi lebih meriah dengan kedatangan punggawa warungDOHC.com yaitu om Aziz yang nggeber Jeng Tina dari Wates.

Saya dan mas Taufik pesen tongseng, sedangkan om Aziz pesen Sate. Saya dan tmc nasinya satu wakul untuk berdua, tapi kumbokarno dari wates satu wakul nasi dimakan sendiri. Pancen saingane kakak bhima reka sasmoyo.

Sehabis makan siang, kami meluncur ke garasi saya. Sebelumnya mampir sholat luhur di masjid kampung saya. Baru kali ini saya jadi imam sedangkan makmumnya sudah haji, yaitu wak haji Taufik. Bagaimanapun tuan rumah memang lebih berhak menjadi imam.

Sampai dirumah baru duduk sebentar sudah datang si Garong pulsar terlicin di Indonesia. Saya sempat pinjem sebentar untuk beli kripik belut di dusun Nulis. Pancen penak pulsare pak camat kie.

Lalu datang tongsam dengan motor geledeknya dari Wates. Inilah indahnya paseduluran di koboys. Ini juga reuni lumayan lengkap dari pertemuan kita yang pertama di rumah makan PRING SEWU saat deklarasi pembentukan koboys secara resmi pada tahun 2010 yang lalu.

Kemudian datang begawan gora emon dengan kedua buah hatinya. Lengkap sudah pertemuan kami sore ini.

Akhirnya setelah sholat asyar dan sekali lagi saya menjadi imam tmcblog, maka rapat dibubarkan.

Tmcblog diantar ke bandara oleh warungDOHC pakai jeng tina. Denger denger pilotnya emang jago ngebut sampai copilotnya erat menggenggam Peyek biar tidak remuk. Karena peyek ini untuk oleh oleh permaisuri di Bogor #savePeyek.

Akhir dari pertemuan ini bahwa kami sepakat untuk R25 harganya kami patok kisaran 53 juta saja. Lhoh opo hubungane?

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.406 pengikut lainnya.