Sentuhan ajaib kang ARIF WIJAR TCI di JOVAN membuat sehat dan bertenaga

image

image

Jovan kemarin error, mesin kerasa ndal ndul jalannya, sepertinya kurang pasokan bensin. Tetapi oleh mekanik langganan saya walau sudah dibongkar karbunya, tapi belum juga sembuh. Akhirnya jovan saya tinggal di bengkel.

Untunglah ketemu kang ARIF WIJAR TCI sang penomenal di grup fb MOTUBA yang bikin TCI yaitu rangkaian CDI untuk mobil dan motor. Kang arif mampie ke kantor saya. Lalu sorenya saya minta ke bengkel untuk coba perbaiki jovan. Karena kang arif bawa TCI dan koil sehingga bisa di coba coba mana yang bermasalah.

Ternyata memang koil sudah agak lemah peecikan apinya. Kentara karena kelihatan merah warna kilatannya, yang masih sehat warnanya kebiruan. Oke deh koil saya beli dan ganti. Yang lama bisa utk cadangan jika darurat.

Lalu beralih di karbu. Ternyata ketahuan kabel di ujung selenoid kondisinya sudah hampir putus, sehingga koneksi kurang sempurnya. Mungkin inilah yang menyebabkan kemarin kadang jovan normal, kadang sakit.

Saya juga minta jovan di grounding mesinnya. Grounding ini penting agar arus negatif lancar mengalir. Grounding dilakukn dibeberapa titik. Kata kang arif, grounding itu ibarat pondasi rumah.

Datang sedulur motuba om Aziz tapai pakai bandit 400cc. Saya langsung coba sampai Godean pulang balik. Mantabh.

Lalu datang juga sedulur motuba yang rumahnya di Pasekan.

Jam 22 semua pekerjaan di jovan selesai. Dan semuanya habis 350.000. Alhamdulillah jovan kerasa banget sehatnya. Kemarin sudah saya coba sampai Magelang.

Thank you kang Arif Wijar.

image

image

image

image

image

image

image

image

About these ads

Kopdar dengan kang Arif Wijar TCI MOTUBA

image

image

Hari ini kang Wijar silaturahmi ke kantor saya. Beliau adalah master TCI motuba.

Kebetulan juga ada mas andang yang mau grounding mesin mobilnya.

Ndilalah tadi mekanik jovan kok bilang bahwa delco jovan rusak dan harganya katanya kisaran 450.000. Ya sudah ini kang wijar saya ajak kerumah nanti untuk ganti TCI ke jovan. Juga grounding sekalian. Semoga nanti bisa sembuh.

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Jovan ganti oli gardan dan transmisi yg kedua

image

Hari ini saya sengaja sudah indent ke bengkel yundex untuk ganti oli gardan dan transmisi serta cek mesin yang kemarin ndal ndul tidak bisa lari. Ternyata busi mati satu.

Sepertinya oli gardan dan transmisi sudah keterlaluan telatnya. Oli gardan sudah berwarna hitam kelam seperti lumpur. Oli transmisi berwarna kemerahan.

Aturannya adalah 4 kali ganti oli mesin maka oli gardan dan transmisi juga harus diganti bareng. Sekalian juga filter oli mesin.

Semoga motuba jovan ini bisa sehat waras wiris setelah di servis dan ganti oli. Biar besok lebaran tanpa masalah macet dll.

Yang punya motuba selayaknya sebelum lebaran sebaiknya diservis.

image

image

image

image

image

image

image

Tambal ban tubeless limolas ewu

image

Pagi ini berangkat ngantor mampir dulu ke tukang tambal ban tubeless di jalan wonosari. Tepat setelah pom bensin kiri jalan setelah perempatan kidfuns. Sebelum jembatan pasar wage.

Sebenarnya mudah banget nambalnya. Tidak sampai 15 menit sudah selesai.

Terakhir tambalan di cek pakai air sabun yang dioleskan pakai gabus.

Dah rampung dan bayar 15.000

Tetap harus sedia ban cadangan yang sehat agar siap kalau ban bocor.

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Akhirnya ban cadangan jovan terpakai juga

image

Tanggal 21 juni 2014 saya beli ban baru achiles untuk ban cadangan jovan. Akhirnya ban cadangan tersebut terpakai juga pada tanggal 1 Juli 2014 saat saya sampai di kantor dan melihat ban depan sebelah kiri kok agak kempes.

Rupanya ada sebuah paku yang menancap. Dan setelah saya congkel ternyata paku ulir. Saat paku ini tertancap di ban, angin masih aman tidak bocor keluar dengan deras. Tetapi begitu saya cabut langsung nge joss anginya keluar.

Ini juga pertama kalinya saya pakai dongkrak buaya yang juga baru beberapa waktu yang lalu saya beli. Tetapi ternyata tuas dongkrak buaya ini mentok bember depan saat dipakai untuk mengungkit dongkrak.

Ini juga pertama kalinya saya memakai kunci palang yang saya beli bersamaan dengan saat beli ban dulu.

Jangan lupa prosedur mengganti ban. Pastikan handrem diaktifkan. Atau yakinkan dengan menganjal roda yang tidak diganti dengan ganjal batu. Ini agar mobil tidak jalan dan bisa membahayakan kita saat mendongkrak.
Lalu kendorkan dulu sekrup ban sebelum didongkrak. Biar ban masih diam tidak muter saat dikendorkan bautnya.
Setelah itu baru di dongkrak dan ganti ban lalu kencangkan sekrup secara seimbang. Lalu bebaskan dongkrak dan kencangkan lagi sekrupnya.
Selesai.

Ban cadangan ini baru 100% dan jangan lupa untuk selalu bawa ban cadangan yang sehat saat kita memakai mobil. Daripada repot di jalan saat bocor.

image

image

image

image

Bikin pegangan AKI untuk Jovan

image

Sejak serah terima, jovan ini memang tidak ada pegangan AKI. Sehingga aki bisa goyang goyang. Kemarin cuma saya ganjel bekas sandal. Tapi tetap saja bisa goyang goyang. Sebenarnya bahaya juga.

Akhirnya baru kesampaian hari ini saya bikinkan pegangan aki di SETIA BUDI LAS, bengkel las saudara saya yang cuma 700 meter selatan rumah saya.

Makin aman deh AKI anti goyang.

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Ganti karet engine mounting jovan yang ketiga

image

image

Ternyata saat melepas kopling dan mesin bergetar tidak mau maju maju karena faktor karet engine mounting yang berjumlah dua buah di kiri dan kanan mesin ke body telah aus, pecah atau malah cuil.

Kemarin saya beli di PRABU MOTOR, dapatnya punya mazda 808 atau MR. Yang penting cocok. Harganya 45.000.

Hari ini saya pasang di bengkel langganan saya yaitu Bengkel Yundex di Tiwir Kidul, Sumbersari, Moyudan.

Ternyata keduanya sudah rusak, padahal saya cuma beli satu. Akhirnya nyari nyari bekas ada nemu satu dan dipasang bisa. Tapi ternyata agak tinggi sehingga kipas kena casing pengaman. Casingnya digerinda pada lubang sekrup sehingga bisa naik. Dan ada satu kipas yg dipotong dikit karena memang panjangnya beda.

Lumayan boros juga nih karet engine mounting.

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Kompresor AC jovan kemusus

image

Sudah prepare ban cadangan mau ke Kaliangkrik

Sabtu tanggal 21 Juni 2014 saya beli ban cadangan untuk jovan karena mau saya pakai untuj jemput ibu pulang umrah dan minggunya untuk ke Kaliangkrik Magelang dalam rangka resepsi pernikahan adik saya.

Jam 13:50 saya berangkat dari rumah via Godean lanjut ringroad barat-utara-timur lalu belok kiri jalan solo ke Bandara. Jovan terasa berat banget tarikan mesinnya saat di ringroad saya hidupkan AC nya. Masih ketambahan jalan macet di Jombor dan jembatan dekat RUMAH SAKIT JIH. Penunjuk suhu sampai ke tengah.

Sebelum bangjo bandara, jalanan macet lagi. Akhirnya adik dan ibu sudah mendarat dan saat saya tiba di bagian parkiran, adik dan ibu sudah menunggu.

Lalu kami pulang via janti keselatan. Fan AC saya setel maksimal biar udara nyemprotnya kencang. Turunan jembatan layang janti keselatan kok saya lihat ada asap tipis di atas kap mesin bagian kanan diatas aki. Saya langsung pelan dan minggirkan jovan diujung jembatan layang sisi selatan. Buka kap mesin dan terlihat ada asap dari kompresor AC. lalu saya telp bengkel langganan saya yaitu mas Yundex. Beliau bilang itu kompresor yang terbakar mungkin spullnya. Jadi AC jangan dihidupkan dan jovan bisa dipakai biasa. Oke deh akhirnya kita lanjut jalan tanpa AC.

Sore harinya langsung saya bawa ke bengkel AC langganan di tetangga dusun yaitu pak Mukidi di dusun Menulis Sumbersari. Saat di cek memang ada komponen yang kendor yang ada di depan kompresor.

Senin 23 Juni 2014 jovan akhirnya servis AC dan saya tinggal, siang hari saya sudah di SMS bahwa AC jovan sudah selesai. Saat saya tanya biayanya, pak mukidi belum mau jawab.

image

image

Sesaat setelah ada asap tipis

image

Mulai dibongkar pak Mukidi

image

image

image

Ganti olie mesin yang ketiga si Jovan

image

Terakhir jovan ganti oli seingat saya saat bulan puasa tahun 2013 yang lalu. Jadi sudah 10 bulan.

Kata bengkel langganan saya yaitu mas Yundex, olinya memang sudah jelek. Lalu saya tanya tiap berapa KM sih ganti olie mesin. Dan dijawab tiap 5000 km.

Servis dan ganti olie habis 200.000 juga nambah membersihkan kampas rem belakang dan setel handrem.

Motuba sehat itu harus.

image

image

Balada tutup oli mesin Jovan

image

image

Saya sabtu sore tanggal 17 Mei 2014, jam 14:00 mau kondangan ke Pandak Bantul.

Seperti biasa Jovan saya cek air radiator dan oli. Lho olinya kok susut. Ya sudah tak tambahin. Ehhhh tapai ternyata saya lupa nutup lubang olinya. Jadi ilang deh tutupnya pas saya bawa jalan, entah jatuh dimana. Padahal PP ada lho 50 km. Tanpa tutup olie mesin, dan mesin hidup jalan jalan 50 km. Ya lumayan muncrat muncrat di kap mesin.

Paginya hari senin saat saya mau antar anak ke sekolah, baru saya tahu kalau tutup olinya gak ada. Moga saja gak ada tikus masuk ke mesin Jovan.

Kemudian saat berangkat ngantor saya beli di toko langganan di selatan perempatan ringroad jalan bantul.

Saya sudah tanya bengkel langganan, katanya mungkin sama dengan punya carry extra 90 keatas.

Biar yakin maka lubang oli mesin saya Mal pakai kertas, lalu saya lubangi. Jadi nanti tutup olie mesin harus pas di lubang kertas. Untung ada juga nih tutup olie mesin. Harga 25.000. Kemasan sudah jelek, lawas, maklum hanya orang lupa kayak saya saja kan yang sampe kehilangan tutup olie mesin.

image

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.370 pengikut lainnya.