Manfaat Puasa Daud


Sejak akhir November 2008 saya kuatkan niat, tetapkan hati, dan mulai laksanakan dengan penuh perjuangan untuk mencoba belajar berpuasa Daud, yaitu sehari puasa, sehari berbuka. Istilah saya adalah puasa Digital, bergantian ON dan OFF secara kontinyu.

Saya katakan baru BELAJAR, karena memang ada bolong-bolongnya juga, tapi tetap saya niati dan saya hitung dari awal saya puasa dan terus berlanjut hitungan puasanya, jadi saat bulan november 2008 saya mulai pas tanggal genab, maka saat tanggal genab saya puasa terus, meskipun kadang ada bolongnya, tapi saat melanjutkan lagi saya lanjutkan pas tanggal genab juga. Memasuki bulan Januari 2009, puasa Daud saya pas saat tanggal ganjil, begitu seterusnya, karena jumlah hari tidak sama tiap bulannya.

Lalu manfaat apa yang bisa saya rasakan dari puasa Daud.

Pertama dari segi kesehatan, pencernaan saya menjadi sehat tanpa saya obati. Sebelum saya puasa Daud, pencernaan saya benar-benar tidak sehat, saya yakin karena ini pola makan yang kurang teratur, apalagi pekerjaan saya yang rutin shift malam, menuntut saya harus makan pada malam hari kisaran jam 23 malam keatas, dan yang paling mudah adalah membuat mie instans, dan itu benar-benar bukan makanan yang baik menurut saya. Kualiatas buang air besar saya menjadi jelek, sering mencret, sakit perut, sering buang air besar tidak teratur. Setelah puasa Daud, Alhamdulillah pencernaan menjadi sehat, buang air besar menjadi teratur dan kualitas buang air besarnya membaik, alias tidak mencret, bahkan maaf, kentutpun menjadi lega dan .

Kedua, masih dari segi kesehatan lagi, wajah saya memang berminyak, dan semenjak puasa Daud, hal ini berkurang banyak sekali.

Ketiga, dari segi spiritual, saya benar-benar merasa lebih dekat dengan Allah, merasa aman dan tenteram, pikiran lebih jernih dan kelakuan baik itu fisik maupun rohani lebih terjaga.

Keempat, pengalaman supranatural, bahwa saya sendiri heran, kemarin kok bisa pas mengira-ira rangking raport anak pertama saya, yaitu rangking 20 dari 40 siswa, jangan salah meskipun rangking 20 tapi nilainya tinggi juga, maklum sekolah di SD unggulan yang rata-rata siswanya di LES kan lagi oleh orang tuanya, sedangkan anak saya saat ini hanya les Sempoa saja.

Hampir lupa, perut saya menjadi langsing, tidak gendut, menjadi proporsional, padahal dulu saya saat rutin olah raga voli saja, perut saya masih kelihatan agak gendut.

Sampai saat ini baru inilah HASIL yang saya rasakan dari menjalankan puasa Daud, dan saya masih menantikan hasil lainnya yang saya yakin pasti akan ada.

Kalau dihitung-hitung memang saat tidak puasa, kebanyakan dari kita tentu terlalu berlebihan dalam makan, yang sebenarnya hanya menuruti keinginan nikmatnya lidah, bukan kebutuhan tubuh kita, dan jeleknya lagi kalau makanan yang kita makan memang tidak baik dari segi kesehatan. Saat ini saya juga menghindari makan Ayam potong, dan Telur dari ayam petelur. Dengan puasa Daud, minimal organ pencernaan dan organ lainnya yang terkait akan istirahat, atau minimal bekerja lebih ringan, sehingga beban kerjanya tidak berat.

Saya selalu yakin akan sabda Rasulullah “Berpuasalah, maka kamu akan sehat”

Anda tertarik puasa Daud? Silahkan dicoba saja, mungkin awalnya seperti saya, yaitu bolong-bolong menurut saya tidak mengapa, karena bagaimanapun bahwa lebih baik puasa bolong-bolong dari pada tidak sama sekali.

Puasa itu benar-benar pribadi, urusannya hanya kita dan Allah saja yang benar-benar tahu.

Tentang iklan-iklan ini

241 Tanggapan

  1. mas artikel mas sangat menyentuh perasaan saya apalagi saat ini saya sedang menderita sakit gula yang tidak mungkin sembuh, aq dulu pernah coba puasa senen kemis sebelum ketahuan ada sakit gula, di akhir hidup ku ini mungkin lebih baik aku coba puasa daud (niatnya seperti apa ya mas?), sekarang aq rasanya hampir putus asa menghadapi penyakitku ini sampai semua tentang penyakit ini aq googling dan aq copy ke blog aq, untuk menyenangkan hati sendiri dan mungkin juga bisa dikunjungi orang sependeritaan. jawabnya mas untuk semangat aq.

    • paka sukadi… dimulai lillahi ta’ala aja… masalah manfaat dan kesehatan alllah yang nentuin
      alhamdulillah saya juga merasakan apa yang mas hadiyanta rasakan, masalah pencernaan jadi terasa lebih baik

    • benar pak, dengan puasa daud insya allah akan lebih kuat dan sehat
      saya sendiri merasakan, apalagi hati dan pikiran kita serasa lebih dekat dengan allah.
      insya allah

  2. Buat Pak Sukadi
    Tetap semangat pak!
    Untuk puasa Daud, kalau saya pribadi niatnya pertama untuk Ibadah rohani, ini jelas, dan yang kedua untuk KESEHATAN, ini adalah efek samping yang menyenagkan.
    Untuk tujuan pertama, hanya saya sendiri yang mengetahui seberapa kualitas puasa saya, kadang saya hanya baru mampu sebatas menahan lapar dan haus, dalam artian penguasaan nafsu, misal masih sering marah-marah dll, kalau sudah seperti ini maka minimal tujuan yang kedua yaitu KESEHATAN saja yang tentu saya dapat. Lumayanlah.
    Sejatinya kalau kita tidak puasa, nafsu untuk makan apa saja itu begitu besar, padahal tubuh kita mungkin tidak begitu memerlukannya.
    Saat ini saya memang sudah bisa rutin puasa Daud, saya menghitung hari puasa dan tidak puasanya patokkannya dari Awal saya pertama kali puasa, dan saya selalu mencatat di Laptop saya pakai excel, kapan saya puasa kapan tidak, kapan batal, dan batal karena hal apa.
    Saya bisa merasakan nikmatnya makanan dan minuman tiap buka puasa. Orang lain mungkin hanya merasakannya saat Bulan Ramadhan saja.
    Saya juga tidak MEROKOK.
    Jadi Pak Sukadi saya sarankan coba dulu saja untuk puasa Daud, untuk bulan pertama mungkin sebaiknya tidak perlu memberi tahu orang jika sedang puasa Daud, nanti setelah mantab dan menjadi biasa, maka bolehlah memberi tahu orang lain jika pak Sukadi rutin puasa Daud.
    Kadang bagi saya pribadi yang membikin semangat adalah, saya malu jika saya berhenti puasa Daud.
    Nikmatnya hidup saat makan “hanya” sebagai sarana untuk beribadah, bukan makan sebagai tujuan hidup.

    • Asalamualaikum saudara/Pak Hadi,nama saya Mohd Yassin Ibrahim, dari Melaka, Malaysia.Apabila saya mbuka blog pak hadi saya begitu trtarik dan suka mbaca dan semua komen, pglaman dan keyajaan, keberhasilan para pencinta blog puasa Daud. Ya, selain diberi ganjaran pahla dari Allah s.w.t kita juga diberi kejayaan dan penyelesaian masalah ekonomi, pelajaran,pekerjaan, kekeluargaan, kesehatan dll. Apa yg saya ingin cadangkan kpd. Pak Hadi kalau bisa diberi peluang kpd. pengamal-pengamal puasa Daud yang telah lama berpuasa cthnya puasanya selama1,2,3,4, 5 tahun dan seterusnya diminta tampil mberi rahsianya, galakan dan semangat kpd. kita semua agar terus dan sering berpuasa jangan ditinggalin utk. mendapat keredhohan drp. Allah s.w.t. Tidak salah kalau diceritakan kejayaan bisnisnya,kesusahan hidup, kejayaan pelajaran, pekerjaan dan penyembuhan penyakit.(Bukan utk. riak/takbur) cuma kita brkongsi pengalaman dan manfaat puasa Daud.

    • Alhamdulillah, ternyata pecinta puasa daud banyak sekali sy bersyukur……….karena Allah masih menuntun kt semua semoga istikomah dpt menjalankannya……………Amin………

  3. Pak Hadiyanta…
    InsyaAllah saya juga ingin dan sedang belajar… awalnya memang berat…
    Oleh karena itu saya sering men-google manfaat puasa daud, dan artikel yang Bapak tulis membuat saya semakin bersemangat.
    Saya percaya apapun sunnah rasul tidak ada yang salah… terutama bahwa Puasa itu sehat, selama kita juga memenuhi sunnah untuk melaksanakan sahur dan mempercepat waktu berbuka.
    Jika masih ada pengalaman yang lain mohon untuk di update ya Pak.. sehingga membuat kami yang juga sama-sama belajar Puasa Daud semakin semangat…

  4. @ Rini
    Terimakasih sudah mampir ke blog saya.
    Pengalaman-pengalaman lain mungkin ada tapi belum begitu terasa, yang jelas untuk RINI, silahkan niatkan dan mantabkan hati untuk memulai puasa Daud. Saya sendiri memulainya pas ultah saya yang ke 36, ini saya anggab hebat, karena biasanya ultah untuk makan-makan, tapi saya malah untuk hari pertama dalam hidup saya memulai puasa Daud.
    Silahkan dimulai dan rasakan sendiri manfaat yang akan anda dapat, dan besok mampir lagi ke blog saya untuk menyampaikan pengalaman anda.
    Smangat!

    • saya juga lagi mencoba nabi daud, dan saat sy melaksanakan puasa kdg cobaan nya kaya berat bkn soal makanan dan minuman tp soal maslaah2 hdp yang kdg memancing buat menangis dan marah dan kecewa

  5. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    pak Hadiyanta, alhamdulillah, saya sangat bersyukur bertemu dengan web ini, setelah hampir satu bulan saya berpuasa daud.

    tadinya saya niatkan puasa ini karena saya pernah mendengar kalau ada seorang yang sudah ingin sekali menikah tapi belum mampu maka disarankan untuk berpuasa supaya bisa mengendalikan diri (wanita kan suka sensitif untuk masalah pernikahan).

    dan setelah saya membaca tulisan bapak, saya jadi punya harapan baik kalau manfaatnya bisa lebih dari mengendalikan diri. ya walaupun puasa daud yang saya kerjakan pasti berbolong karena saya seorang wanita.

    saya ada pertanyaan, pak. apa yang sebaiknya kita lakukan ketika di suatu hari sedang jadwalnya berpuasa, namun di hari itu sedang ada undangan (misal syukuran pernikahan, syukuran khitanan, arisan, dll) yang pasti ada acara makan2nya di siang hari? apakah kita tetap berpuasa atau membolongkan hari itu untuk menghormati sang empunya hajat?

    terima kasih sebelumnya untuk jawaban bapak :)

    wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  6. @ Rani
    Alhamdulillah, selamat datang di wilayah PUASA DAUD mbak Rani, saya yakin anda telah menemukan kebaikan-kebaikan yang terkandung dalam puasa Daud.
    Mengenai jika ada hajatan, dll, saya pribadi kadang ya sengaja membatalkan, tapi kadang saya juga terus saja, tetapi menghormati tuan rumah yang punya hajat saya yakin itu juga perbuatan mulia.
    Sebagi contoh sekarang ini bulan yang sibuk bagi saya karena adik kandung menikah, maka saya terpaksa sering bolong puasa DAUD, tetapi Insya Allah setelah hajatan usai, maka saya niatkan kembali untuk puasa Daud lebih baik lagi.

  7. Puasa daud adalah puasa orang yg benar benar dan sungguh sungguh memiliki cita cita yang besar. Teringat keika Nabi daud menjadi orang yg memiliki kerajaan yg besar hingga diwariskannya ke sulaiman. Yah… Cobalah untuk mendekatkan diri dg ini kpd Allah. Mari berlomba dlm kebaikan

  8. Alhamdulillah…saya usia 20 tahun,sudah 8 bulan bisa berpuasa daud. dan itupun kontinue. Tapi saya masih belum bisa untuk berpuasa tidak merokok. Bisakah beri solusi ke saya. kalo malam hari atau hari waktu saya tidak puasa, kebiasaan merokok pasti kambuh. tapi waktu puasa saya bisa menahan? gimana pak?

    • kita ini umatnya rosullulloh… apa yg di perbuat rosullulloh kita contoh… pernah menemukan hadist nya ga bahwa rosullulloh merokok…? klo blm prnh ya ikuti aja…

      • rasulullah selalu memperhatikan penampilan terutama wewangian baju dan tubuh beliau.

  9. @ Sallith
    Coba saja hitung berapa uang yang harus Sallith belanjakan untuk merokok selama sebulan, wah tenyata banyak bukan mungkin kisaran 200-300ribu. Coba sekarang tanamkan dalam pikiran dan perasaan Sallith betapa akan lebih bermanfaat uang sebegitu banyak jika bisa Sallith alihkan untuk membiayai kegitan/hobby/ditabung. Kalau saya pribadi saya membelanjakan uang untuk internet dan telepon paling tidak Rp. 200ribu sebulan.

  10. Bagaimana caranya menjalankan puasa Daud agar terasa lebih ringan, niatnya apa

    • Niatkan dg keikhlasan,,karna mengharapkan keridhoan dari Alloh,,
      Punya kesungguhan yg kuat utk mlaksanakan puasa daud
      Lebih baiknya kalau pengin ringan sebelumnya udah pernah terbiasa puasa senin-kamis
      Awali semuanya dg meninggalkan kebiasaan buruk disaat sedang menjalankan puasa daud
      yg jelas saur di akhir sepertiga malam,,,
      klo awalnya emang berat tapi klo udah terbiasa malah sebaliknya berat utk meninggalkan puasa daudnya ,,,slamat mencoba
      Dan ingat sebaik-baik puasa adalah puasa nabi daud,,,tidak ada puasa sebaik itu ,,dan Alhamdulillah sy udah merasakan manfaatnya dari mulai pertama sy awal pertama kali puasa 2001,pas masih di “pondok modern darussalam gontor “”Alhmdulillah berjalan satu tahun,..hingga akhirnya sy mulai lagi 2007 sampai skrang Alhmdulillah lancar2 aja,,dan manfaatnya banyak banget yg pernah saya rasakan Alhamdulillah setiap kali di minta utk nyembuhin orang slalu sukses,,banyak orang yg senang kepada saya..Alhmdulillah penyakit yg pernah sy derita bertaun-taun akhirnya secara perlahan-lahan sembuh dg izin Alloh swt,dan yg terpenting masalah ibadah lebih giat dan slalu ingin dekat dg Alloh
      Makin hari dalam menjalani puasa daud banyak hikmah yg saya rasakan,,..Makasih moga pengalaman ini bisa menjadikan kita punya niatan yg kuat utk berpuasa dg niat semata-mata karna mengharapkan ridho Alloh ,,..kalau Alloh udah Ridho kepada kita apapun masalah atasu kebutuhan kita dalam hidup insyAlloh akan slalu di mudahkandan di lapangkan oleh Alloh,,dan slalu terjaga dari perbuatan2 yg terkeji,,..amieenn cukup segini dulu kapan2 saya akan berbagi-bagi pengalaman saya,..mohon doanya karna saya lagi dalam menghadapi ujian akhir semester moga sukses selalu amiennn

  11. @ Ita
    ringan atau berat relatif, kalau dirata-rata sih memang berat puasa itu, tapi akan ringan jika sudah menjadi kebiasaan, untuk dua minggu pertama mungkin akan berat, tapi sesudahnya Inysa Allah akan terasa nikmat.
    Niatnya ya mencari ridho Allah saja, bisa dapat dunia dan akherat, dunia yaitu nikmat sehat, karena dengan puasa teratur akan terasa sekali badan menjadi sehat, nikmat akherat Insya Allah besok akan kita dapat.

  12. Thanks for sharing ur experiences ketika menjalani puasa dawud. Pernah menjalani dan merasakan manfaatnya..dan kini belajar untuk mengawalinya. Salam..

  13. Salam kenal pak Hadiyanta,
    Semoga Allah selalu dan selalu melimpahkan rahmat, nikmatnya iman dan islam kepada kita semua.
    Sekedar sharing Pak Hadiyanta, saya pernah puasa daud 3 tahun lamanya, tanpa henti, dan hanya berhenti pada saat hari diharamkan puasa. dan alhamdulillah hasilnya luar biasa dari sisi kesehatan dan ruhani.
    Awalnya memang berat, tapi begitu melampauinya jadi terasa ringan, godaannya cuman pas ada acara makan2, awalnya tidak terbiasa untuk menolak ajakan, tapi lama2 mereka udah tahu dan hormat dengan puasa yang kita jalanin.
    Kalo untuk urusan kesehatan, perut yang gendut bisa kempis dalam hitungan dibawah 1 bulan. badan terasa ringan, segar dan enak kalo dibuat ibadah.
    Kalo untuk urusan “yang aneh-aneh” akan muncul dengan sendirinya, seperti firasat akan mengetahui apa yang dipikirkan oleh lawan bicara de es be….
    TAPI sekedar saran buat temen2 yang mau jalanin puasa daud, jangan kepikiran yang aneh2 tadi… cukup mencari ridho Allah, Ilaahi Anta Maksudi, Waridhooka matlubi, a’tini mahabbataka, wa ma’rifataka…
    Selamat berpuasa Daud

    • assalammualaikum wrwb pak,saya mau bertanya bolehkah puasa nabi daud kadang-kadang?sebab saya punya suami tugas keliling dunia,kl saya lagi sendiri bisa melakukan puasa daud tapi kalau suami saya datang atau saya bertemu suami saya,paling saya hanya bisa melakukan puasa senen kamis,bagaimana menurut bpk?untuk sekarang saya sedan puasa daud…

      • puasa sunah dikerjakan bagus, tidak kerjakan tidak berdosa. Saya sendiri sering putus ditengah jalan saat puasa daud, karena ada kondisi tertentu yang membuat puasa daud saya harus batal, tapi saya teruskan lagi di lain hari sesua jadwal, sehari puasa, sehari tidak.

      • puasa Daud sunnah, memenuhi ‘panggilan’ dari suami/istri adalah wajib. puasa ibadah munfarid, berjima ibadah jama’i, utamakan ibadah jama’i. wallahua’alam bishowab. Hanya Allah yg tahu jawaban yg paling tepat..
        .

  14. @ Firman
    Terimakasih sharingnya, betul niatan hanya satu untuk ibadah saja. Perkara nanti sehat, Inysa Allah itu pasti. Dan logikanya jika kita dekat dengan Allah, maka Insya Allah akan menjadi lebih mudah semua hal. Kalau mau kolusi, maka kolusilah hanya dengan Allah.

  15. saya mau nyyoba tapi sy masih sering berbuat maksiat

  16. @ Syarif.
    ah yang penting dicoba dulu mas, nanti seiring waktu Insya Allah akan menjadi lebih baik.

  17. Assalammualaikum Pak,

    Boleh kah kita berpuasa Nabi Daud dgn niat untuk orang lain?seperti kita puasa dgn niat agar Allah dpt memberi hidayah untuk org yg kita sayang??bagaimana kalo puasanya hanya 2 bulan??

    wassalam
    Dini

    • kalau logika saya, kita puasa untuk mendekatkan diri kepada Allah, dan logikanya kalau kita dekat maka yang kita minta Insya Allah akan lebih diperhatikan, coba pikir kalau ada orang asing, tau-tau langsung minta sesuatu yang besar nilainy abagi kita, apa kita mau memberikannya.

  18. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Salam kenal pak Hadiyanta,
    Semoga Allah melimpahkan baroqahNya pada bapak & Allah senantiasa melimpahkan Rahman & Rahim Nya serta nikmatnya iman dan islam kepada kita semua.
    Sekedar sharing Pak Hadiyanta, saya Alhamdulillah juga sedang membulatkan niat untuk ber-Puasa Daud 3 Ramadlan kedepan [kepinginnya seterusnya insya Allah] & alhamdullilah 1putaran ramadlan hampir terlampaui. Pada awal memang inilah hidayah yang Insya Allah berikan lewat suatu malam di 10 dari terakhir menanti Lailatul Qodar. Sejak saat itu saya kumpulkan sekuat energi untuk membulatkan niat berpuasa Daud. Manisnya Ramadlan & Rahman RahimNya serasa tidak inggin saya tinggalkan selapas Ramadlan. Saya bisa rasakan [dan hanya bisa berharap] betapa nikmatnya Allah ambil nyawa ini ketika kita ikhlas mempersembahkan terakhir kehidupan ini lewat ibadah. Pas puasa… pas sholat… pas lisan ini mengucapkan “Laa illaha illaullah, Muhammadur rasullullah” pas Allah ambil ruh ini…. subhanallah… Dan sebenarnya tidak puasanya seorang yg rutin nDaud [tanggal genap pas puasa & tanggal ganjil pas tidak] juga merupakan ibadah, karena ia I’tiba’ sami’na wa athona taat terhadap aturan main yg Allah & Rasul tetapkan untuk puasa tersebut. Maka mulai saat itu justru ketika niat itu sudah cukup bulat saya sampaikan juga [terutama] pada ibu saya dan tak lupa istri & anak saya termasuk beberapa teman; & sungguh luar biasa doa & restu, dukungan & dorongan mereka berikan pada saya… & Alhamdulillah sampai sekarang [1putaran ramadlan] hampir setiap hari suasana kehidupan saya bak menjalani ibadah dalam bulan penuh baroqah tersebut. bagi saya puasa Daud juga merupakan bongkahan kumparam magnet yg luar biasa; semakin besar daya voltage semangat yg saya niatkan semakin besar pula akan menarik aspek kehidupan beribadah kita. Selain nDaud ternyata akan ringan pula ber-Tahajjud tanpa terputus, dapat sholat 5 waktu berjamaah tepat waktu [dalam kondisi apapun], ringan ber-Dhuha & sedekah yang tentunya semua itu Alhamdulillah saya syukuri berpengaruh tidak hanya pada diri pribadi saya namun juga istri, anak, keluarga & lingkungan kita. Seluruh rangkaian ibadah yang tertarik oleh magnet nDaud yang hanya mengharapkan Ridlo, Rahman, RahimNya tersebut berpengaruh setiap saat baik mulai awal minggu bahkan hingga kini masih sangat & begitu terasa semakin kuat. Penyakit [ginjal & liver saya perna mengalami gangguan cukup berarti] sirna begitu saja. Nafsu [amarah, lawan jenis, ghibah, bohong, egois & segala penyakit hati lainnya] kan terkendali. Semangat hidup penuh antusias & Positif. Ikhlas setiap kondisi & Khusnudzan pada segala kehendakNya.
    Maha Suci Engkau; ya Rabb ampuni insan yang dzalim ini…
    Niat kunci awal & utama ibadah…. 1 langkah kita berjalan padaNya… Allah kan [lebih cepat] 1000 langkah berlari pada kita.
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    • Wa’alaikum salam Wr. Wb.

      salam kenal kembali, Alhamdulillah, terimakasih sudah mengunjungi dan sharing di blog saya, semoga makin memberikan semangat kepada orang-orang lain yang membacanya. Amin.

    • Waalaikumsalam wr.wb………
      Apa yang Pak Nauzul sampaikan memang benar adanya,,,,,salam silaturahmi dari saya Rusdy di Manado…..dan salam buat Pak Hadiyanta.

  19. Assalamualaikum Pak Hadiyanta. Kebetulan saya menemukan blog Bapak selagi mencari pengalaman berpuasa Daud. Terimakasih untuk pengalaman teman-teman. Semuanya makin meneguhkan saya p. Daud.

    Efek yang cukup terasa adalah menstruasi saya mulai teratur, sebulan sekali. Sebelum berpuasa, dalam sebulan saya bisa mendapatkan menstruasi sampai dua kali. Lebih dari itu, efek setelah enam bulan menjalankannya, membuat saya enggan menggunjungkan & sombong trhdp orang lain. Ini efek yang luar biasa untuk saya. Dua hal itulah yang sering saya lakukan ketika perut saya kenyang.

    ditunggu pengalaman lainnya, ya. :)

    salam,

    Riri

    • Selamat mbak RIRI, saya harap anda bisa lebih berbagi pengalaman lagi, biar memberi pencerahan dan semangat kepada para pembaca yang lain.

  20. Bapak, brp lama tepatna puasa daud dilaksanakan? Apabila sdg haid, puasa daud d tunda dulu kan? Terakhir, saat ramadhan, kita kan brpuasa juga, brarti puasa daudnya berhenti dulu ya? Dilanjutkan stlh lebaran? Mohon bimbingannya.. Saya sangat2 ingin melaksanakan puasa daud..

    • saya sampai sekarang belum menemukan panduan lengkap car aberpuasa Daud, jadi saya menghitungnya dari HARI PERTAMA puasa daud itu sebagai patokan untuk selang selingnya. Misal mau dimulai hari ini tanggal 21 Juli 2009, maka inilah patokan pertama, jadi puasanya nantin tanggal 21, 23, 25, 27 dst terus saja diurutkan. Kalau pas dapat haid jelas puasanya juga berhenti, neruskannya ya dihitung saja dari patokan pertama tadi, untuk mudahnya mungkin lingkari saja Kalendernya untuk tiga bulan kedepan secara selang seling, jadi misal yang dilingkari yang saatnya puasa, nah nanti kalau mau nyambung puasa tinggal ikutin saja hari terdekat yang dilingkari. ATURAN ini memang hanya saya saja yang membuat, jadi dasarnya hanya bahwa puasa DAUD itu sehari puasa, sehari berbuka. Selamat melaksanakan, dan tunggu saja kejutan hasil dari berpuasa Daud.

      • assalamualaikum wr wb…pak , kalo misalkan puasa dimulai hari senin..berarti dalam satu minggu itu puasanya hari senin, rabu, jum’at, minggu…..yang sya tanyakan apakah hari jum’at boleh berpuasa sunah????mohon bantuannya..wassalamualaikum wr wb

  21. Alhamdulillah bisa bertemu orang yang punya minat sama.

  22. YA ALLOH mulai besuk tanggal 2 oktober 2009,…….insak alloh saya akan mulai puasa daut…..semoga alloh memberi kemudahan amin……..terimnakasih ya pak…….atas infonya ……

  23. pak mau nanya, kalau puasa daud kan longkap sehari, saya udah jalanin 7 bulan ini, alhamdulillah belum pernah bolong, tapi hari ini saya bolong karena saya minum setelah adzan( karena ngga tahu udah adzan atau belum), bisa ngga yah dibayar puasa-nya besok kemudian besoknya dilanjutkan lagi puasa, maksudnya seperti ini, saya kan hari ganjil puasanya, karena hari ini bolong jadi besok tgl 4 oktober saya puasa untuk bayar yang tgl 3 oktober dan tgl 5 oktober saya puasa lagi, mohon pencerahannya, terima kasih.

    • Puasa Daud kan bukan puasa wajib, dan tidak wajib seperti puasa Ramadhan yang wajib puasa di lain waktu atau membayar fidhah, saya kira tidak perlu sampai seperti itu, yang bolong ya biarkan saja, sebenarnya sebabnya juga bukan kesengajaan kan. Maaf sampai saat inipun saya tidak bisa menemukan aturan yang lebih detil tentang puasa Daud, aturannya hanya sehari puasa, sehari berbuka, dan kalau saya pribadi itu saya hitung dari awal saya niat dan mengerjakan puasa daud.

  24. ass wr wb, pak tl doa kan semoga dengan keberkahan dan kemuliaan pusa nabi Daud AS. saya berwasilah semoga ALLOH SWT. menjabah dgn segera hajat ane dan antum sekalian, Allohhuma soli ala sayidina muhammad wa ala ali wa sohbi, walhamdulilahi robil alamin!!! amin2 ya robal alamin! sukron pak ass wr wb

  25. Memasuki tahun ke delapan berpuasa Daud, fisik semakin lemah. Mohon tips supaya tubuh tetap fit. Terima kasih.

    • Bro zenbae, saya dulu begitu. memasuki tahun ke dua istri komplen terus karena badan saya jadi kurus, akhirnya saya ngalah juga karena sy pikir istri punya hak atas diri saya. akhirnya saya rubah jadi puasa senin kamis. saya sedih karena butuh perjuangan utk puasa ini, Akhirnya Allah memberi jalan saat itu saya kerja ikut temen di jakarta sebulan. saya tetep puasa senin kamis. dan hanya hitungan hari tiba2 perut saya buncit dan gemuk, pertama saya tidak suka tetapi istri senang saya jadi gemuk, akhirnya saya lanjut lagi sampai sekarng. dari kecil sampai nikah punya anak dua saya pengin sekali gemuk tapi tidak bisa, dan akhirnya gemuk begitu saja dalam hitungan hari. kadang saya ga menyadarinya. pengalaman dan perjuangan saya untuk puasa daud akan saya tulis di akhir blog ini karena saya baru baca setengah komen para sahabat. trima kasih

  26. Ass.wr.wb.Menurut saya, agar tubuh tetap fit dalam menjalankan Puasa Daud , puasa Ramadhan, Senin Kamis atau puasa sunah lain nya adalah Perbanyak Makan di waktu Sahur dan juga saat Berbuka Puasa. Mungkin pada tengah malam ± 12.00 kita kembali mengisi perut kita. Jadi pada saat kita berbuka sampai waktu sahur , kita usahakan tetap makan tiga ( 3 ) kali. Cuma saja waktunya yang berbeda, yaitu makan 3 kali di waktu malam hari.
    Demikian , mudah2an bermanfaat. Wassalam.

  27. mas2, saya akan “merantau” ke DIY akhir tahun ini dengan bekal yang pas pasan dan pekerjaan yg blm menentu. Saya insya Allah akan puasa Daud dari hari ini. Mohon dukungan do’anya . Wassalam.

  28. saya ini seorang ahli neraka, dulu sering berzina, suka korupsi, suka memalsukan dokumen demi uang. suka berbohong pada istri,
    saya sgt pesimis dosa-dosaku bisa diampuni meski tiap hari saya shalat dan selalu minta maaf.
    Apakah puasa Daud bisa membantu memperbaiki karakter saya yang buruk ini.

    • mas Satrio, tiada orang yang tidak mempunyai dosa, dan ingatlah Allah maha pengampun, asal kita benar2 tobat nashuha. Dunia memang jebakan, padahal kehidupan akherat kekal adanya, tidak ada kata terlambat untuk bertobat dan memperbaiki perilaku kita. Silahkan dicoba mas, urusan dosa, pahala, dan ampunan itu sungguh kuasa Allah. Pahala puasa hanya Allah yang tahu, karena orang puasa itu juga hanya Allah dan kita yang puasa yang benar2 tahu kualitas puasanya.
      Ditambahi shola malam mas, orang yang berdoa dan menangis di kala sholat malam, insya allah dosanya akan diampuni oleh Allah.

  29. Mas, saya mulai nDaud lagi kira2 hampir 4 minggu lalu, jauh sebelumnya saya juga nDaut tetapi sejak akhir April 09 rasanya males, tetapi stelah lebaran saya berniat memulai lagi, kayaknya saya dg Bp. Satria Wirang dosanya banyakan saya,saya banyak membuat kecewa orang, utang nggak bayar, menipu dan lainnya sampai2 aku mau putus asa, mohon suport dari pembaca lainnya agar bisa membahagiakan orang yang aku kecewakan dan mengembalikan uang orang, mohon doanya semoga Allah memberikan ampunan, rahmat dan pertolongan serta keberkahan buat orang yang aku kecewakan, orang tua serta istri dan anak saya, dan saya menjadi lebih baik lagi.

  30. Ass.wr.wb,
    Puasa Daud adalah salah satu bentuk ibadah kita kepada ALLAH swt dimana kita yang merasakan banyak memiliki dosa.
    Dengan puasa Daud maka pahala akan kita dapatkan, dosa akan diampunkan (percayalah pada ALLAH bahwa dosa kita sudah diampunkan dan mulailah berbuat kebajikan) dan akhirnya timbangan amal menjadi lebih banyak dan berat tentunya.
    Mohon dapat dishare pengalaman dan manfaat dari teman2 yang sudah menjalankan puasa Daud ini dalam bilangan tahunan. Wassalam

  31. Ass wr.wb
    Ustads Hadiyanta, ana sudah mencoba belajar puasa Daud yang ana mulai dari setelah selesai puasa 6 syawal 2009, yang Alhamdullilah telah ana rasakan manfaatnya terutama dengan masalah pencernaan , perut juga mulai tidak buncit dan sering kentut, dan yang paling penting sekali ahlaq kita terjaga dan terasa semakin lebih dekat denganNYA, demikian sementara pengalaman anam semoga kita bisa sharing dalam masalah puasa daud jazakumullah kharab katsira

  32. Mohon do’anya saudara-saudaraku sekalian karena sekarang ana sedang belajar puasa Dawud. Semoga berhasil. cerita hasilnya menyusul ya…… insya’Allah

  33. Assalamu’alaikum wr wb.

    Mas, ikutan nulis untuk pengalaman setelah puasa Daud.

    Waktu itu Cep kerja di luar kota jarak dr Bandung ke tempat perantauan +/- 18 Jam, naik bis.

    Setelah bekerja beberapa lama, ada kerinduan untuk kembali ke Bandung, apalagi Anak, Istri sudah kembali ke Bandung, bahkan Ibu dan Bapak pun berharap Cep pindah ke Bandung.

    Terlintas dalam pikiran untuk berpuasa dan doa yang berpuasa itu dikabul… setelah 2 bulan berpuasa daud, atas ijin ALLAH suatu keajaiban datang. Kantor tempat kerja di pindahkan ke Bandung. Coba rekan2 bayangkan kantor mendadak dipindahkan dari Jawa Timur ke Bandung.

    Ya ALLAH inilah keajaiban dari MU, segala sesuatu kalau ALLAH mengijinkan maka terjadi.

    Meskipun rekan2 banyak yang tidak ikut pindah ke Bandung namun dilihat dari sisi lain inilah keajaiban, Peruasahaan tempat bekerja sudah 10 tahun di Jatim dan mendadak dipindah ke Bandung….

    Namun selang beberapa bulan bekerja di Kantor Bandung, Cep dipecat oleh pimpinan baru orang bule dengan alasan yang tidak jelas.
    awalnya kecewa dan bertanya kenapa, tapi Cep sadari itulah perjalanan hidup yang ALLAH SWT gariskan untuk Cep dan keluarga.

    Tidak lama kemudian si Bule dipecat oleh Big boss dengan alasan yang jelas.

    Nah begitulah perjalan hidup dan keajaiban yang didapat. Segala sesuatu ALLAH SWT sudah mengijinkan maka terjadilah.

    Wassalam
    Cepot

  34. Insya ALLAH….

  35. Berikut saya copy paste hadist tentang puasa nabi Daud AS
    (maaf sumbernya lupa nggak kecatet)

    Hadith daripada Abdullah bin ‘Amru ibnu al-‘As r.a. bahawasanya Nabi Muhammad s.a.w. bersabda yang bermaksud: “Telah sampai berita kepadaku bahawa anda berpuasa pada waktu siang dan berjaga (kerana beribadah) waktu malam. Jangan buat demikian kerana untuk jasadmu atas dirimu ada habuan, untuk matamu atas dirimu ada habuan dan untuk isterimu ada habuan. Puasalah dan berbukalah. Puasa tiga hari pada setiap bulan, maka dengan demikian anda mendapat pahala sepanjang tahun.” Aku berkata: ” Wahai Rasullullah, aku mempunyai kekuatan (keupayaan untuk berpuasa). Sabda Baginda Rasullullah s.a.w. “Maka berpuasalah puasa NabiDaud a.s. iaitu berpuasalah sehari dan berbuka sehari.” (Riwayat al-Bukhari dan Muslim)

    Daripada Abdullah bin ‘Amru ibnu al’As katanya, telah bersabda Rasullullah sa.w. bermaksud: “Puasa yang paling disukai oleh Allah s.w.t. ialah puasa Nabi Daud dan solat yang paling disukai Allah s.w.t. ialah solat Nabi Daud, baginda tidur separuh malam dan bangun beribadah sepertiga malam dan tidur seperempat malam dan baginda berpuasa sehari dan berbuka sehari.” (Riwayat al-Bukhari dan Muslim)

    Alhamdulillah
    Saat ini saya sedang belajar puasa Daud. Saya memulainya bulan kemarin (bulan Asyura), InsyaAllah lancar. Saya merasakan efeknya. Dari segi fisik diantaranya badan rasanya enteng, sekarang jarang kena flu, BAB lancar. Dari segi rohani, saya jadi lebih giat belajar agama Islam. Saat ini saya masih mencoba menyalin doa-doa dlm Al-Qur’an ke buku notes agar bisa dibaca sewaktu-waktu, InsyaAllah rampung.

    • Terimakasih mas Heru, memang benar manfaat puasa daud antara lain seperti itu, dan memang puasa itu membersihkan jiwa dan menyehatkan raga, sehingga membuat enteng untuk berbuat baik dan beramal baik.

  36. Ass,, Pak
    Kalau kita ingin memulai puasa Daud dan memantapkan hati??? berapa lama waktu yang di anjurkan??? ada yg bilang kepada saya 1 tahun tp setelah saya membaca itu dilakukan secara continue,,,dan apakah semua keinginan akan tercapa jika kita tahu menutup aurat itu wajib hukumnya dan saya sadar,,,jika tdk berkerudung dosa tp saya belum siap untuk mengenakannya!!!
    Terimakasih,,mohon bimbingannya!!

    • yang penting dicoba dulu mbak Tiya, mengenai lama waktunya, saya sendiri mencari-cari hadistnya belum ketemu. Kalau bisa makin lama ya makin baik saya kira.

  37. Ass,,pak
    Kalau kita ingin memulai puasa Daud dan memantapkan hati,,berapa lama waktu yg dianjurkan???karna ada yg bilang ke saya hanya 1 tahun,tp setelah saya membaca dari bacaan2 diatas itu dilakukan secara continue???
    dan apakah semua keinginan kita akan dikabulakan walau dengan niat Lilllahi ta ala,,,namun saya sadar kalau tdk menutup aurat itu dosa,,tp saya belum siap utuk mengenakan jilbab???
    terimakasih,,mohon bimbinganny

    • saya saja terus terang belum pernah sampai setahun terus menerus, kemarin sempat berhenti karena saya sakit, dan Insya Allah saya akan mualai lagi, yang penting niatnya mencari ridho Allah saja mbak, perkara nanti ada bonus ini dan itu dari Allah ya Alhamdulillah.
      Semoga mbak Tiya segera dimantabkan hatinya untuk memakai Jilbab. :)

  38. Assalamu’alaikum Pak Hadiyanta,

    2 hari yll sy curhat kpd teman sy di Belanda. Tiba-2 dia bilang bhw seharusnya sy banyak prihatin, salah satunya dengan banyak puasa sunnah. Terus terang sy termasuk orang yg kurang disiplin. Tetapi saya niatkan utk melakukan puasa-2 sunnah yg memang sdh sering sy lakukan walaupun tidak secara teratur. Stlh membuka blog ini, saya tetapkan untuk menjalani puasa Daud dengan niat karena Allah Ta’ala dan di dalamnya saya rasa ada pendidikan disiplin yg saya butuhkan. Mohon doanya agar saya bisa istiqomah menjalaninya.
    Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh..

    • Wa’alaikum salam ibu Marlina. semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk menjalankan perintahNYA. amin.

  39. Apapun ibadahnya luruskan niat semata-mata, hanya untuk mengabdi pada-Nya. Karena seberapa banyak ibadah kita tak akan sebanding dengan nikmatyang telan di berikan-Nya. Hati-hati dg manfaat keempat tentang supranatural, lngat hanya Allah lah yang Maha Tahu.

  40. asalammualaikum Pak Hadiyanta….
    saya senang sekali bisa membaca manfaat puasa Daud….hal ini menjadikan saya semakin semangat untuk berpuasa….sekedar berbagi pengalaman….terus terang saya baru memulainya beberapa hari yang lalu….tetapi manfaatnya sudah mulai saya rasakan mulai dari tubuh jadi terasa sehat, badan terasa enteng, tangan jadi ringan untuk bersedekah dan sifat pemarahku mulai surut…tapi diantara manfaat-manfaat tadi yang paling menyentuh buat saya adalah keinginan untuk membaca dan memahami Al-Quran sangat besar…..(saya kurang lancar membaca Al-Quran) oleh karena itulah saya mohon doa dari Bpk dan teman2 agar kebaikan ini bisa saya laksanakan secara kontinyu dan mohon doanya juga agar saya bisa lancar mengajinya…amin…
    wasalammualaikum wr…wb

  41. assalamualaikum wr.wb

    thanks mas.. awalnya saya meragukan tentang khasiat puasa nabi Daud ini.. tapi setelah saya membaca artikel diatas, saya jadi yakin.. sekali lagi terima kasih.

  42. Alhamdulillah sudah 7 tahun saya menjalani puasa Daud dan menginjak tahun ke delapan saya rehat dahulu. Hanya berbagi bahwa ada sisi positif dan negatif menjalani puasa Daud ini. Pengalaman tentang puasa Daud bisa sharing di Facebook lalu cari Group Puasa Daud. Terima kasih sudah berbagi, Pa Hadi.

  43. aku melaksanakan puasa daud , puasa senen kamis dan puasa 3 hari tiap bulan , jadi perinciannya puasa senin , selasa tidak , rabu puasa,kamia puasa , jumat tidak , sabtu puasa, minggu tidak begitu seterusnya kadang puasa 5 hari berturut karena bertepetan tanggal 13,14 dan 15 pertannyaan ku apakah sudah benar puasa yang aku lakukan .

    • menurut pendapat saya pribadi, puasa daud itu sehari puasa sehari tidak. jadi pasti selang seling terus. Puasa sunat lainnya ngikut saja, jadi menurut saya, bisa saja saat hari senin, pas puasa daud, pas pula puasa senin-kamis, pas pula di tanggal 13 misalnya, jadi satu hari bisa berniat 3 puasa.

  44. assalam mualiaku wr,wb , mas saya mau tanya puasa daut bisa di mulai pada tanggal berapa soal nya saya ini seorang mualaf kalo puasa senin kamis alhamdullilah saya laksana kan sampai sekarang klo puasa daut saya baru dengar dari teman karif say mohon untuk saran nya ya mas wassalam

    • Puasa Daud memang sampai saat ini saya belum menemukan penjelasan lengkap, hanya disebutkan bahwa sehari puasa sehari tidak, jadi sepertinya bisa dimulai kapan saja.

  45. SANTA AJA YG PNTNG PUASA ITU HARUS DIAWALI DENG NIAT YG TULUS………

  46. menyentuh sekali mas…
    saya jadi punya niat kuat mas, tapi masih bingung cari tanggal yang tepat, karena tiap bulan berbeda2 jumlah hari takutnya lupa n nggak beraturan…
    makasih banyak mas, saya sempet terharu dengernya, apalagi stlah liat komentar2 sodara2, ingin rasanya menghirup surga Allah hanya karena selalu ikhlas beribadah kepadaNya…

  47. aslmkm. bisakah puasa daud itui dapat menyembuhkan penyakit-penyakit yang menahun, misalnya darah tinggi, pusing-pusing, katrak dll.

    • kalau pengalaman saya sendiri baru pada pencernaan saya yang kembali sehat. tapi boleh dicoba, tidak ada ruginya, niatnya ibadah dulu saja, perkara nanti bisa ada efek menyembuhkan, itu adalah bonus yang kita terima langsung, karena bonus pahala sesungguhnya hanya Allah yang tahu.

      • assalamu’alaikum ww… subhanallah.. saya sangat terharu dan senang menemukan forum ini… jujur saya kurang jelas kapan mulai puasa daud itu..tapi dah lama… kr kehidupan keluarga yg sangat keruh dan menyayat hati..tetapi saya ga sanggup dan ga punya keberanian meninggalkan keluarga dan anak2… maka saya mulailah berpuasa daud.. maka subhanallah.. saya merasakan suatu keajaiban terjadi dalam diri saya, …. jadi senang ilmu pengetahuan, tidak perduli dengan cacian2 dan ejekan2 dan hinaan2..hati saya begitu lapang..dan saya mempunyai mimpi2 yg bagus ttg yg akan terjadi, …malah saya sekarang berani mengungkapkan mimpi2 saya ke suami, dan suami mulai mendengarkan…. dan sedikit2 demi sedikit keluarga suami mulai menghormati saya..subhanallah.. dan mencintai saya… dan saya sangat suka sekali menghapal alquran dan mendownload buku2 ttg islam dari internet… dan lebih ajaib lagi… suami punya sakit gatal2 didaerah sensitifnya.. dulu juga saya gatal2..sempat pernah kedokter. dkasi antibiotik ..cuma karena suami ga mau kedokter, ya saya kena lagi… sakit itu dah 12tahun ga sembuh2…
        sekarang saya ga ada kena2 gatal2 lagi… malah saya liat tambah parah suami saya.. dah dah pake segala macam obat antibiotik, malah pake antibiotik double belum sembuh juga… kadang malah sangat bau banget..tapi subhanallah..saya bersih dan ga pernah gatel2 lagi.. saya sempat berpikir.. kenapa saya ga kena dan dia seperti itu… lalu timbul inisiatip saya, mungkin kr dahsyatnya puasa daud itu… Allah melindungi saya dari hal2 yg buruk…… saya ttp melayaninya…
        maka saya suruh suami saya untuk puasa daud juga… tapi dia malah diet malam ga makan, cuma makan buah… biarlah..dan suami saya adalah orang yg lebih taat dari saya.. mudah2an suatu hari nanti dia akan berpuasa daud juga amin…
        semoga sharing ini bermanfaat insyallah… amin

      • Subhanallah….terimakasih Bunda Ness atas sharing puasa Daudnya…apa yang Bunda alami itu juga saya alami seperti mimpi yang jadi kenyataan…..dan masih banyak lagi keutamaan2 jika qta mengamalkan Puasa Daud….tetap istiqomah sampai ajal datang menjemput, aamiin…wassalam dari Rusdi di Manado.

      • dulu sempat mimpi2 saya membingungkan saya… kenapa semua mimpi2 saya benar terjadi… sampai2 saya bertanya2 dan berfikir dalam hati dan jadi takut terhadap diri sendir.. siapakah saya ini..dukunkah?… apakah ada sihir/jin dalam diri saya…
        dan mimpi2 saya itu ga perlu ditafsirkan..kr jelas sekali
        seorang guru tentang takwil mimpi saya tanya, dia bilang, mimpi itu adalah sebuah bahasa.. dan kita harus tau artinya… dan orang2 tertentu yg bisa mengartikan.. tapi saya ga bilang kalo mimpi saya ga perlu ditafsirkan , karena tidak tersirat tapi sangat jelas…. subhanallah..

        sempat juga saya pikir bahwasetan/jin tidak akan mungkin memberikan kabar yg benar… dan tidak akan mungkin membantu muslim
        lalu saya pun minta dirukyah… malah yang rukyah ga berani…
        ga tau kenapa..dia bilang dia ga siap saat ini katanya.. lalu saya pun diberi bahan2 untuk rukyah diri…. subhanallah…

        setelah saya banyak infomarmasi ttg kelebihan2 orang2 yg berpuasa daud, baru saya yakin bahwa ini semua hadiah dari Allah SWT,……
        malah kesannya suami saya dan keluarganya ataupun temen2 saya dan tetangga2 dan sangat berlebihan menghormati saya…
        saya ga tau apa yg ada didalm pikiran suami ttg saya… tapi dia sangat berhati2 sekarang terhadap saya, baik perkataan atau perbuatan yg membuat saya tersinggung… subhanallah..

        semua apapun tindakannya selalu minta doa dan nasehat serta usulan dari saya… biasanya saya bilang besok insyallah… kr biasanya saya dapat mimpi tentang yang ditanyakannya… subhanallah…
        insyallah ini tidak saya maksudkan untuk riya… mudah2an ini bermanfaat bagi yang ingin menjalankan puasa daud… biar tambah semangat mendekatkan diri kepada Allah Almighty…. kr puasa itu tidak ada malaikat yg dapat mencatat pahalanya… kecuali Allah SWT..

      • Assalamu alaikum Bunda Nees, nantinya bukan hanya karunia mimpi yang jadi kenyataan yang Allah SWT karuniakan kepada Bunda Nees, tapi perlahan-lahan insya Allah Bunda nees akan bisa mengetahui keberadaan mahluk-mahluk halus yang ada di sekitar kita….karena pada awalnya sy juga mengalami apa yang Bunda nees alami berupa mimpi2 yang jadi kenyataan kemudian meningkat menjadi mengetahui keberadaan mahluk halus disekita kita….maka sepatutnyalah kita semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT…semakin banyak bersyukur, tawadhu dan semakin bertawakkal kepada Allah SWT…sebagai sesama saudara pelaku Puasa Daud, sy hanya berpesan “Tetap Istiqomah hingga kematian datang menjemput”…….Istiqomah masih lebih baik daripada seribu Karomah”
        Jika kita sudah Istiqomah, insya Allah Karomah akan mengikuti dengan seizin Allah SWT…
        Wassalam dari Rusdy Haya di Manado
        Jika ingin share silahkan 0813 5658 3189

  48. kita berpuasa , paling tidak dapat mepercepat hisab , soalnya nikmat kita berkurang ( karna lapar & haus ) ! Mohon di ralat klo ada kesalahan !

  49. Assalamu”alaikum wr.wb
    Bismillahhirrahmanniahiim…
    sktar smggu yg lalu sya sdh mncba puasa daud ,nmun stlah bru dpt 3 hari sesuai aturannya sy menstruasi…
    sbnanya sy msh blm mantap dan bingnug ttg tujuan dan ketentuan puasa daud,,,
    namun stlh mmbaca blog bpak sya smakin yaqin dan betekat utk brpuasa daud,,,
    dan InsyaALLAH hi ini sy sdng berpuasa…
    doakn sy smga dgn puasa daud sya bs mjd lbh dkat dgn ALLAH SWT…
    dan mjd anak yg sholihah yg bs nyenengin orang tua,,,
    amin

  50. Assalamu’alaikum Wr.Wb Salam Kenal Mas, Semoga Allah senantiasa membimbing serta melindungi kita semua Amin…
    Saat ini saya sedang belajar berpuasa daud, Alhamdulillah belum pernah bolong semua ini saya niatkan senantiasa untuk mendapat Ridho Allah. Alhamdulillah saya mendapatkan banyak sekali manfaat dari puasa daud ini, hati menjadi tersa lebih tenang dan sholat menjadi lebih Khusuk. Semoga Kita semua selalu di beri kekuatan serta berkah dalam menjalankan menjalankan puasa ini Amin……..Sekalian Minta Do’anya Semoga Saya segera diberikan momongan Amiiiin……..

  51. assalamu’alaikum ,
    alhamdulillah pencerahannya makin memantapkan nawaituku utk menjalankan ibadah sunnah shaum daud amiin…..wassalam

  52. Alhamdulillah, klo sudah ada yang melakukan seperti Nabiyullah Daud A.S… kami saja belum pernah melakukannya, hanya puasa senin-kamis itupun baru kurang dari sebulan, tapi terima kasih atas semangatnya, Insya Allah kami juga akan menempuh hal yang sama…

  53. Assalamu’alaikum wr wb
    Alhamdulillah, akhirnya aku menemukan sekelompok orang yang bersemangat menjalankan sunnah2 Rosul, dan akupun berharap yang wajibpun tidak ketinggalan apalagi ampe kelupaan..he3x
    Mas, saya Alhamdulillah dah mulai kebiasa ma puasa sunah ne…
    Jadwal puasaku kalo minggu2 biasa (senin, rabu, kamis dan jum’at)
    Teruz kalo di minggu itu ada yaumul bidh, asyura&tasu’a, aku tinggal tambah dengan puasa tsb..
    Tapi selama ini niatku dalam bahasa indonesia, karena jujur aku ga tau…
    Bacaan atau niat puasa daud dan puasa2 sunah yang laennya ya mas,sebelumnya ku ucapkan banyak terima kasih..
    Oya, ne ku ada jadwa puasa sunah yang aku copy dari “pesan group BAZ Jatim”
    Moga bermanfaat….

    Puasa Sunah 2010
    1. Puasa tiap hari Senin dan Kamis.

    2. Puasa 3 (tiga) hari setiap bulan – ‘shaumul biidh’ –
    Yakni pada tanggal 13,14 dan 15 – penanggalan Islam – (saat bulan purnama).

    – 1 Januari 2010/ 15 Muharram 1431 H
    – 29, 30, 31 Januari 2010/ 13, 14, 15 Shafar 1431 H
    – 27, 28 Februari 2010, 1 Maret 2010/ 13, 14, 15 Rabi’ul Awwal 1431 H

    – 29, 30, 31 Maret 2010/ 13, 14, 15 Rabi’ul Akhir 1431 H
    – 28, 29, 30 April 2010/ 13, 14, 15 Jumadil Awwal 1431 H
    – 27, 28, 29 Mei 2010/ 13, 14, 15 Jumadil Akhir 1431 H
    – 26, 27, 28 Juni 2010/ 13, 14, 15 Rajab 1431 H
    – 25, 26, 27 Juli 2010/ 13, 14, 15 Sya’ban 1431 H

    – 22, 23, 24 September 2010/ 13, 14, 15 Syawwal 1431 H
    – 21, 22, 23 Oktober 2010/ 13, 14, 15 Dzulqa’dah 1431 H
    – 21, 22 November 2010/ 14, 15 Dzulhijjah 1431 H
    ( 20 November 2010 bertepatan dengan hari tasyriq – 13 Dzulhijjah 1431 H
    Hari tasyriq tidak diperkenankan berpuasa )
    – 19, 20, 21 Desember 2010/ 13, 14, 15 Muharram 1432 H

    – Puasa Ramadhan 1431 H : 11 Agustus 2010 – 9 September 2010.

    3. Puasa 1/3 (sepertiga) bulan – Yakni di bulan Dzulhijjah.
    Antara 8 November 2010 – 6 Desember 2010/ Dzulhijjah 1431 H
    Puasa tanggal 9 Dzulhijjah (Arafah) bagi selain orang yang melaksanakan haji.
    Yakni : 16 November 2010/ 9 Dzulhijjah 1431 H

    Tidak diperkenankan berpuasa :
    Hari Idul Adha – 10 Dzulhijjah/ 17 November 2010
    Hari tasyriq – 11, 12, 13 Dzulhijjah/ 18, 19, 20 November 2010/ Dzulhijjah 1431 H

    4. Puasa bulan Muharram – ‘Asyura’ selama 3 (tiga) hari – tanggal 9,10,11 Muharram.
    Sangat dianjurkan tanggal 9 dan 10 ( Tasu’a dan ‘Asyura )
    Yakni : 15, 16, 17 Desember 2010/ 9, 10, 11 Muharram 1432 H

    5. Puasa pada sebagian bulan Sya’ban.
    Antara 13 Juli – 10 Agustus 2010.

    6. Puasa 6 hari pada bulan Syawwal.
    Antara 11 September – 8 Oktober 2010.
    Tidak diperkenankan puasa pada 1 Syawwal (10 September 2010).

    7. Puasa Daud – berpuasa berselang-seling.
    Berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari
    (lm)

    *diambil dari pesan group BAZ Jatim

    Ringkasan – Referensi :
    Fiqhus Sunnah Sayyid Sabiq
    Tamamul Minnah, Muhammad Nashiruddin al-Albani
    Al-Islam- Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia
    Penanggalan Tahun 2010 – Penerbit Gema Insani.

    http://neomujahid.blogspot.com/2009/12/jadwal-puasa-sunnah-2010.html

    • terima kasih info puasa-puasanya. sangat berkesan dan bermanfaat artikelnya. Semoga menjadi tambahan amal ibadah. Amiin di sebabkan banyak orang yang menjalankan puasa dan mengalir pahalanya

    • mas jadwal 2012 dari januari sampe desember 2012. ..minta informasinya dunk hari yang tidak boleh berpuasa..karna saya tidak tahu kalender islam…thanks…bagi temen2 yang maw bantu kirim ke email fredyorange08@yahoo.com…thanks

  54. Hai

  55. Ass.wr wb
    Senang sekali rasanya aku bertemu dengan blog yang didalamnya banyak orang2 yang mencari serta berlomba2 mengejar pahala dan ridho dari Allah SWT, salah satunya dengan menunaikan salah satu puasa sunah (puasa daud).
    Mas, aku alhamdulillah sudah mulai rutin puasa sunah dan di dalam puasa sunah tsb juga aku niatkan untuk puasa mengganti puasa ramadhan yang pecah kemaren
    Jadwal yang ku buatpun adalah hari Senin, rabu, kamis, dan jum’at.. Bila di bulan itu ada puasa sunah yang lainnya seperti yaumul bidh, tasu’a&asyura, sa’ban,dsb, aku tinggal menambah puasaku..Insya Allah..
    Nah ne ada sedikit ilmu yang aku dapatkan dari

    http://www.kafemuslimah.com/article_detail.php?id=720

    tentang puasa jum’at…
    (Janganlah seorang di antara kalian berpuasa pada hari Jumat saja, melainkan kalau ia berpuasa sehari sebelumnya atau sesudahnya.” (HR Bukhari dan Muslim)

    Muhamaad bib Abbad berkata, ”Saya sendiri pernah bertanya pada Jabir, “Apakah Rasulullah saw melarang puasa (khusus) hari Jumat?” Jawab Jabir: “Ya” (HR Bukhari dan Muslim)

    ”Dari Juwariyah binti Harits Ummul Mukminin, katanya: “Bahwa Nabi saw pernah datang ke rumahnya pada hari Jumat, sedangkan ia (Juwariyah) dalam keadaan berpuasa. Kemudian beliau bertanya, “Apakah Dinda kemarin berpuasa?” Jawab Juwariyah: “Tidak”. Beliau bertanya lagi, “Apakah Dinda besok akan berpuasa?” Jawabnya: “Tidak.” Maka sabda beliau, “Kalau begitu hendaklah Dinda berbuka.” (HR Bukhari)

    Ini menunjukkan makruhnya berpuasa khsusus hari Jumat. Sebab, illat larangan itu karena Juwariyah tidak berpuasa sehari sebelum atau sesudahnya. Ini diperkuat oleh hadits Abu Hurairah:

    ”Janganlah kalian khususkan hari Jumat di antara semua hari untuk berpuasa, kecuali jika ia (Jumat) jatuh pada giliran seseorang di antara kalian yang biasa berpuasa.” (HR Tirmidzi, ia menghasankannya).

    Trus yang ingin aku tanyakan mas, kalo kita puasa senin dg 3 niat (mengganti puasa ramadhan, puasa sunah senin, dan puasa daud), dilanjutkan dengan hari rabu 2 niat (mengganti puasa ramadhan, dan puasa daud), dan besok hari jum’AT yang sesuai dg keterangan di atas “menunjukkan makruhnya berpuasa khsusus hari Jumat. Sebab, illat larangan itu karena Juwariyah tidak berpuasa sehari sebelum atau sesudahnya. Ini diperkuat oleh hadits Abu Hurairah:

    ”Janganlah kalian khususkan hari Jumat di antara semua hari untuk berpuasa, kecuali jika ia (Jumat) jatuh pada giliran seseorang di antara kalian yang biasa berpuasa.” (HR Tirmidzi, ia menghasankannya).

    Nah massedangkan pada hari kamis dan sabtu besok aku ga puasa mas…
    Itu gimana mas???
    Ju2r aku jadi bingung ne mas…
    Atas perhatiannya serta jawaban, sebelunya aku ucapkan banyak terima kasih..
    Ass.wr wb

    • Assalamu’alaikum Wr. Wb
      Senang melihat mereka yg rajin puasa. baik senin-kemis, puasa 13-14-15 bulan (qomariah) maupun puasa Nabi Daud. Masing -masing puasa ini ada keistimewaannya. Rasullullah untuk puasa 13-14-15 bulan tidak pernah tinggal walau keadaan perang karena pada saat purnama ini mengandung hikmah yang luar biasa. hanya mereka yang biasa melakukan yang akan merasakan manfaatnya di lihat dari ilmu kebathinan dan penyerpunaan ilmu. di lihat dari sisi pahala rasulullah mengatakan satu hari bagaikan ia puasa 10 hari berarti kalau ia puasa 3 hari bagaikan puasa sebulan penuh. Inilah mengapa salah satu sebab umat Nabi Muhammad terkadang dapat melebihi amalnya umatnya Nabi yg lain. Karena ada suatu rahasia yang terkandung di dalamnya. Semoga bermanfaat dan berfikir semoga Allah memberi petunjuk bagi siapa Yang di kehendakiNya dan memuliakan siapa yang di kehendakiNya pula. dengan catatan kita bertaqwa: tidak marah-marah, mau ma’afkan kesalahan orang lain, rajin sedekah, zakat, infak dan sholat tidak putus apalagi di tambah sholat malam sebagai pakaian (ilmu). serta tidak suka berkata dusta, kalau terlanjur berbuat dosa cepat-cepat mohon ampun kepada Allah SWT maka Insya Allah kita akan dapat menembus rahasia Illahi Roobi atas izinNya, yang tersyirat akan menjadi kasat, yg firasat menjadi jelas di pandangan mata bathin berkat rahmatNya yang memberikan ilmu HIKMAH kepada mereka yang benar-benar menjalani ibadah dengan benar. Karena banyak orang puasa tapi hanya mendapatkan haus dan dahaga (secara syariat dia tidak menjalankan dengan benar makna puasa walau pada torekat pelaksanaan dia merasa puasa namun hakikatnya dia tidak berpuasa karena tidak mampu mempuasakan seluruh anggota tubuhnya ,bathinnya serta tidak ikhlas sehingga tidak mampu berma’rifat kepada Allah) begitu juga Rasulullah bersabda bahwa nanti di suatu zaman ada orang sholat namun sesungguhnya dia belum sholat (secara syariat dia melaksanakan rukun sholat dan torekat ia menjalankan gerakan sholat namun secara hakikat dia tidak melaksanakan sholat disebabkan hati, jiwa dan pikirannya tidak tertuju kepada Allah SWT dan tidak ikhlas menjalankannya sehingga dia tidak mampu berma’rifat kepada Allah) Semoga saudara/saudari saya yang sedang menjalankan ibadah puasa,sholat, maupun zikir saya pribadi mengajak kepada diri saya pribadi dan rekan-rekan sesama muslim agar mengutamakan kwalitas ibadah bukan kwantitasnya. (Jika kita diberi peluru 100 namun tidak mengenai sasarn target yang diberikan maka hasilnya akan nol sehingga hal ini akan di kalahkan dengan mereka yang hanya diberi 3 peluru namun seluruhnya mengenai target dan di angka sepuluh semua sehingga nilainya 30 / terus mana yg di pilih 100=0 atau 3=30 namun tentu saja kita mengaharapkan 100=1000) Lebih dan kurang saya mohon ma’af Semoga Allah memberikan petunjuk bagi mereka yang bersungguh-sungguh dalam ibadah serta ikhlas. Amiin

  56. salam kenal mas http://adekunya.wordpress.com/
    saya senang sekali dengan perbincangan dan komunikasi ini,
    itulah ibadah,,,yang mana pahalanya tidak akan saja di rasakan nanti di akhirat, tetapi di dunia-pun akan merasakan hasil dari ibadah, karena ibadah itu adalah untuk kebaikan manusia juga, karena Allah adalah maha sempurna, tidak memerlukan dan tidak butuh apa-pun, hanya mahkluk-lah yang butuh dan memerlukan Allah.
    terimakasih mas.

  57. assalamu’alaikum,wr.wb

    setelah membaca pengalaman teman2 tentang faedah yang didapat setelah melaksanakan puasa nadi daud as,
    saya tertarik untuk melakukanya.
    insyaallah mulai besok, saya akan mencoba untuk melaksanakannya.
    mohon doanya semoga tidak ada sifat riya, dalam melaksanakanya nanti..
    amiin

  58. assalamu’alaikum,wr.wb

    setelah membaca pengalaman teman2 tentang faedah yang didapat setelah melaksanakan puasa nabi daud as,
    saya tertarik untuk melakukanya.
    insyaallah mulai besok, saya akan mencoba untuk melaksanakannya.
    mohon doanya semoga tidak ada sifat riya, dalam melaksanakanya nanti..
    amiin

  59. assalamu’alaikum,wr.wb

    Boleh saya mengutarakan pengalaman puasa daud dan manfaatnya: tahun 2010 ini tepatnya tgl 04 jan saya niatkan puasa daud untuk mendekatkan diri kepada allah swt. sampai sekarang manfaat yang saya alami adalah:
    1.Saya terasa dekat sama allah.swt.
    2.kesehatan.
    3.dll

  60. sy sudah 5 bulan berpuasa daud dan sy tidak menjadwal ganjil atau genap yang jelas sy sehari puasa sehari tidak, hanya itu patokannya. sy punya ambisi seumur hidup puasa dadu terus, sungguh ajaib efeknya,……. diberi kemudahan setiap bekerja, rejeki selalu ada, pas ke pepet selalu ada, anak-anakku selalu sehat juga istriku, rasanya rumah tanggaku bahagia, setiap berbicara selalu dihargai sama temen, perasaan mereka selalu menghargai klu saya berbicara, dapat mengatur waktu libur dengan menjadwal setiap 35 membaca satu judul buku kmd beralih ke judl buku agama berikutnya shg kegiatan libur dirumah sungguh menyenangkan dan menambah wawasan. yang lebih aneh lagi motor tiger ku nggak jadi di jual krn uang terus ada pas sedang dibutuhkan, sekonyong-konyong ada yg mengajak umroh, padahal sy sm sekali tidak punya uang sebanyak itu…….ya Allah berilah kekuatan agar sy bisa terus berpuasa daud, dan semoga aku selalu merasa dekat dengan Mu juga pembaca blog ini….nhn……. ini hanya sharing aja. balas

  61. tahun 1999 saya pernah menjalani puasa daud selama 6 bln, waktu itu saya kelas 3 Aliyah dan memang di sekolah kami di wajibkan puasa daud 1thn bagi kelas 3 Aliyah. Sayang saya hanya menjalankan 6bln saja karena waktu itu saya sedang sakit²an dan diharuskan minum obat setiap harinya. Tapi walaupun saya hanya menjalankan puasa selama 6bln, alhamdulillah manfaat yang saya rasakan sungguh luar biasa. saya selalu mudah mendapatkan pekerjaan walaupun saya cuma lulusan Aliyah. dan saat ini saya sudah bekerja di PT. Pos Indonesia (sudah 4thn) walaupun cuma outsourcing. Tapi berkahnya sungguh luar biasa. disaat saya ingin menjadi guru, ada tawaran untuk mengajar dan saya sempet mengajar kelas 4 SD sekaligus wali kelas (sebelum kerja di Kantor Pos). dan pada saat saya ingin kerja di kantor dengan menggunakan kerja, ternyata saya diterima kerja di kantor pos sebagai tenaga outsourcing. dan disaat saya ingin kuliah, alhamdulillah saya bisa, saat ini kuliah sudah sampai semester 2. syukur alhamdulillah nikmat Alloh tidak berbatas, menjalankan puasa daud dengan ikhlas dan niat yg sungguh² hanya untuk Alloh tanpa meminta imbalan. itu kuncinya. semoga kawan² semua mendapatkan rezeki lebih dari saya.

  62. Mas hadi, dulu sy puasa senin kamis ajeg sejak SMA-kuliah, tp mandeg sdh cukup lama lebih dr 5 thn, dulu benci bgt lihat hal yg sifatnya dosa ktika msh sering suasa sunnah, tp skrg stlh jarang puasa sunnah jadi “lebih berani’ lihat yg bukan haknya. Apakah ini jg terkait puasa ya ms?

    • betul saat puasa, itu ibaratnya kita memakai baju putih, pasti hati-hati kalau mau duduk, hati hati agar tidak kena kotoran.

  63. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    saat ini saya sedang belajar memperdalam islam..mohon kiranya jika ada saudara2 sekalian yang hafal niat puasa daud bisa kirimkan ke email saya..[krishna_yuwana@yahoo.com]

    terimakasih yang sebesar2nya semogga allah swt membalas segala kebaikan saudara2 semua..amin

    Wassalam

    • niat dalam hati atau niat diucapkan biasa saja mas, Allah maha tahu niat hamba-Nya

  64. Alhamdulillah, keluarga kami sejak tahun 2003 hingga kini masih diberikan kemampuan oleh Allah SWT untuk menjalankan puasa Daud.

  65. subkhanALLAH, alhamdulillah saya sungguh bersyukur menemukan blok ini, saat ini saya diperjalankan untuk puasa daud dan alhamdulillah dimampukan sudah satu tahun, hikmahnya sungguh luar biasa disaat-saat situasi sulit saya selalu tenang menjalaninya padahal orang kalau melihat dan mendalami pekerjaan saya pasti akan stres, alhamdulillah ALLAH SWT memampukan saya dan memberi petunjuk setiap melangkah. Mohon do’anya untuk semua semoga saya segera dibebaskan dari dunia riba dan mendapatkan pekerjaan ataupun rejeki yang tidak berbau riba. Amien

  66. assalamualaikum wr.wb
    bismillahirahmanirahim dengan niat mendapatkan ridho drimu ya allah stlh bln ramadhan ni sy niat mnjalankan puasa daud krna allah ta’ala
    trma ksh u/smgt saudra muslim & muslimah sma,smga qt slu diberi berkah & rahmad allah swt,amiiiiiin :-)

  67. Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan.Ketika sibuk membaca, seseorang terhalang masuk ke dalam kebodohan.Kebiasaan membaca membuat orang terlalu sibuk untuk bisa berhubungan dengan orang-orang malas dan tidak mau bekerja.Dengan sering membaca, orang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.

    Bali Villa Bali Villas Bali Property

  68. Great, I never knew this, thanks.

  69. Dari kecil aku suka baca tentang tasawuf, tp mau menjalani bingung banyak yg bertentangan. setelah menikah thn 2000 aku mulai mempertanyakan ibadahku, dari kecil kewajiban solat dan puasa tidak pernah tinggal. walaupun solat tdk pernah ketinggalan tp aku menilai kualitas solatku jauh dari khusuk, yang paling sedih adl solat subuh selalu kesiangan sampai hari ini, dita2ku adalah solat berjamaah selalu di masjid. tahun 2008 kondisi ekonomi kurang bagus dan lebih sedih lg ibadahku tidak bertambah baik. pingin sekali solat tahajud tiap malam tapi ga pernah langgeng. akhirnya aku baca kisah bahwa nabi jika tidak punya makanan dan dari subuh belum makan maka nabi langsung niat puasa dan pusa sampai magrib. kayaknya puasa aku sanggup deh. akhirnya kadang tiap hari puasa tanpa putus berdasarkan kisah nabi tsb, aku pengin deket sama Allah karena kalau ibadah yg lain sangat berat buatku (solat malam). mertua sama istri bingung melihatku dan mereka selalu tanya hal yg sama, akhirnya aku cari tau di internet dan aku temukan tidak boleh puasa tiap hari jalannya adalah puasa daud. tujuanku adalah untuk mengontrol emosi, mengontrol mata sebab dimana mana selalu terpampang paha atau dada yg terbuka, dan tjuan ku adl supaya Allah memberi pertolongan terhadap smua masalahku. Prinsipku jika aku beribadah lebih tentu Allah akan memberi perhatian lebih. Dan kayaknya aku merasa pantas dan mantab mengharap pertolongannya karena aku telah berpuasa yg tdk dilakukan orang lain. bukan berarti yg lain tidk boleh mengharap. Puji sukur sekarang sdh menginjak taun ke 3. ga gampang menaikkan kualitas puasa cuman aku selalu berdoa agar puasaku lebih berkualitas. menurutku godaan yg paling berat adl menjaga emosi dan mulut dari ghibah. apalgi smenjak pakai motor racing dgn knalpot besar, ada aja yg seenaknya buat kesalahan dijalan klo sdh begitu aku mainkan gasnya scara spontan menghardiknya, tp stelah itu aku nyesal kenapa aku puasa tp tetep pemarah. seperti yg aku komen diatas aku pernah berhenti puasa daud karena istri komplen terus badanku jadi kurus, maka aku ganti jadi puasa senin kamis. aku sedih karena utk memulainya sangat susah, aku bimbang ini pasti setan yg membisikkan ke istriku spaya jgn puasa daud lagi. tp akhirnya ada jalan dgn sendirinya. badanku jadi gemuk dalam waktu yg sangat singkat. aku melanjutkan lg puasa daud dan tidak berpengaruh ke badan karena tetep gemuk, aku makan apa aja pas tidak puasa apalagi buah2an biar tetap segar kalau merasa blm kenyang. klo ada undangan hrs makan ya aku batalin puasa sebab itu lebih utama. atau waktu jalan2 sama anak istri walaupun puasa klo istri mau makan bareng ya aku batalin, itu nikmatnya jg luar biasa. waktu pertama baca komen teman2 di dada ini masih ada sombong sedikit bahwa aku bisa melakukannya sedang yg lain baru mau. sangat sulit menghilangkan rasa ini walaupun aku tidak suka. kadang klo sijalan liat yg seksi aku masih suka bertanya puasa tidak ya hari ini, oh tidak . tetep aja aku plototin, tp klo puasa aku segera menoleh. aku mengaku puasaku msh jauh dari sempurna minimal aku bisa kontrol marah dan maksiat ringan walaupun kadang kebablasan. kadang kalau marah aku inget ” waduh aku kan lg puasa” . tapi klo inget duluan aku ga jadi marah. kalau tdk puasa daud tentu hari2ku tidak terjaga. SOBAT SKR AKU LAGI SEDIH KARENA SOLAT SUKA MENGULUR2 WAKTU SAN SUBUH SELALU KESIANGAN. Bener2 ga berdaya bangun pagi apalagi mlm, aku selalu tidur diatas jam 12 karena pekerjaan. trimakasih smua terutama buat yg punya lapak, mari kita berjuang perbaiki ibadah kita. Semoga beruntung di dunia dan akhirat.

  70. Assalamualaikum…saya sgt tertarik sekali utk melaksanakan puasa Daud,namun tata cara pelaksanaanya sy msh belum ngeh, maksudnya sehari puasa sehari berbuka itu apakah puasanya sehari semalam atau pas adzan maghrib berkumandang kt boleh berbuka sebagaimana Puasa-puasa lainnya???
    mohon bimbingannya karna niat sy sdh kuat sekali namun msh mencari – cari informasi agar lebih mantap…
    Wassalam
    Terima Kasih

    • seperti puasa ramadhan, tapi selang seling mas, dari sebelum subuh sampai maghrib.

  71. niatnya???

  72. Assalamualaikum

    mau berbagi pengalaman tentang puasa Daud. saya pernah sakit lama, hampir 3 tahun gangguan liver dan maag kronis sehingga badan saya lemah sekali. sudah berobat kemana-mana namun tidak ada perubahan yang berarti. membaca hadits Rasulullah tentang manfaat puasa, maka saya mulai mencoba berpuasa.Pada awalnya saya ragu, karena tidak berpuasa saja badan lemas, namun saya yakin pasti ada manfaatnya, awalnya saya puasa senin kamis. entah knapa disaat puasa itu badan saya lebih enak dibanding hari saya tidak berpuasa.akhirnya saya mencoba puasa Daud, efeknya perut saya yang tadinya keras dan buncit mulai lunak, pencernaan saya mulai membaik dan badan saya enteng.
    Sekarang saya sudah bisa 100 % bekerja.Alhamdulillah

  73. nemu mutiara disini. . .
    InsyaAllah akan ku amalkan. . .

    keep brotherhood,

    salam,

  74. Kunjungan sepertiga malam. Sekedar sharing, kehebatan puasa daud terdapat pada Shahih Bukhari, 1841.
    Terima kasih mas Hadi, semoga semakin banyak umat Islam yang melakukan puasa Daud.

  75. Puasa Daud…bukan sekadar puasa menghilangkan sakit saja…Pengalaman Ibu saya, dia puasa daud selama 3 tahun……ternyata didalam puasanya banyak niat/permohonan yang tersirat….setelah selesai 3 tahun dan selama 3 tahun tersebut…kata Ibu saya…secara bertahap permohonan itu terkabul…sampai yang terakhir….Saya berkaca dari pengalaman Ibu saya…alangkah berkahnya puasa tersebut…Insyaallah saya baru memulai lagi…..pertama untuk kesehatan…lambung saya seperti ada jantung didalamnya..selalu bedetak seiring jantung berdetak…Alhamdulillah…sepertinya sekarang sudah membaik…dan Insyaallah atas izin Allah saya meneruskan lagi untuk permohonan2 lain kepada Allah melalui puasa Daud….Yang saya tanyakan salah tidak niat saya tersebu?

  76. saya sempat menjalankan puasa daud selama 2 bulan, terakhir membatalkan karena kebodohan saya sendiri.. saya berniat ingin memulainya lagi…Bismillah, meniatkan untuk lebih mendekatkan kembali kepada Allah SWT dan mencari Ridhonya..terima kasih buat infonya….semakin yakin dan mantap untuk meneruskan puasa, berusaha untuk lebih baik lagi ..aminnn ya Rabb…

  77. comentnya saka kaya yang di buku “keajaiban puasa daud”….
    saya juga insya allah sedang menjalankan puasa nabi daud……

  78. ass…
    sya berterima kasih dengan adanya lapak ini jadi saya lebih bersemangat lagi untuk berpuasa daud… sy mulai berpuasa daud memang baru ..belum terlalu lama itu karena perut sya buncit sedangkan saya belum memiliki anak… sy pada suatu saat (ktika sudah putus asa) mohon petunjuk apa yang harus sy lakukan.. ketika sya membuka alqur’an sya diberi surat maryam ayat 7 dan seterusnya. kemudian ketika sya membuka internet tiba2 ada blog masuk yang mengatakan salah satu faktor yang membuat doa kita tidak didengar Allah.. ternyata akibat darah kita yang sudah tercemar dengan makanan yang kita tdk tahu halal dan haramnya.. dan disana tertulis bahwa obatnya adalah puasa..boleh puasa daud ..boleh juga puasa Rasullullah senin kamis… sy mencoba puasa daud terlebih dahulu sesuai kemampuan sy..jika tidak mampu barulah sya beralih ke puasa snin kamis. manfaat yang saya peroleh alhamdulillah.. perut sya berkurang buncitnya, badan terasa segar, berat badan turun 5 kilo dalam waktu 10 hari..jadi sy g perlu diet susah2.. lalu semua permintaan sy dalam do’a alhamdulillah terkabulkan..rejeki dilancarkan… sekarang sy sedang berdoa untuk memperoleh momongan… smoga Allah mengabulkan permohonan sya aminn…

  79. Alhamdulillah saya bisa bersilaturahmi di sini.
    Kebetulan saya juga punya pengalaman unik mengenai puasa Daud ini, yang pernah saya lakukan hampir 2,5 tahun lamanya.

    Awalnya pada tahun 1999, ketika sedang kuliah di Jogja, saya sedang dirundung banyak masalah, mulai dari pekerjaan, keuangan, sampai dengan masalah kuliah yang tidak selesai-selesai. Tiap hari bawaan saya emosi dan memarahi orang.

    Suatu saat saya bertemu dengan sebuah kesadaran bahwa menjalankan puasa Ramadhan itu nikmat, pikiran menjadi jernih, dan hati menjadi tenang, namun setelah Idul Fitri terlewati, hati menjadi gelisah lagi. Saya berkesimpulan harus puasa lagi. Masalahnya apabila puasa Senin-Kamis; karena lewat beberapa hari, saya sering lupai, dan perut menjadi malas lagi berpuasa.

    Suatu hari secara tidak sengaja saya mendengar ceramah di radio yang menceritakan kalau Amin Rais sudah berpuasa Daud dari umur 17 tahun, hingga hari ini. Saya tertarik sekali, dan langsung melaksanakan puasa tersebut.

    Alhamdulillah, lama kelamaan emosi saya menjadi stabil, bahkan saya sampai pada kesimpulan: bahwa bukannya “jangan marah apabila sedang berpuasa,” tapi justru karena berpuasa, emosi kita menjadi staabil.. Lha wong yang dipikirkan perut? Bagaimana bisa marah. Segala urusan saya menjadi lancar, dan saya bisa menyelesaikan Tugas Akhir tanpa kesulitan yang berarti.

    Belakangan ada hal lain yang baru saya sadari. Sewaktu tahun 2003 saya pulang ke Jogja, saya mendapat informasi, bahwa semasa kuliah ada orang yang tidak suka sama saya, dan hendak berniat jahat, namun entah kenapa tidak jadi. Kejadian lainnya lebih unik, seolah-olah saya punya semacam “kharisma” tertentu, karena ada juga teman, yang saking segannya, hingga untuk lewat di depan saya pun tidak berani, dan memilih jalan memutar.

    Apakah itu yang menyebabkan seorang Amin Rais bisa meruntuhkan keperkasaan Suharto? Seperti yang dilakukan nabi Daud ketika mengalahkan Goliat?

    Wallahu A’lab Bissawab.

  80. Alhamdullilah, puji syukur kepada Mu ya Allah, semoga semakin banyak yang berpuasa daud karena perbuatan itu melatih jiwa dan ruhani kita agar lebih siap menghadapi persoalan hidup. Pengalaman sy berpuasa daud selama ( > 12 bln an ) ini amat membantu pikiran dalam menyelesaikan berbagai persoalan karena sy selalu ingat sedang berpuasa, setelah beberapa hari di evaluasi dg pikiran jernih banyak hal2 negatif yang bisa sy hindarkan, bahkan berkembang semangat lb fight lagi menghadapi persoalan tsb. hati dan pikiran kita menjadi jernih dan selalu termotivasi utk lebih baik lagi dan lebih baik lagi……terima kasih pak hadiyatna sharing pengalaman nya juga rekan-rekan yg lain nya.

  81. Alhamdulilah saya sudah 2 bulan menjalani puasa daud.Dan semakin senang ketika menemukan komunitas yang punya minat yang sama.Sukses semua.

  82. ass….
    mas berbagi info ya………
    saya pernh mendengar ad seorang yng khrismtik mengmlkan puasa 21 hari. untuk membersihkn jiwa.
    bgaimana menurut mas? dakah manfaat lain selain itu? terimakasih

  83. asslamu’alaikum w rahmatullah…
    Jzkm4JJI unt ustdz Hadi atas blog shaumnya, jg kpd ikhwan/akhwat yg tlh sharing pnglaman shaum daud nya.
    smga kita semua masuk jannah-Nya melalui ar-royyan..amien

  84. assalamulaikum wr.wb.
    senang rasanya saya bisa bertemu dengan dengan blok anda, usia saya 21 tahun, sebagai seorang pemuda hal yang saya hadapi adalah hawanafsu yang mengelora, maka dari itu saya mencari jalan keluar dengan cara puasa sunat senin-kamis, setelah berjalan kira-kira 2 bulan, saya merasa puasa senin-kamis kurang, karena jaraknya terlalu jauh hal itu dapat memberi peluang nafsu saya kembali menggelora, akhirnya saya memutuskan untuk puasa Daud alhamdulillah sampai sekarang blm pernah bolong, cobaan yang paling berat dalam menjalan kan puasa ini, adalah pekerjaan namun dengan tekat yang kuat saya tetap menjalaninya.

  85. Alhamdullillah akhirnya ketemu blog ini yang berbagi pengalaman seputar puasa Daud.
    Salam persaudaraan Mas Hadiyanto
    Jujur saya baru mulai puasa Daud kemarin tgl 14 June 2011 dan besok 16 june 2011 ke 2 puasa Daud saya.
    Saya niat puasa Daud karena Alloh dan semoga bisa tetap istikomah untuk menjalani puasa sunah ini.
    Blog ini akan saya bookmark sebagai tetenger saya menulis mengawali puasa Daud mohon ijin untuk ini ya Mas.
    Salam Asah Asih & Asuh

  86. Salam persahabtan Mas Hadiyanto
    Senang rasanya membaca blog ini dan terutama sharenya dari saudara2 kita tentang pengalaman puasa Daud.
    Saya sendiri baru mulai puasa sunnah Daud hari selasa 14 June 2011 dan besok 16 June 2011 ke 2 puasa Daud saya, Dan insyaalloh bisa istikomah menjalankan puasa Daud dan niat karena Alloh ta’ala.
    Mohon ijin Mas blog di bookmark untuk tetenger saya mengawali puasa Daud ini dalam Blog ini.
    Terima kasih
    Salam.

  87. terimakasih bro hadiyanta buat artikelnya. InsyaAlloh saya [coba] niat untuk menjalani.

    ctrl+d

  88. Saya mauuuuu puasa daud.PASTI BISA!!!

  89. Terasa manfaatnya baru 7 hari PD menjalani perut terasa kenyang nafsu makan jadi menurun. Perut sepertinya memilih milih makanan yang hendak di makan semoga pencernaan semakin baik, ayo share pengalaman yang sudah PD istikomah
    Salam

  90. Saya pernah baca, untuk menghindari riya’, kita sebaiknya menyembunyikan ibadah kita, termasuk puasa sunah. Saya ada pengajian rutin setiap hari sabtu yang selalu diselingi makan siang bersama. Kalau berpuasa daud tentunya setiap 2 minggu sekali (sabtu selang-seling) pas jatuh pada hari saya puasa daud. Pengajian ini berupa kelompok kecil saja, sehingga kalau tidak makan pasti ketahuan atau ditanya tuan rumah. Bagaimana cara menyembunyikan puasa daud dalam kondisi ini? Bagaimana cara menjawab tuan rumah?

  91. numpang lewat ya. Kalau mau jalan-jalan ke medan, or kalau mau wisata kuliner di medan, jangan lupa mampir di blog indrahalim.com ya… di situs itu lengkap reviewnya tuk resto or kedai yg menyediakan makanan enak di medan.. thx!

  92. Bismillah ..asalamualaikum,
    Alhamdulillah kami juga sudah puasa daud sejak 7tahun yang lalu hingga sekarang Insyak Allah diberikan kesehatan dan diberikan rezeki dan kenikmatan oleh Allah mohon dijauhkan dari segala yang tidak baik…amien ya.. Allah terima kasih kami diberikan kesehatan dan kekuatan serta segalanya terima kasih ya Allah>>>>> bunda queentiek email ttbunda_qcp@yahoo.com or bundaratu99@yahoo.co.id terima kasih semoga kita semua diberikan yang terbaik amien>>>>

    • Bismillahirrahmanirrahiiim…
      Assalamu Alaikum Bunda…………
      Jika Bunda berkenan tolong di sharing pengalaman2nya selama menjalani Puasa Daud AS selama 7 tahun…..

      Saya Rusdy di Manado…..email rusdy.mega@yahoo.co.id

      Bersyukurlah orang-orang yang mempunyai niat untuk melakukan puasa Daud apalagi orang-orang yg memang sudah menjalankan puasa Daud karena puasa Daud itu adalah merupakan karunia dan hidayah dari Allah SWT yang khusus diberikan kepada hamba-hamba-NYA yang terpilih.

      jadi bagi saudara-saudaraku yang telah mempunyai niat, maka bersegeralah merealisasikan niatnya itu……dan bagi saudara-saudaraku yg telah menjalankan puasa Daud, tetaplah ISTIQOMAH, insya Allah, Aamiin

      Wassalam

      Rusdy

  93. asikkkkkkkkkkkkkkkkk

  94. Assalamu’alaikum wr. wb

    Semoga Allah memberikan kemudahan2 dan kebaikan bagi kita semua dengan puasa daud, amiiin.

  95. Alhamdulillah, meski kadang bolong-bolong saya paksakan diri untuk berpuasa dan merutinkan tahajud shalat malam meski kadang cuma 2 atau 4 rakaat hasilnya subhanallah. sudah hampir 8 tahun, saya belum pernah menderita sakit apapun….dan rejekipun lancarnya minta ampun. Berulangkali saya ditipu bahkan dicurangi …bahkan yang terakhir 20 juta dana saya dilarikan teman. Allah maha Kuasa maha Tahu…maha merencanakan Maha mengganti.Alhamdulillah dalam waktu 1 tahun diganti 3 kali lipat dari yang hilang itu. Kemarin 21 ramadhan 1432 anak saya yang ke-3 lahir. Benar-benar kuasa Allah SWT. Kerabat-kerabat jauh pada datang dan membantu dana yang besarnya kurang lebih 10 juta. Di RS. ada pengunjung misterius yang membayari biaya kelahiran anak saya… Subhanallah…

  96. Saya mauuuuu puasa daud.PASTI BISA!!!

  97. Salut…. Semangat pak!

  98. subhanaAllah, hebat engkau..
    puasa jg sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah

    http://temonsoejadi.wordpress.com/2011/10/05/abu-nawas-sebuah-lilin/

  99. subhanallah.. sya jadi tertarik untuk istiqomah . semoga …amiinn :)

  100. Bismillahirrahmanirrahiiim…
    Assalamu Alaikum …………

    Bersyukurlah orang-orang yang mempunyai niat untuk melakukan puasa Daud apalagi orang-orang yg memang sudah menjalankan puasa Daud karena puasa Daud itu adalah merupakan karunia dan hidayah dari Allah SWT yang khusus diberikan kepada hamba-hamba-NYA yang terpilih.

    jadi bagi saudara-saudaraku yang telah mempunyai niat, maka bersegeralah merealisasikan niatnya itu……dan bagi saudara-saudaraku yg telah menjalankan puasa Daud, tetaplah ISTIQOMAH, insya Allah, Aamiin

    Wassalam

    Rusdy

  101. Bikin semangat artikelny, alhamdulillah sy bisa berpuasa Daud setelah sekian tahun hanya sekedar niat, pgalaman yg saya rasakan lbh bisa mngendalikan hawa amarah, lbh sabar, dan lebih bisa mensyukuri, smoga istiqomah. Aamiin.

  102. Bismillahirrahmanirrahiiim…
    Assalamu Alaikum …………

    Sahabat seiman, sy akan menceritakan pengalaman sy seperti mas Hadiyanta pemilik blok ini, manfaat dan faedahnya sangat luar biasa apabila kita jalankan dengan ikhlas dan penuh keyakinan…memang seharusnya seperti itu apabila kita melaksanakan seluruh ibadah kepada ALLAH SWT.

    1. Pengalaman Kesehatan :
    Sy sudah hampir satu tahun menjalankan puasa Daud dan pada awalnya memang sudah akan sy amalkan sampai usia sy menginjak 40 tahun yg merupakan nazar sy bahwa usia kematangan sepiritual itu di tahun keemasan yaitu mulai usia 40. Insya Allah akan sy lanjutkan seterusnya.

    Pengalaman pertama/ fase awal melaksankan puasa ini, berat dan secara fisik akan mengalami perbedaan yg sebelumnya belum dirasakan akan dirasakan pada pada fase ini, seperti : badan akan sakit dahulu, indra pencak / rasa dilidah terasa hilang/ hambar (ini berjalan baru satu bulan).

    Fase menengah, mulai menyesuaikan diri badan di tubuh akan terbiasa dengan rutinitas puasa ini. Sebagai informasi sebenarnya sy ini adalah olahragawan dan hoby sekali dengan Badminton, dgn usia sy sudah tidak dapat lagi mengejar prestasi (karena pernah juara pertama ganda putra di UI Cup dan terakhir Juara 3 Tunggal Putera di Jasa Boga Cup I Sejabotabek di Bulan Feb. 2011, setelah 3 bulan sy mengamalkan puasa Daud). Untuk dipakai dalam berolah raga pun terasa enteng di badan dan stamina pun bisa bertahan lama (endurance). Namun setelah itu entah mengapa sy justru memutuskan puasa Daud ini pengganti sy bermain Badminton karena mengingat usia sy yg sudah tidak pas lg mengejar prestasi dan hanya manfaat kesehatan saja yang dapat sy rasakan.

    Fase akhir, fase yang sudah akan merasa ada yang hilang apabila kita tidak melakukan puasa Daud, dan malah aneh kalo temen2 di kantor dan keluarga di rumah kalo kita tidak puasa. Jadi fase di mana kita merasa butuh dan senang sekali melaksanakan ibadah ini. Pengalaman kesehatan yg sy alami betapa lezat n nikmatnya menjalan kan puasa ini, apabila perut bunyi keriuk2 itulah kenikmatan sesungguhnya (sampai sy ditertawakan teman sy yg hobi nya makan dan mempunyai tubuh yg gemuk). Sebagai catatan sy melakukan puasa ini juga masih bolong2 terutama apabila di hari Sabtu dan minggu sering ada acara kondangan dan acara keluarga yg seharusnya kita makan bersama jd sy batalkan.

    2.Pengalam Spiritual dan Kehidupan :
    Pada fase awal godaanya adalah, melatih kebiasaan yg tadinya tidak puasa maka tubuh ini harus biasa puasa dan rasa nya berat sekali apalagi kalo ada ajakan makan gratis (RATU = Ra tuku) wah berat sekali.
    Fase menengah ada godaan pada wanita, ada beberapa wanita kok malah semakin dekat dgn sy, apakah ini hasil amalan sy tapi setelah sy analisa oh ini bukan hasil amalan tapi GODAAN-GODAAN yg sy harus bisa lewati dan lalui.
    Fase akhir atau ke-tiga (mungkin teman2 seiman punya berapa fase lain yg dapat berbagi pengalaman, bukan hanya fase ini). Nah di fase ini pengalaman yg tidak diduga bahwa keinginan sy dan istri sy sangat besar yaitu dapat membeli mobil yg menjadi impian kami berdua walupun hanya mobil bekas (dan memang mobil ini yg sudah menjadi afirmatif/ keinginan bawah sadar kami berdua). Malah kami punya rencana akan terwujud paling cepat 3 atau 4 tahun, namun malah dipercepat Subhanallah, Allahu Akbar, Alhamdulliah dalam tempo 6 bulan sy menjalan puasa Daud ini impiankan dikabulkan dan terwujud…Amin YRA ya Allah.

    Itu saja mungkin yg dapat sy bagi / share pengalaman sy semoga dapat terkabul cita2 para teman2 seiman atau pembaca khalayak umum, sy tidak bermaksud apa2 sedikitpun apalagi ria dalam beribadah nauzubillahminzalik, semoga sy terlepas dari sifat tersebut. Dan pengalaman ini dapat memcacu sy dan para pembaca untuk dapat mengamalkan ibadah kepada Allah SWT, baik puasa Daud maupun ibadah ibadah Sunah lainnya semata-mata mencari Ridho Allah SWT.

    Terakhir sebelum menutup tulisan ini, sebagai wacana sy dalam melaksanakan puasa Daud ini, bukan berarti sy mengecilkan arti dan faedah/manfaat puasa SENIN KAMIS yg dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Ternyata setelah dilaksankan dan dirasakan pengalamanya sangatlah berat puasa SENIN KAMIS dibanding dengan puasa DAUD (ini dapat pembaca rasakan apabila sudah berjalan 3 bulan) mengapa setelah sy analisa karena puasa SENIN KAMIS ada jeda tidak puasa nya antara 2 – 3 hari, jadi perut ini tidak terbiasa akan terasa lemas dan penyesuain lagi, sedangkan puasa Daud, sudah terpola dan terbiasa jd tidak lemas badan orang orang yang melaksanakan puasa ini (ini hanya anggapan/assumsi sy diterima syukur dan tidak diterima juga tidak apa-apa). Selanjutnya alasan mengapa puasa Daud merupakan amalan puasa yg paling utama di sisi ALLAH SWT (hadist) ? ini karena kebesaran Nabi Muhammad SAW yg tidak sombong dan tidak merasa bahwa amalannya lah yg paling uama dan paling benar jadi Nabi Muhammad mempersilhakan berpuasa Sunah Daud ini bagi yg mampu dan bagi yg tidak banyak lg pilihan untuk berpuasa selain puasa Senin Kamis, Puasa 3 hari tiap bulannya ditanggal 13, 14 dan 15 dan banyak lg.

    Ini saja yg dapat sy sampaikan lebih kurangnya mohon maaf apabila ada tulisan sy tidak berkenan atau salah, mohon dikoreksi dan diperbaiki untuk kemajuan diri sy.

    Wabilahitaufik walhidayah Wslm Wr Wb.

    Haris Bogi Yuliyarso
    email : bogi@lpem-feui.org

  103. Bismillahirrahmanirrahiiim…
    Assalamu Alaikum …………

    Sahabat seiman, sy akan menceritakan pengalaman sy seperti mas Hadiyanta pemilik blok ini, manfaat dan faedahnya sangat luar biasa apabila kita jalankan dengan ikhlas dan penuh keyakinan…memang seharusnya seperti itu apabila kita melaksanakan seluruh ibadah kepada ALLAH SWT.

    1. Pengalaman Kesehatan :
    Sy sudah hampir satu tahun menjalankan puasa Daud dan pada awalnya memang sudah akan sy amalkan sampai usia sy menginjak 40 tahun yg merupakan nazar sy bahwa usia kematangan sepiritual itu di tahun keemasan yaitu mulai usia 40. Insya Allah akan sy lanjutkan seterusnya.

    Pengalaman pertama/ fase awal melaksankan puasa ini, berat dan secara fisik akan mengalami perbedaan yg sebelumnya belum dirasakan akan dirasakan pada pada fase ini, seperti : badan akan sakit dahulu, indra pencak / rasa dilidah terasa hilang/ hambar (ini berjalan baru satu bulan).

    Fase menengah, mulai menyesuaikan diri badan di tubuh akan terbiasa dengan rutinitas puasa ini. Sebagai informasi sebenarnya sy ini adalah olahragawan dan hoby sekali dengan Badminton, dgn usia sy sudah tidak dapat lagi mengejar prestasi (karena pernah juara pertama ganda putra di UI Cup dan terakhir Juara 3 Tunggal Putera di Jasa Boga Cup I Sejabotabek di Bulan Feb. 2011, setelah 3 bulan sy mengamalkan puasa Daud). Untuk dipakai dalam berolah raga pun terasa enteng di badan dan stamina pun bisa bertahan lama (endurance). Namun setelah itu entah mengapa sy justru memutuskan puasa Daud ini pengganti sy bermain Badminton karena mengingat usia sy yg sudah tidak pas lg mengejar prestasi dan hanya manfaat kesehatan saja yang dapat sy rasakan.

    Fase akhir, fase yang sudah akan merasa ada yang hilang apabila kita tidak melakukan puasa Daud, dan malah aneh kalo temen2 di kantor dan keluarga di rumah kalo kita tidak puasa. Jadi fase di mana kita merasa butuh dan senang sekali melaksanakan ibadah ini. Pengalaman kesehatan yg sy alami betapa lezat n nikmatnya menjalan kan puasa ini, apabila perut bunyi keriuk2 itulah kenikmatan sesungguhnya (sampai sy ditertawakan teman sy yg hobi nya makan dan mempunyai tubuh yg gemuk). Sebagai catatan sy melakukan puasa ini juga masih bolong2 terutama apabila di hari Sabtu dan minggu sering ada acara kondangan dan acara keluarga yg seharusnya kita makan bersama jd sy batalkan.

    2.Pengalam Spiritual dan Kehidupan :
    Pada fase awal godaanya adalah, melatih kebiasaan yg tadinya tidak puasa maka tubuh ini harus biasa puasa dan rasa nya berat sekali apalagi kalo ada ajakan makan gratis (RATU = Ra tuku) wah berat sekali.
    Fase menengah ada godaan pada wanita, ada beberapa wanita kok malah semakin dekat dgn sy, apakah ini hasil amalan sy tapi setelah sy analisa oh ini bukan hasil amalan tapi GODAAN-GODAAN yg sy harus bisa lewati dan lalui.
    Fase akhir atau ke-tiga (mungkin teman2 seiman punya berapa fase lain yg dapat berbagi pengalaman, bukan hanya fase ini). Nah di fase ini pengalaman yg tidak diduga bahwa keinginan sy dan istri sy sangat besar yaitu dapat membeli mobil yg menjadi impian kami berdua walupun hanya mobil bekas (dan memang mobil ini yg sudah menjadi afirmatif/ keinginan bawah sadar kami berdua). Malah kami punya rencana akan terwujud paling cepat 3 atau 4 tahun, namun malah dipercepat Subhanallah, Allahu Akbar, Alhamdulliah dalam tempo 6 bulan sy menjalan puasa Daud ini impiankan dikabulkan dan terwujud…Amin YRA ya Allah.

    Itu saja mungkin yg dapat sy bagi / share pengalaman sy semoga dapat terkabul cita2 para teman2 seiman atau pembaca khalayak umum, sy tidak bermaksud apa2 sedikitpun apalagi ria dalam beribadah nauzubillahminzalik, semoga sy terlepas dari sifat tersebut. Dan pengalaman ini dapat memcacu sy dan para pembaca untuk dapat mengamalkan ibadah kepada Allah SWT, baik puasa Daud maupun ibadah ibadah Sunah lainnya semata-mata mencari Ridho Allah SWT.

    Terakhir sebelum menutup tulisan ini, sebagai wacana sy dalam melaksanakan puasa Daud ini, bukan berarti sy mengecilkan arti dan faedah/manfaat puasa SENIN KAMIS yg dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Ternyata setelah dilaksankan dan dirasakan pengalamanya sangatlah berat puasa SENIN KAMIS dibanding dengan puasa DAUD (ini dapat pembaca rasakan apabila sudah berjalan 3 bulan) mengapa setelah sy analisa karena puasa SENIN KAMIS ada jeda tidak puasa nya antara 2 – 3 hari, jadi perut ini tidak terbiasa akan terasa lemas dan penyesuain lagi, sedangkan puasa Daud, sudah terpola dan terbiasa jd tidak lemas badan orang orang yang melaksanakan puasa ini (ini hanya anggapan/assumsi sy diterima syukur dan tidak diterima juga tidak apa-apa). Selanjutnya alasan mengapa puasa Daud merupakan amalan puasa yg paling utama di sisi ALLAH SWT (hadist) ? ini karena kebesaran Nabi Muhammad SAW yg tidak sombong dan tidak merasa bahwa amalannya lah yg paling uama dan paling benar jadi Nabi Muhammad mempersilhakan berpuasa Sunah Daud ini bagi yg mampu dan bagi yg tidak banyak lg pilihan untuk berpuasa selain puasa Senin Kamis, Puasa 3 hari tiap bulannya ditanggal 13, 14 dan 15 dan banyak lg.

    Ini saja yg dapat sy sampaikan lebih kurangnya mohon maaf apabila ada tulisan sy tidak berkenan atau salah, mohon dikoreksi dan diperbaiki untuk kemajuan diri sy.

    Wabilahitaufik walhidayah Wslm Wr Wb.

    Haris Bogi Yuliyarso
    email : bogi@lpem-feui.org

  104. Mangstap…Mas

  105. Aslkm pak salam kenal , insyaalloh ikut bergabung

  106. alhamdulillah diusia ke 40 saya bisa menjalankan puasa Daud, merupakan nikmat Allah yang tiada tara, semoga Allah memberikan petunjuk kepada kita dan saudaraku muslimin/muslimat yang senantiasa berusaha untuk menjadi orang yang bertaqwa

  107. Mari saudaraku kita niatkan puasa Daud hanya semata untuk mendekatkan diri kepada Allah, sehingga kita lebih khusuk dan istiqomah dalam menjalakan ibadah kepada Allah, barang siapa Taqwa kepada Allah niscaya Allah akan memberikan rezeki yang datangnya tidak disangka-sangka

  108. Jd pingin puasa rutin lagi

    Thank you sharingnya

  109. manfaat puasa daud ithu apa?

    • itu puasa yang paling dicintai Allah sesuai hadits Bukhari & Muslim. tidak ada lagi yang lebih besar selain dicintai Allah. tentu saja banyak hikmah lain seperti yang banyak ditulis di comment2x di atas.

  110. terima kasih teman- teman, kalau boleh tahu bagaimana caranya puasa daud, mulai sahurnya dan berbukanya apakah sama dengan puasa ramadhan waktunya, menurutnya pengertiannya yang saya cari puasa daud itu sahurnya pada jam 12 malam dan berakhir juga jam 12 malam apakah benar cara tersebut mohon petunjuknya tolong diemailkan terima kasih atas bantuan bantuan rekan rekan semoga amal ini mendapat balasan dari yang diatas amin

    • teknisnya sama dengan puasa wajib atau sunah lain, mulai subuh hingga magrib. dianjurkan mengikuti sunah untuk makan sahur. lebih nyunah lagi kalo sahur dilambatkan misalkan 30 menit sebelum subuh.

  111. assalamualaikum wr wb…
    sekedar berbagi pengalaman yang masih sangat minim….pengalaman saya menjalankan puasa ini adalah hati tenang…dimudahkan ketika ada masalah….saya belum dapat ijin suami puasa daud jika puasa ini jatuh di hari minggu/tanggal merah dimana suami saya ada dirumah…tapi dilubuk hati saya ingin sekali benar-benar menjalani puasa ini dengan sempurna.

  112. assalamu’alaikum
    saya baru mau mulai puasa daud. saya mau tanya seumpama kita berhenti puasa daud gak tau itu kapan …… boleh gak? puasa daud gak ada ketentuan harus seumur hidup kan? takut soalnya kan kita gak tau tib kita pengen berhenti gak dosa kan?

    • maaf seblumny..puasa daud itu ibadah yg sunnah jd klo tdk dilaksanakn jg tidk mendapatkan dosa,,tp lebih baik dilaksanakan apalagi scara istiqoma ( terus menrus)..
      wallahua’lam

  113. semoga allah selalu melindungi bapak….amin…pak alhamdulillah saya sedang belajar berpuasa daud…tp saya bingung…selama puasa,saya merasa ditunjukan oleh allah sifat2 buruk saya….tp semua itu membuat saya putus harapan……….lalu apa yang mesti saya lakukan?

    • jangan putus harapan. mungkin hikmah puasa agar kita lebih berhati2x ke depan dengan menjauhi sifat buruk tersebut.

      • AssalAmu’alaikum…
        Yuk di tAhun 2012 ini kita awali dengan niat mem-BAja untuk melAksanakan PuAsa Daud..semoga dengan riyadhoh kita Allah mengabulkan apa yang menjadi hajad kita semua.terutama saya pribAdi di Usia 26 ini mengharap dAtangnya pasangan hidup yang Allah Ridho’i….saya berharap Sharing dari Antum semua di comment ini yAng telah merasakan Manfaat dari puasa daud tentunya bukan lah niatan Riya’ dan jika ada yang beranggapan sHaring di sini adalah Riya’ yang demikian kembali kepada pribadinya dan saya meragukan kebersihAn hati orang tersebut. Ini semata-mata adalah membentuk keyakinan kokoh dalam pribadi sebelum kita berangkat ibadah puasa DaUd. Sekian dari saya.
        SUPRAPTO_e-mail: suprapto24@yahoo.com

  114. mas bisa dinformasikan tanggal yang tidak booeh puasa dari januari 2012 sampe desember 2012 karena saya tidak tahu kalender islam,,,dan saya mempunyai niat puasa sampai saya tidak sanggup lagi…

    • setahu saya, yang tidak boleh puasa sunnah Daud adalah dua hari raya ( Idul Fitri dan Idul Adha ) dan hari tasyrik ( 11-13 zulhijjah ) saja. silakan dikonversi ke kalender masehi.

  115. Terima kasih artikelnya…Alhamdulillah, bunda sudah menginjak tahun ke 9 jika tidak salah untuk menjalankan puasa Daut sebelumnya bunda puasa senen Kemis untuk menjadikan bunda naik kelas dimata Allah bunda..puasa Daut… dan Insyak Allah hanya semata bertobat dan mendekatkan diri kepada Allah.>>> alhasil..>>> segala macam penyakit CANCER dan Kolestrol bunda hilang>>>> sekarang … lebih bugar… dan tawakal Insyak Allah..bunda belajar dan terus belajar untuk bersujud dan taat menjalankan perintah… Allah dan menjauhi larangannnya>>>>>amien>>> semoga Allah senantiasa selalu melindungi kita dan diberikan kebahagiaan dunia wal akhirat…amien>>

  116. alhamdulillah..mohon doa temen2 tahun 2012 ini ,memperbaiki ahlak saya ,yang slalu ninggalin solat,puasa romadhon slalu bermaksiat,dengan doa temen2 diblog ini saya mulai dengan puasa daud dan dengan Rahmat Allah SWT semoga diampuni segala kesalahan saya..

  117. Assalamualaikum pak Hadiyanta………..

    saya udah lama tau puasa Daud…. tapi saya cari hadis dan buku2 untuk pedoman dan cara menghitungnya gak ketemu2 …. tapi saya Niat dan sudah mulai puasa Daud dari tanggal 15 dan 17 Desember 2011puasa tgl 19 saya haid dan setelah mulai shalat saya langsung puasa Daud lagi jadi hitungan selama haid gak saya hitung, karena gak tau cara menghitungnya minggu pertama puasa ujiannya berat saya sakit tapi saya terus puasa Daud alhamdulillah sekarang udh 19 hari puasa dan selama puasa daud banyak manfaat yang saya rasakan terutama untuk kesehatan dan mulai belajar Sabar, saya mohon doa dari bapak dan teman2 agar kebaikan ini bisa saya laksanakan terus… amin

  118. Assalamualaikum…. Wr..wb…
    Sy merasa senang sekali, mendengar berita gembira dari teman2 semuany…..,
    karna skrang ini sy juga lg menjalankan puasa daut… Kira2 udah 1 bulanan.., dan hasilnya alhamdulilah, maag sy hilang, pencernaan lancar, dan hati sy terasa lebih dekat dgn yang maha pencipta.
    Semoga teman2 semuanya bisa menjalankan puasa ini dengan lancar yeahh…
    Dan semoga apapun yang kita lakukan di ridhoi oleh Allah SWT.
    Amiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnn…….

  119. Ku dukumg tp syg ku blm bs jalanin

  120. artikelnya luar biasa akh,bagus banget………
    rumah buku

  121. Assalamualaikum Pak Hadiyanta ,

    Terima kasih sudah ada blog yang khusus membahas puasa daud ini. Senang sekali bisa berkumpul dengan komunitas ini , karena di kehidupan sehari hari, jarang kita bisa menemui komunitas yang juga menjalankan puasa daud bersama untuk saling sharing and learning.

    Mau sharing buat teman teman di sini manfaat dan kiat puasa Daud. saya saat ini alhamdullilah juga sudah berjalan 7 bulan ini menjalankan puasa Daud. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan selain untuk meningkatkan ketagwaan ( lebih sabar, lebih dekat dengan Allah, bisa tahajud setiap hari) , kesehatan ( badan lebih enteng , pencernaan lebih baik , metabolisme tubuh jadi baik), keluarga, pekerjaan, manfaat lain dalam hal duniawi yang kita tidak duga duga. intinya adalah positif sekali. Silakan di coba dan masing masing nanti akan mengalami pengalaman spiritual yang berbeda beda tentunya.

    Pak Hadiyanta dan teman teman, saya juga ingin bertanya, sampai berapa lama puasa daud ini dianjurkan? apakah setelah satu tahun, atau sampai 7 ramadhan? atau ada anjuran sampai batas waktu tertentu?

    Wassalam,

    • Setahu saya tidak ada hadits yang menyebutkan batas waktu puasa daud ini. hanya disebutkan di hadits bahwa ibadah yang paling dicintai Allah adalah puasa Nabi Daud dan shalat malam Nabi Daud. jadi selama kita ingin dicintai Allah, dilakukan saja terus puasanya. Wallahu’alam.

    • mas joko bisa sharing sama saya

  122. Pak..klo saya dulu smp suka puasa senin kamis…tp pas smk kelas 1 saya baru mulai puasa nabi daud…dari dulu niatnya sih buat ibadah aja…krn inget kata mendiang nenek saya klo orang hidup itu hrs punya andalan amal baik…jd saya memilih merutinkan puasa sunah…
    klo diitung2 dari smk kelas 1 sampai sekarang saya puasa kurang lebih dah 14 taon puasa daud.
    boleh gak pak klo sy punya keinginan berpuasa daud sampai akhir hayat….mudah2an situasi dan kondisi mendukung selalu.

  123. ya harus sering baca baca terus tentang saum daud dan pengalaman2
    dari semua rekan2 itu yg mmbuat tekad saum daud t bisa kontinyu

  124. Assalammualaikum Wr. Wb.

    Salam silaturahmi Mas Hadi. Subhanallah jadi ikut semangat :) Alhamdulillah Saya sendiri mencoba membiasakan diri untuk puasa senin dan kamis (sudah sekitar 5 tahun). Niatnya ingin bisa meng-upgrade diri, eh Alhamdulillah baca semangat teman2 untuk puasa daud makin mengukuhkan hati ini :)

    Puasa senin kamis saja banyak manfaat yang saya dapatkan, salah satunya hati lebih nyaman dan tenang meski berbagai kesibukan. Pernah sekali waktu saya melepaskan puasa senin kamis, eh ternyata bukannya rapih malah berantakan. Selain itu, beberapa hajat saya seperti dimudahkan selama puasa tersebut.

    Nah, puasa senin kamis saja seperti itu bagaimana dengan puasa daud ya? InshaAllah smg semakin lurus niat saya..Amin..

    Wslm.

    • Insya Allah ditingkatkan Mas, dengan niat yang kuat dan ikhlas, insya Allah akan diberikan kekuatan dan kemudahan dalam melaksanakan Puasa Daud, Aamiin

      Wassalam

      Rusdi di Manado

  125. Puasa Daud (PD) saya lakukan setelah 2 tahun pensiun dari PNS, Saya menyesal terlamabat melakukan PD. Alhamdulillah setelah PD 3 bulan saya tidak memerlukan obat lagi untuk darah tinggi. Saya adalah orang yg tempramental tapi kini kesabaran saya sangat luas, saking sabarnya saya tidak bisa marah padahal saya ditipu orang (uang Rp.23 juta). Saya mulai PD awal Januari 2012 dengan niat meningkatkan kualitas ibadah. Istri saya tertular untuk ikut PD. Semoga saudara muslimin dan muslimat tidak ragu melaksanakan PD

  126. Assalamualaikum wr wb
    Alhamdulillah akhirnya menemukan blog tentang puasa daud
    Puasa On Of sepanjang hayat kita, amien ……
    Semoga share pengalaman dari Pak Hadiyanta juga teman-teman
    seperjuangan semua, menyemangati komitmen saya berpuasa
    daud sepanjang hidup di dunia.
    Semoga kita semua berkumpul dan berbahagia antri di pintu
    surga ArRoyyan…amien…..

  127. puasa nabi daud memang banyak hikmahnya,ya Rabb,,berikan daku kekuatan untuk istiqamah dalam menjalankannya.

  128. Assalamu ‘Alaikum Wr Wb…
    Alhamdulillah pak, saya sudah 3 bulan ini belajar puasa Daud. Awalnya memang berat tetapi kalau niat dan kemauan kuat insya Allah akan diberi kemudahan oleh Allah SWT….mudah-mudahan Allah SWT ridlo pada ibadah kita pak…aminnnn

  129. alhamdulilah skr q sdng mnjlni puasa daud hasilx bs drasakan dr segi ekonomi rezeki luar biasa tp jodoh msh blm kunjung datang hehe…

  130. niatnya bagaimana sih ? sehari puasa sehari ngga tapi pas aw hari puasa tetep buka pas waktu magrib kan ? tolong dijawab yaa soalnya ngga tau ttg puasa daud , ingin mencobaa

    • diniatkan saja dalam hati ingin berpuasa daud. pas hari puasa, tetap berbuka seperti puasa lainnya di waktu magrib.

  131. Saya juga merasakan hebatnya puasa Daud yang saya jalani belakangan ini. Subhanallah.

  132. sehari puasa sehari ndk…di cobA……BISMLLHHRMNIRHIM……mudah2an awal untuk menjadi yang lebih baik….amin..

  133. mantaaaaaaaaaapppppppppp
    sejak 2009 – 2012 masih hidup aja tulisan ini

  134. Subhanallah.
    Pagi tadi, kebetulan saya jadi MC di acara pelantikan IDI di kota Banjarbaru, Kalsel.
    Saat itu ada seorang Professor asal Surabaya yang hadir.
    Beliau memberikan materi untuk mengisi simposium yang juga diadakan setelah pelantikan IDI tersebut.
    Saya kagum, beliau menyampaikan materi dengan begitu karismatik, semangat, dan begitu memukau.

    Alangkah terkejutnya saya ketika saya tahu kalau saat itu beliau sedang berpuasa.

    Dan lebih terkejut lagi ketika ada seorang dokter di dekat saya yang berkata : “Beliau sedang Puasa Daud”.

    Subhanallah, padahal beliau sedang bepergian jauh (dari Surabaya ke Banjarbaru) ditambah lagi beliau harus berkoar koar sebagai pembicara di acara tersebut, tapi beliau sama sekali tidak terlihat lemas.

    Saya begitu kagum pada beliau. Meskipun beliau seorang Professor, tapi beliau sungguh bersahaja. Mungkin kalau orang yang gak kenal dan gak tau, gak bakal menyangka kalau beliau seorang Professor (karena sikap beliau yang sungguh bersahaja dan friendly).

    Dari kejadian itulah saya tergugah untuk mencoba Puasa Daud.
    Saya langsung tergugah untuk mencari info tentang Puasa Daud ini, dan alhamdulillah bertemu dengan teman2 semua di Blog ini.

    Insya Allah, mulai besok, saya berniat untuk menjalankan PD. Semoga Allah memberikan kemudahan dan menguatkan niat saya.

    Oh iya, saya mohon doa juga dari teman2 semua, karena sebentar lagi saya akan menempuh masa masa sulit dari pendidikan saya, karena saya akan masuk koass (pendidikan profesi dokter di rumah sakit). Mohon doa teman2 semua semoga saya terus diberi kemudahan dalam kesulitan pendidikan saya.
    Dan semoga saya bisa terus istiqomah dan menjalankan ibadah termasuk ibadah PD ini selama koass dan terus berlanjut setelahnya.

    Aamiiin. :)

  135. Semog kita semua dimudahkan dalam mengerjakan puasa daud.

  136. Saya mau tanya, niat dari puasa daud bgaimana y?

  137. Niatnya sahaja aku berpuasa sunat nabi daud pada hari ini kerana Allah swt

  138. mas hadi yang terhormat lihat pengalaman bolong2nya kaya saya buaangeeet hehehe jadi malu terima kasih buaaanyak yah saya pengen mencoba lagi sampai akhir hayat saya shaum daud is the best lah ok salam kenal mas

  139. saya menjalani puasa daud belum lama, tetapi didalam pelaksanaannya saya terus berdoa untuk kelancaran usaha dan kesehatan saya.. alhamdulilah usaha laundry saya yang sebelumnya sepi sekarang sudah ramai sekali, sudah dapat membayar gaji karyawan maupun untuk menbayar cicilan bank dan untuk kebutuhan rumah tangga lainnya.. terima kasih ya allah atas berkatmu yang tidak berkesudahan..

  140. Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan karunia puasa Daud kepada saudara-saudariku semua, tetap istiqomah hingga akhir hayat qta semua, aamiin
    Rusdy Haya di Manado…..jika ingin share PINku 20DC41C4

  141. jdi merinding dan terharu kepingin jg mencoba puasa daud

  142. Benar-benar artikel yang menarik dan banyak manfaatnya, saya pribadi baru akan belajar menjalani puasa senin kamis, setelah membaca artikel mas yanta, saya jadi pengen menjalankan puasa daut,terima kasih mas, semoga kita semua diberikan hidayah oleh allah SWT. amin

  143. assalamualaiku ;)
    pak saya baru melaksanakan puasa daud :)
    saya ingin bertanya bagaimana cara saya melanjutkan puasa daud apabla saya mendapat haid pada hari saya melaksanakan puasa daud? apa saya melanjutkan puasa segera setelah kembali suci apa menunggu sehari setelah saya suci ?

    • saya kadang karena keadaan tertentu juga tidak bsia puasa, lalu saat mulai puasa lagi saya urutkan dari awal saya puasa dulu selang selingnya.

  144. Bismillahirrohmanirrohim…..semoga bisa berjalan teratur….amin…

    terimakasih atas info+share pengalamannya…wassalamu ‘alaykum…

  145. Maaf sya baru bisa menemukan tulisan ini.
    Jangan ragu untuk berpuasa, baik itu puasa digital (meminjam istilah masa hadiyanta) maupun puasa senin kamis manfaatnya sangat terasa sekali… Maha benar Allah atas segala firmannya.

    Saya juga penggemar puasa Daud. Alhamdulillah juga telah berpuasa mulai tahun 2008.

  146. kuatkan tekad hamba untuk menjalaniy ya allah…aminnn

  147. ipah sugiartini on 21 sept 2012

    mksh ats semua informasinya semua mengenai puasa daud …
    inyaalloh sy akan coba ..
    tidak ada kata terlambat demi meningkatkan iman dan takwa kita ..
    amiinnnn …

  148. Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

    Insya Allah saya niatkan untuk menjalankan ibadah sunah puasa daud,saya mohon doanya agar di berikan kekuatan dan kesehatan untuk menjalankan puasa daud

  149. alhamdulillah ketemu blog ini…setelah membaca sharing tmn2 diatas sy jadi semganat utk menegakkan puasa daud ini…smg kita semua diberi niat yg kuat dan keistiqomahan hingga akhir hayat…trimakasih bnyk pak Hadiyanta.. =)

  150. Bismillah…dan Alhamdulillah.Mulai tanggal 17 desember 2012 ,walau baru 3 hari saya menjalankan puasa daud tapi saya sudah mendapatkan faedahnya.Saya merasa tenang dan sabar walau begitu banyak orang menfitnah dan menyudutkan saya.karna memang niat awal saya berpuasa adalah ingin slalu dlm lindungan ,ridho,ampunan dari Allah,slalu diberi kebaikan dan kemudahan dalam urusan duniawi.Juga dijauhkan dari orang2 jahat…hingga hidup ini tenang dan damai.Karna saya seorang sigle parent,jelas banyak sekali cobaan yang saya hadapi.maka dengan puasa Daud,Insyaallah…saya bisa menghadapi cobaan materi dan hinaan juga fitnah.Dan saya ingin melihat masa depan anak saya satu2nya sukses dan menjadi anak sholeh…Amin

  151. Allah telah memberi kita banyak nikmat, coba bayangin kalo kita harus bayar,berapa duit yang mesti keluar, kalo di itung itung puasa daud kita belum sebanding dengan apa yang kita dapetin dari Allah“`so…marilah kita doa sama sama agar puasa kita jauh dari kebanggaan trhadap amalan kita sendiri, ingat ketika setan gk bisa nyegah kita untuk berhenti puasa,setan akan menyuntikkan rasa bangga pada diri kita, hingga kadang kita merasal tebih baik dariyang lainnya, heeee heee,ya nggak ??????

  152. sy umur 45 akan puasa Daud. ayo yg muda2, mulai !! jgn keburu tua kyk saya ! waktu tak bisa kembali .. .

  153. Assalamu’alaikum wr.wb. Mas saya seorang ibu 42 tahun, alhamdulillah saat ini sdg rutin puasa senin kamis kecuali kalau sdg haid. Hanya kadang-kadang saya merasa rugi jika hrs tidak berpuasa karena haid dan sempat punya keinginan untuk meneruskan kebiasaan itu dg merubah niat tentunya (hanya menahan-bukan shaum dlm arti sesungguhnya) cuma saya ragu karena untuk puasa wajib saja seorang wanita dilarang jika sdg haid. Sy yakin pasti ada kebaikan dari larangan tersebut. sehubungan dg itu saya ingin bertanya apakah mas punya kajian tentang bagus atau tidaknya seorang wanita haid melakukan puasa. Syukron telah berbagi dengan kami.

  154. Asalamualaikum wr wb. Saya udh menjalani puasa daud 2bl,masyaallah cobaannya berat banget,mau tanya sampe bulan ke berapa ngga ada cobaan yg berat

  155. Mas hadi lam knal ya,aku juga baru thp bljar shoum nabi Daud.minta do’anya mudah2an bisa langgung and mndpatkn ridhoNYA .amiin.

  156. puasa memang baik…

  157. Niat Puasa Dawud

    BISMILLAHIRROHMANNIROHIM
    NAWAITU SAUMA DAWUDA LILLAHI TA’ALA

    atau anda minat dgn

    AJI PENGASIHAN SUKMONINGRAT SEJATI

    Lakunya menjalani kholwat di tempat-tempat yang sepi selama 3 atau 7 hari, mengusahakan untuk tidak tidur dan apabila tertidur maka diupayakan untuk segera bangun kembali. Diupayakan untuk senantiasa terjaga dan mengingat sebanyak-banyaknya kuasa Tuhan Yang Maha Kuasa. Tetap melakukan sholat fardhu dan mengurangi makan dan minum air putih hanya ketika sangat haus. Mantra ini dibaca usai sholat fardhu…..
    SUKMONINGRAT SEJATI IMAN SUCI SUKMO SEJATI SEJATI SIRO TANGIYO REKSANEN AKU ISIKU ILATKUMOLO, PARINGONO ASMORO NABI YUSUF LAN ASMORONE PORO NABI KABEH, SUKSMO CAHYO KANG LUNGGUH ING ATI LAN SANG ADI CAHYO KANG LUNGGUH ING MAKRIFAT DADEKNO AKU AKU LANANG SEJATI
    Mantera diatas dibaca usai sholat sebanyak 3 X
    Usai melakukan riyadhoh tirakat tersebut maka insya alloh ilmu sudah anda miliki.
    Apabila ingin mempraktekkannya,maka baca mantra dibawah ini sambil memegang foto target.
    SUKMONINGRAT SEJATI, IMAN SUCI SUKMO SEJATI, SEJATI SIRO TANGIYO REKSANEN AKU, ALING ALINGONO AKU, ASMORO WULAN RAH IKU, ISI ILAT KUMOLO, YEN SIRO WERUHO KAPILENG KEP ASIKEP ASMORO MIWAH NABI YUSUF CAHYOKU SEDYA SEDYANE NABI KABEH, IDEP KEDEP SI ……………(NAMA TARGET)………MARING AKU, SUKSMO CAHYO KANG LUNGGUH ING ATI KENAKNO KANG MARI KANGEN, SANG ADI CAHYO KANG LUNGGUH ING MAKRIFAT, KENAKNOKANG NGARUNGU PAIMAMAN YO AKU LANANG SEJATI.
    Lihat reaksi target dalam satu atau dua minggu, target akan menyayangi anda dengan sepenuh hati. Mohon tidak untuk main-main dan kedewasaan mental spiritual diperlukan agar tidak ada penyalahgunaan ilmu.

  158. Yes

  159. Rata rata umur orang hidup brp tahun sih.paling kurang lebih 60 tahun coba renungkan bandingkan 60 tahun dgn kehidupan kekal nan abadi?berapa banding berapa tuh..jd ibarat di dunia tuh mampir bersin doank :D hehhe,,,,jd kesimpulanny mari tingkatkan ibadah ibadah sunah jg .sholat sunah ,puasa sunah,zikir,shodakoh pokoknya berbuat demi kemaslahatan umat jg dah,,,sebelum nyawa kita sampai ke tenggorokan,,,,makanya kita harus ekstra dan super,,,sprt yg di forum ini orangnya super super pastinya,,,:D …yg sakit kita doakan cepet sembuh,yg lg kesusahan banyak banyak mendekatkan padanya,yg lg terpuruk cepet bangkit,yg punya hajat kita doain cepet terkabul semoga ridho alloh selalu buat kalian ,jg lupa doain ane jg mulia dunia akherat bro sist heheh sekian dulu…asalamualaikum

  160. Saya jg lg mau mulai puasa daud lg insyaalloh,,,setelah ingat kalo pahala puasa itu yg balas alloh swt,,betapa bangganya coba?investasi kok sama tuhan jelas gak rugi dah hahahah,,,,allohuakbar

  161. saya salah seorang following dlm forum ni..esk puasa lagi…hheheh …suka

  162. wah isi blognya mantep-mantep , duh kpan y saya bisa jadi blogger professional :)

    mantap juara bnget

  163. gw beberapa thn sering puasa, tahajud, dzikir dll tp nasib gk berubah. tetap gk becus nyari jodoh dan rejeki. gw nganggur 10thn dan seumur hdup blm pernah punya pacar. pdhl umur sdh kepala 3. gw kalau nyari jodoh dan rejeki, sering dijahati org. ayah gw sdh gk krja krn sdh tua. hutang ortu makin numpuk.

  164. sebarkan dan gaungkan puasa daud..indonesia puasa sunnah..

  165. Asalammualaikum…..dengan membaca blog ini dan komentar2 nya…Insya Allah saya akan mencoba puasa daud

  166. puasa daud memang sangat dahsyat.
    bagus untuk dikerjakan , namun kadang banyak sekali tantangannya sobat

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.574 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: