Akhirnya ikut antri Premium di SPBU TERBAN JOGJA

image

image

Akhirnya saya tadi pagi jam 9:20 mulai start ikut antri bensin setelah ambil servisan laptop lenovo di harrisma. Saya antri di POM TERBAN, sebelah selatan harrisma.

Oh iya tadi jalan C SIMANJUTAK ini ternyata searah sekarang, hanya keselatan. Jadi tadi saya dari barat kudu lewat Cik Di Tiro baru kemudian belok kiri bunderan UGM menuju arah barat lalu belok kiri di depan MIROTA KAMPUS menuju selatan ke harrisma.

Oleh mas conter CS harrisma saya diberitahu bahwa pom terban ada 4 pompa/selang untuk premium motor, jadi bisa lancar dan cepat. Dan terbukti saya antri 40 menitan sudah dapat giliran. Saya antri di kiri. Tadi antrinya motor dari arah utara pom terban, jejer dua dua.

Untunglah boleh full tank, dan tadi si BLACK COYOTE, pulsar saya bisa minum Rp. 71.000 alias hampir 11 liter. Dengan kapasitas tangki 18 liter (katanya sih) maka dengan estimasi per liter bisa ngaspal 35 km maka paling tidak saya bisa ngaspal 600 km kedepannya. Harga premium masih Rp. 6.500 per liter.

Tadi pagi saya lewati 3 pom bensin antrinya luar biasa semua. Bahkan kabar dari teman via bbm bahwa sore ini juga masih meriah antrinya.

Dikabari mas FUAD APA SUSAH pelawak jogja yang kebetulan adik kelas sma saya, bahwa di pom candi mas sedayu bisa selo jam 01:00-04:00

image

image

image

Saya memang butuh bbm untuk ngantor di gunungkidul yang jaraknya 80 km PP. Jadi sehari minimal 2 liter bensin saya habiskan. Naik sepeda onthel ya gak bisa karena jalan nanjak dari 100 dpl menuju 500 dpl. Nuntun coy.

image

image

image

image

image

image

image

image

About these ads

belanja TOOLS untuk JOVAN

image

Hari ini saya ditemani om aziz untuk belanja tools guna melengkapi motuba saya yaitu si vantrend Jovan. Saya mengajak om aziz karena beliau tahu benar tentang apa saja kebutuhan minimal tools penting yang harus dimiliki sebuah mobil, sehingga jika terjadi kerusakan kerusakan bisa mengatasi sendiri dengan tools tersebut yang kita bawa di mobil kita.

Jadi pembelian tools ini dirancang agar efisien namun lengkap, dengan dana kurang lebih Rp. 600.000. Saya pribadi tentu tidak akan bisa melakukan hal tersebut tanpa bantuan om aziz.

Semua harga saya potret ada di foto foto dibawah ini. Mungkin jika ada yang mau beli alat alat kunci (tools) minimalis tapi lengkap untuk mobilnya, maka bisa meniru apa yang saya beli.

Tidak lupa saya beli kotak wadah tools yang saya tebus Rp. 110.000 di toko KAWAN LAMA. Ini terinspirasi dari sedulur sedulur VJC yang lengkap tools nya, antara lain om Romadhon, om Jepri, om Bondan dan om Cecep.

Punya motuba harus disayang dan dirawat, untuk itu alat alatnya harus lengkap.

Semoga berguna.

*ada berapa mobil MAZDA di postingan saya ini?

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Jovan ganti filter bensin

image

Masih cerita soal JOVAN, mobil tua bangka saya yang keren punya. Hari rabo kemarin saya pulang dari kantor jam 6, jovan normal. Lalu terasa aneh di bangjo WIYORO jalan jogja-wonosari, mesin getar hebat dan mati sendiri. Saya sudah berpikir untuk merapat ke rumah om cecep yang tinggal maju 5 menitan ke arah jogja, tapi akhirnya saya nekat belok kiri lewat wiyoro dan jovan mlumpat mlumpat rasanya. Mesin tidak stabil. Tiap gas saya lepas untuk ngerem, jovan mati. Rem kaki jadi tidak berfungsi, gawat juga nih. Tapi masih saya paksakan terus sampai bangjo WOJO yaitu bangjo ringroad paris.

Akhirnya saya putuskan ambil jalur lambat, saya nyerah. Lalu jovan saya bawa di daerah DONGKELAN. Disini rupanya jovan klekek, mati mesinnya. Saya menepi lalu buka kap mesin. Tapi apa daya saya tidak bawa tool. Akhirnya hubungi sedulur VJC via grup WA VJC, dan alhamdulillah langsung direspon oleh om Bondan, om Jepri, om Cecep, lalu datang pula om Rinto dan sedulur koboya yaitu mas Irawan datang pula naik pzoo si Garong.

Ternyata karbu bermasalah. Sama om Bondan sudah di bleyer bleyer di kop pakai tangan. Tapi kotoran tidak mau pergi. Kalau dilihat tampak semprotan bensin tidak stabil. Pertanda ada yang tersumbat. Lalu karbu dibongkar dan disetel pula pelampung dan dibersihkan bagian demi bagian. Akhirnya setelah dipasang, jovan kembali sehat.

Kami lalu konvoi berempat membeli bakmi dan magelangan di jalan paris. Utara kampus ISI. Setelah usai makan maka kami pulang ke rumah masing masing.

Hari ini saya putuskan beli FILTER BENSIN, karena sejak saya beli belum pernah ganti. Mungkin saja filternya sudah jebol sehingga kotoran bisa masuk sampai karburator dan akhirnya bikin mampet.

Saya sambangi toko toko di gedongkunibg ternyata sudah tutup semua, lalu saya spekulasi lewat Prabu Motor, dan ternyata masih buka, saya harus balik kanan pulsar saya menuju prabu motor. Ternyata saya adalah konsumen terakhir hari ini. Usai saya beli langsung ditutup tokonya. Untunglah saya tidak terlambat.

Habis maghrib, istri ngajak nengok kakak yang baru melahirkan. Saya bawa jovan, eh saat parkir dirumah mertua, kok jovan kumat lagi karbunya. Setelah saya bleyer bleyer gasnya, alhamdulillah bisa normal lagi.

Akhinya malam malam jam 21 saya ganti filter bensin jovan. Saya harap masalah karbu kotor bisa teratasi dengan filter bensin yang baru ini.

Filternya sih kata penjualnya, untuk honda prestige atau maestro, sekilas saya lihat bentuknya sama. Yang penting ada input dan ourput. Akhirnya saya tebus Rp. 25.000

Tadi sudah saya coba hidupkan langsung mau hidup. Semoga masalah teratasi. Besok programnya servis khusus karbu.

Terimakasih untuk sedulur VJC dan koboys.

image

image

image

image

image

image

image

image

Punya VT bonus sedulur saklawase

image

image

image

image

Hari ini sedulur sedulur VJC, mengevakuasi vt om Ainul Rofiq Rose di Butuh, Kutoarjo karena alternator mati.
Sementara pakai accu vtnya om Romadhon bisa dibawa evakuasi sampai markas om Bondan. Dan akhirnya dibawakan oleh om CECEP alternator sehat dan dipasang oleh om Bondan bisa normal kembali. Tidak ketinggalan tadi om Romadhon nghurah radiatornya sekalian karena tampak sudah kotor banyak endapan.

Inilah salah satu yang bakal didapatkan ketika punya vt dan gabung di komunitas vt, kalau di jogja gabung ke VJC. Insya Allah jika ada kendala kendala yang tidak bisa diatas saat diperjalanan maka akan dibantu evakuasi dan perbaikan oleh sedulur sedulur VJC.

Saya sendiri pernah bocor selang radiator dan langsung disamperin om cecep. Tiada hal yang lebih melegakan jika disaat mobil kita mogok dijalan, ada sedulur sedulur yang siap sedia membantu memberikan pertolongan.

image

image

image

image

image

image

Sentuhan ajaib kang ARIF WIJAR TCI di JOVAN membuat sehat dan bertenaga

image

image

Jovan kemarin error, mesin kerasa ndal ndul jalannya, sepertinya kurang pasokan bensin. Tetapi oleh mekanik langganan saya walau sudah dibongkar karbunya, tapi belum juga sembuh. Akhirnya jovan saya tinggal di bengkel.

Untunglah ketemu kang ARIF WIJAR TCI sang penomenal di grup fb MOTUBA yang bikin TCI yaitu rangkaian CDI untuk mobil dan motor. Kang arif mampie ke kantor saya. Lalu sorenya saya minta ke bengkel untuk coba perbaiki jovan. Karena kang arif bawa TCI dan koil sehingga bisa di coba coba mana yang bermasalah.

Ternyata memang koil sudah agak lemah peecikan apinya. Kentara karena kelihatan merah warna kilatannya, yang masih sehat warnanya kebiruan. Oke deh koil saya beli dan ganti. Yang lama bisa utk cadangan jika darurat.

Lalu beralih di karbu. Ternyata ketahuan kabel di ujung selenoid kondisinya sudah hampir putus, sehingga koneksi kurang sempurnya. Mungkin inilah yang menyebabkan kemarin kadang jovan normal, kadang sakit.

Saya juga minta jovan di grounding mesinnya. Grounding ini penting agar arus negatif lancar mengalir. Grounding dilakukn dibeberapa titik. Kata kang arif, grounding itu ibarat pondasi rumah.

Datang sedulur motuba om Aziz tapai pakai bandit 400cc. Saya langsung coba sampai Godean pulang balik. Mantabh.

Lalu datang juga sedulur motuba yang rumahnya di Pasekan.

Jam 22 semua pekerjaan di jovan selesai. Dan semuanya habis 350.000. Alhamdulillah jovan kerasa banget sehatnya. Kemarin sudah saya coba sampai Magelang.

Thank you kang Arif Wijar.

image

image

image

image

image

image

image

image

Kopdar dengan kang Arif Wijar TCI MOTUBA

image

image

Hari ini kang Wijar silaturahmi ke kantor saya. Beliau adalah master TCI motuba.

Kebetulan juga ada mas andang yang mau grounding mesin mobilnya.

Ndilalah tadi mekanik jovan kok bilang bahwa delco jovan rusak dan harganya katanya kisaran 450.000. Ya sudah ini kang wijar saya ajak kerumah nanti untuk ganti TCI ke jovan. Juga grounding sekalian. Semoga nanti bisa sembuh.

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Jovan ganti oli gardan dan transmisi yg kedua

image

Hari ini saya sengaja sudah indent ke bengkel yundex untuk ganti oli gardan dan transmisi serta cek mesin yang kemarin ndal ndul tidak bisa lari. Ternyata busi mati satu.

Sepertinya oli gardan dan transmisi sudah keterlaluan telatnya. Oli gardan sudah berwarna hitam kelam seperti lumpur. Oli transmisi berwarna kemerahan.

Aturannya adalah 4 kali ganti oli mesin maka oli gardan dan transmisi juga harus diganti bareng. Sekalian juga filter oli mesin.

Semoga motuba jovan ini bisa sehat waras wiris setelah di servis dan ganti oli. Biar besok lebaran tanpa masalah macet dll.

Yang punya motuba selayaknya sebelum lebaran sebaiknya diservis.

image

image

image

image

image

image

image

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.398 pengikut lainnya.