Tata cara mendaftar haji


Bagi yang belum tahu tata caranya mendaftar haji, saya bagikan pengalaman saya saat mengantar mertua mendaftarkan Haji.

1. Ke bank yang ditunjuk, kalau saya tadi ke BRI, bukan sembarang BRI tapi BRI yang Cabang, yang paling tinggi tingkatannya di kabupaten, berhubung saya kabupaten Sleman, maka ke BRI Cabang Sleman di Jalan Magelang dekat Samsat Sleman.

2. Sampai di BRI bilang ke satpan mau daftar Haji, nanti akan diarahkan pak satpam harus ambil antrian di bagian mana, tadi saya antrian di CS (Customer Service).

3. Saat giliran di CS tiba, maka bilang mau daftar haji, nanti oleh CS akan dijelaskan untuk tabungan haji maka minimal harus buka dengan nominal Rp. 50.000,- dan kalau mau mendapat nomor antrian, harus menyetor Rp. 20.000.000,-  (mulai 2010 naik menjadi Rp. 25.000.000,- ) jadi total Rp 25.050.000,- Jadi jika anda ingin segera masuk daftar antrian, maka minimal uang yang harus anda setor adalah Rp. 25.050.000,-

4. Nanti akan diberikan kertas keterangan dan Buku Rekening Tabungan Haji, selesai disini, maka anda harus pergi ke kantor Departemen Agama sesuai domisili, maka saya ke kantor Depag Sleman, di Komplek perkantoran Kabupaten Sleman, jalan Merbabu.

5. Di depag ini, langsung menuju ruangan yang pendaftaran haji, nanti disini serahkan saja KTP, Buku rekening tabungan haji, dan surat dari BRI. Dibagian ini harus ngisi-ngisi form seusi KTP. Pastikan sesuai KTP.

6. Langkah selanjutnya adalah foto, untuk foto ini prinsipnya bisa dimana saja, tetapi di depag juga menyediakan, dan tadi biayanya per orang Rp. 70.000,- memang format fotonya lain, yaitu benar-benar close-up, bukan foto setengah badan, jadi dominan kelihatan secara jelas bentuk wajahnya. Jika foto diluar depag kemungkinan salah bisa terjadi, sehingga foto akan ditolak, kan malah bolak balik pusing.

7.Masih di depag tapi dibagian lain, untuk mendapatkan surat keterangan yang ada di surat itu ada foto yang diambil langsung via webcam, surat ini untuk dibawa ke BRI lagi.

8 Jadi balik lagi BRI menyerahkan surat dari Depag tadi, dan juga Rekening tabungan haji dan KTP asli masih juga diminta, nah proses di BRI ini adalah mentransfer uang sejumlah Rp. 25juta ke rekening menteri agama, langkah ini memang harus dilakukan agar bisa mendaftar haji dan mendapatkan nomor antrian, dan ini dilakukan secara ONLINE. Nah nanti di rekening BRI kita tinggal Rp. 50.000,- karena yang 25juta sudah masuk ke rekening Menteri Agama.

9. Kelar sudah, setelah proses ini usai, tinggal menyerahkan lagi surat dari BRI ke depag lagi, disertai dengan foto kopi KTP 5 lembar, KTP tidak perlu dilegalisir di kalurahan atau kecamatan.

Selesai.

Untuk mertua saya tahun keberangkatannya adalah tahun 2012, jadi masih 3 tahun lagi, ini karena kuota haji DIY yang memang sudah penuh sampai tahun 2011. Untuk tahun 2012 ini saja sudah terdaftar sekitar 2000 calon haji, dari sekitar 3000 kuota untuk Yogyakarta.

Jika anda ingin sedikit-demi sedikit nabung, maka rekening haji tadi bisa anda masukan uang, bebas di BRI manapun. Tetapi nanti saat pelunasan haji, maka haru s ke BRI yang dipakai untuk mendaftar.

Demikian semoga berguna, maaf sudah ngantuk, ngetiknya kurang tlaten.

Update 2 September 2010

Sekarang untuk mendapatkan nomer antrian harus setor Rp. 25.ooo.000, dan untuk Kabupaten Sleman, antriannya harus nunggu 5 tahun, jadi yang daftar sekarang maka berangkatnya 2015, dan spertinya kuotanya juga sudah habis, jadi yang daftar mulai September 2010 akan masuk antrian haji tahun 2015.

Jadi untuk anda yang berniat naik haji, harus memperhitungkan faktor antrian ini, misal mau naik haji saat pensiun umur 60 tahun, dan anda daftarnya pas saat pensiun, maka anda harus nunggu 5-6 tahun lagi untuk bisa berangkat, yang menjadi persoalan adalah apakan kesehatan dan badan anda fit untuk 6 tahun mendatang, jadi monggo silahkan yang mau naik haji di usai tertentu lebih baik daftar H minus 6 tahun dari niat berangkatnya.

Model pelunasan haji, nanti akan ditelepon dari pihak Depag Kabupaten, sehingga akan lebih aman jika misal seperti mertua saya yang tahun 2012 baru bisa berangkat, alangkah baiknya pada rekening BRI di tabung dulu paling tidak cukup untuk pelunasan, sehingga nanti saat di telpon depag kabupaten untuk melunasi, tinggal transfer saja uangnya. Misal haji 2012 adalah 35 juta, sedang mertua saya kemarin setoran awalnya 20 juta, maka untuk amannya di rekening BRI harus sudah nabung 15 juta, untuk nanti pelunasan sawaktu-waktu.

Untuk kasus jika ada jamaah haji yang tidak bisa melunasi padahal jatah urutannya harus melunasi, maka jamaah ini akan digeser ke belakang, dan jamaah dibawahnya naik urutan untuk berhak masuk kuota naik haji. Misalkan ada kasus kouata tahun ini 2000 orang, kebetulan yang nomer 2000 tidak bisa melunasi, maka yang nomor 2001 yang seharusnya baru berhaji tahun 2011 bisa masuk kuota tahun ini.

Tentang iklan-iklan ini

140 Tanggapan

  1. perlu sih…
    tapi kapan yah saya bisa naik haji??
    phhhh…

  2. daftar lewat biro jasa, apakah dijamin bisa cepat tidak usah pakai daftar tunggu ?

  3. @ Sukirno, mungkin yang ONH Plus ya? atau kuota khusus sepertinya memang ada kok, tapi pasti mahal, bisa lipat 2x lebih mungkin.

  4. nice info Mas :D

  5. @ Mas Taufik
    Semoga sebentar lagi menjadi Haji Taufik Hidayat. Ok Mas?!!!

  6. Salam kenal Mas,.. aku dr Jkt,
    …Suwun mas,… share nya bagus plus bermanfaat,..

  7. Mas Hadiyanta, kalo ONH 2009 totalnya brapa yah (termasuk yg Rp.2.050.000)? apa sama utk setiap daerah?

    Makasih

    • maaf saya belum update ONH 2009, karena mertua naik hajinya 2012. Tapi sepertinya naik.

      Yang 20.000.000,- kan sudah disetor ke rekening MENTERI AGAMA, nah misal besok biaya haji adalah 35 juta untuk satu orang, maka tinggal melunasinya dengan menambah 15juta. jado 20 Juta + 15 juta = 35 Juta. biasanya pelunasan ada jadwalnya tersendiri, yaitu di tahun mau berangkat, kalau belum bisa melunasi maka yang nomor antrian di bawahnya bisa naik.

  8. misal tidak lewat BRI bs tdk ya<banlk yang Syariah gt

  9. waduh.. nunggunya 3 tahun lagi. Kalau dalam masa penungguan orangnya meninggal, itu uang yg sudah di transfer ke depag gimana? mohon info.

  10. Mohon maaf saya mau menambahkan pengalaman saya. Tanggal 24 September saya ke Kandepag Depok Jabar mau mendaftar tapi ternyata ada syarat lain yang harus di bawa yaitu : 1. Surat keterangan domisili dari kelurahan yang ditempel materai 6000 (Diurus mulai dari RT sd Kecamatan) 2. Surat kesehatan dari Puskesmas terdekat (diwilayah dia tinggal). 3.Foto copy Kartu Keluarga yang masih berlaku.

    • @ Subeki
      Mungkin tiap daerah lain aturannya, kalau saya nilai hal tersebut untuk menfilter bahwa jamaah haji yang daftar di DEPOK JABAR memang orang asli berKTP BOGOR, bukan selundupan dari luar daerah, ini terjadi karena kuota haji yang terbatas sehingga semua pingin cepat naik haji walaupun dengan mendaftar di daerah lain, semoga tidak ada manipulasi KTP, KK, SURAT SEHAT PUSKESMAS dll, sehingga memang tujuan awalnya tercapai.

  11. terimaksih atas informasinya, insyallah akan segera ke depag u daftar alhamdulillah rek haji sdh 20 juta setelah hampir 3 tahun saya buka rekening tab haji, doain deh semoga nanti pas berangkat bisa menutup kekurangannya.

  12. mas,hadi..trima kasih bnyk infonya..semoga Allah sll meRahmati mas..sy doakan biar mas cepet naik hj jg+istri..amiin

  13. mas, boleh nggak ya misalkan rekening bank-nya atas nama kita, tapi yg akan berangkat haji adalah artu kita? atau ortu harus punya rekening bank sendiri? kebetulan saya juga punya rekening BRI. makasih.

    • rekening haji itu khusus mbak, jadi yang bersangkutan sendiri harus daftar dan hadir ke bank, dan untuk mendapatkan nomor antrian haji harus setor Rp.20juta ke rekenging menteri agama. via rekening haji yang dibuka tadi oleh orang tua mbaknya.
      Setelah transfer ke rekening menteri agama sukses, maka kita langusng mendapat nomor antrian naik haji, dan itu sudah online caranya, sehingga otomatis.
      Untuk pelunasan biasanya ditentukan waktunya sebelum keberangkatan, misal sakerang daftar dan setor 20juta dan sudah dapat nomor antrian haji, maka berangkatnya bisa 2012 atau 2013, tergantung banyak sedikitnya yang sudha antri. Nah nanti sebelum berangkat harus melunasi di rekening haji tadi, di bank tempat mendaftar awal.
      Demikian pemahaman saya, semoga saya tidak keliru.

    • Kalau dari pengalaman, karena supaya tidak usah merepotkan ortu, maka rekening haji itu dibuka atas nama adik, tapi ditujukan untuk ortu, disitu sih ditulisnya
      Nama Anak QQ Nama Ortu

      Jadi yang mengurus rekening ke bank cukup adik2 saja..

  14. kalau 2 orang (suami & istri) apa culup 1 nomor rekening atau sendiri-sendiri. bagaimana selanjutnya untuk mengikuti manasik atau info-2 yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji.

    • satu orang satu rekening, karena ini berkaitan untuk memperoleh nomor urut kuota haji. Manasik dll bisa ikut Bimbingan Haji Swasta.

  15. salam kenal… terima kasih share nya bermanfaat jadi tahu caranya,.. semoga dikuatkan niat kita semua utk naik haji .. kapanpun sebelum ajal menjemput…amin

  16. Mas Hadi, untuk cek kesehatannya kapan? Sebelum atau sesudah ke DEPAG? Matur nuwun, Mas

    • cek kesehatan itu nanti kalau sudah mau berangkat haji, saat daftar tidak ada test kesehatan.

      • Trimakasih Mas, infonya………….saya dan suami alhamdulillah dapat porsi 2013, walaupun tadinya berharap dapat 2012. Saya doakan Mas Hadi juga akan segera bisa berangkat haji ke tanah suci. Amin YRA

      • Sama sama bu Rika, tahun 2013 semoga sarana dan prasarana haji di sana sudah makin baik dan sempurna, terutama pemondokan makin dekat, dan jalur transportasi yang makin baik.

        Terimakasih atas doanya, titip besok didoakan ya bu di tanah suci agar saya sekeluarga bisa naik haji. Amin.

  17. saya orang jawa timur, karena pemberangkatan haji untuk jawa timur sudah penuh sampai tahun 2015 saya ingin daftar di wilayah jogjakarta apabisa ? dan jika bisa bagaimana caranya

    • Seharusnya tidak bisa. Karena mendholimi calon jamaah haji dari tempat yang aslinya :)

      • Wah…! ko’ istilahnya gitu sih pakai mendzolimi sgala…! Padahal saya nih lagi cari2 info tata cara daftar haji dan cari2 lokasi pendaftaran yang antreannya agak sepi. Soalnya untuk wilayah Ponorogo tahun 2011 ini antrian sudah mencapai 10 (baca sepuluh) tahun, hebat nggak…? Jadi klo daftar skarang berangkatnya 2020, tapi ya bagaimana bisanya nabung n kesiapan mental baru akhir2 ini.
        Semoga mas Hadi jadi haji mabrur. Amin. Trims.

  18. Asslm,

    mas Hadi memang kalau manasik itu bukan satu paket dari depdag’ya..ko mesti ikut bimbingan haji swasta…atau itu diluar pembiayaan haji’yaaa…cuma seperti les gitu..untuk persiapan haji..
    Biar lancar…

    • maaf saya sendiri kurang begitu paham, tapi setahu saya, memang yang dari depag itu ada fasilitas, tapi kebiasaan orang-orang disekitar saya yang mau naik haji, biasanya mereka mesti ikut bimbingan haji tertentu, rata-rata bayarnya 1juta (semoga saya tidak salah), nanti saya tanyakan paklik saya yang barusan pulang haji.

    • Alhamdulillah kemarin saya barusan ke rumah bulik saya yang baru pulang haji. Menurut cerita beliau memang sebaiknya kita ikut bimbingan haji walaupun di depag sebenarnya ada juga bimbingan dan latihan, tapi kurang maksimal, jika ikut bimbingan swasta, jadi nanti di tanah suci ada yang mengkoordinir dan mereka itu pengalaman. Di Jogja ada beberapa yang rekomended dari bulik saya, yaitu Asyiyah, dan Multazam. Rata-rata biayanya 1,5 juta.

  19. Mau tanya.Yang seperti atas itu hanya berlaku untuk rekening bank BRI atau bank yg lain jg? Karena saya ikut yang tabungan haji BSM dan katanya bisa diatasnamakan orang lain yang mau naik haji (Tidak harus yang buka rekening). Kmrn masalahnya kurang jelas informasi dari CS BSM-nya. Kuatirnya nanti harus yg buka rekening,padahal ini tujuannya buat ibu saya.Udah terlanjur uang masuk malah gak bisa naik haji.

    • Pengalaman saya hanya baru di bank BRI, tetapi saya pikir semua prosedurnya sama, intinya saat mau daftar haji, agar bisa dapat nomor antrian itu harus memasukkan uang Rp. 20juta ke rekening MENTERI AGAMA, dan ini prosesnya ONLINE yang melakukan pendaftaran adalah pihak bank, dan harus yang besangkutan sendiri yanga tandatangan, mungkin kalau baru menabung, atas nama orang lain tidak masalah, tetapi saat mendaftar online, harus atas nama yang memang mau berangkat haji rekekningnya. Maaf jika kurang memuaskan jawaban saya.

      • Thanks infonya mas. Kl begitu harus buka rekening dua kali ya. Saya pikir tidak harus buka rekening lagi,tinggal pake dana yang dari tabungan kita sendiri saat mendaftar ONLINE.

      • sama-sama :)

  20. Terimakasih infonya, mas. Kebetulan saya juga lagi cari-cari info pendaftaran haji.

  21. Assalamualaikum

    salam kenal mas hadi,

    SubhanAlloh, jazakallah ya mas informasinya. info ini saya cari sejak sebulan yang lalu, karena kebetulan saya mau daftar haji di kampung halaman saya, namun sekarang masih tugas di luar kota sementara saya mesti ngatur jadwal untuk cuti dan mengurus semua itu (sempat telepon ke depag kota tempat saya tinggal informasinya masih terlalu general), jadi setelah tau secara rinci prosedur tersebut saya jadi bisa menyiapkan semua yang dibutuhkan dan mengatur waktunya.
    Semoga pengalaman mas hadi bisa membawa berkah dan membawa kita segera menuju baitullah dan menerima jamuan indahNya disana Amiiin…

    Wassalam

    Priyana

    • alhamdulillah tulisan saya bisa bermanfaat, mohon besok saya didoakan bisa naik haji ya pak :)

  22. nice info. tanx.
    info terbaru ni mulai 1 maret setoran u kuota naik jd 25jt. saya d sby quota sdh penuh sampai 2015. jd jaftar skrg br bs brgkt 2016.

  23. Alhamdulillah…
    saya jadi dapat gambaran mengenai prodesurnya..
    waah.. ternyata harus ngumpulin 5 juta lagi yah (katanya setoran awal jadi 25 yah), tapi InsyaAllah pasti bisa yah….

    Makasih banyak yah mas atas infonya..

    • sama sama bu, yang 25juta itu saya sendiri belum tahu kebenarannya, saya belum cek ke site nya depag.

  24. trimakasih atas infonya….mas
    hari ini allhamdulillah orang tua saya mau daftar haji,,,,semoga mereka diberi kelancaran.amin,,,
    bagi siapapun yang belum naik haji saya doakan mudah”n semuanya diberi jalan untuk melaksanakan ibadah haji.aminn

  25. Terimakasih Mas Hadi,
    sangat mencerahkan… :)
    semoga kita semua dapat menuanaikan ibadah Haji, amin..

    Abu Akhdan
    Abu Dhabi – UEA

  26. Ibu saya sudah bayar ONH full tahun 2008,….. belum sempat di daftarkan lg ke Depag …. Allah berkehendak lain beliau meninggal dunia pada th yang sama…surat2 Asli beliau hilang semua…. bagaimana cara minta pengembalian ONH tsb mohon penjelasan. trima kasih sblmnya.

  27. Mas Haditanta… kalau proses ini utk Haji biasa atau ONH plus ya? Apkah setelah daftar ini flexible ….jika ditengah jalan selagi nabung ada dana utk ONH plus …apakh bisa langsung dialihakan ke ONH Plus …?

    • maaf saya tidak punya pengalaman dengan ONH plus, tapi setahu saya kalau ONH plus kan dipegang oleh BIRO PERJALANAN HAJI SWASTA.

  28. thks byk imformasinya mas…bermamfaat bgt…soalnya sy ad rencana daftar haji minggu” ini. benar itu utk dpt kursi hrus rp 25 jt

    • iya sekarang 25 juta. daftar sekarang paling tidak 2 tahun lagi baru bisa berangakat, tapi tergantung kuota daerahnya juga, kalau sleman yogyakarta seperti itu bisa 2 atau 3 tahun dari mendaftar baru bisa berangkat.

  29. Bagaimana kalau yg berangkat hanya orang tua perempuan (seorang) karena sudah janda? harus titip ke siapa ya?
    Ongkos naik haji kisaran berapa ya?

  30. terima kasih infonya, saya jadi tahu. minta ijin saya copas boleh?

  31. terima kasih atas info nya… depag aja ga punya info sprti ini.. smoga bermanfaat

  32. Terimakasih informasinya mas.. sangat bermanfaat.

  33. semoga suatu saat bs ikut masuk antrian……….

    • kudu nabung dari sekarang, kiro2 umur 50tahun wis iso setor untuk dapat nomer antrian, umur 55tahun pas pensiun pas iso munggah haji :-)

  34. sama mas untuk kodya bandung udah sekitar 3-5 tahun…
    kapan gilirinaku…………………………

    • mari menabung, lha aku bela-belain kridit motor saja bisa, mosok gak bisa nabung untuk naik haji, ha ha

  35. semoga nanti yang sudah balik haji, jadi orang baru yang lebih taat beragama, baik secara lisan maupun tindakan…bukan menjadi haji yang hanya untuk menonjolkan gelar “H.” nya dan wibawanya saja, bahkan sampai jadi orang munafik, alias haji tapi kok tetep maksiat, seperti fenomena di Indonesia ini….hehehe….AMIN

  36. pengalaman saya waktu ortu naik haji , saya pergi ke bank muamalat tanpa mesti sama orangtua untuk buka rekening haji. caranya kita tanya ke petugas mau buka rekening haji buat orangtua sambil kita bawa ktp orangtua yang asli dan uang buat setor minimal buka rekening tabungan haji. sesudah itu buku tabungan kita bawa kerumah biar orang tua tanda tangani gampang kan.,kita tinggal setor saja sama siapa aja, baru dah mencapai minimal setoran haji untuk dapat nomor porsi baru ke kandepag namun mesti haru oleh orangtua yang akan berangkat haji,dengan persiapan foto kk skd foto kopi ktp dan bukti setoran kebank.alhamdulilah ortu dah jadi haji 2008 . sekarang tinggal saya yang berangkat haji kebagian tahun 2013 untuk kabupaten bandung doain bapak ibu mas mba supaya cepet berangkat dan selamat lahir batin karena saya berangkat sendiri maklum dah cerai yah semoga pulang dari sana dapat jodoh amin,kalau soal bimbingan saya masih pilih pilih enaknya dimana hehheeh karena masih lama..tapi disarankan untuk semuanya calon haji ikut KBIH supaya disana tidak terkatung2x seperti ayam kehilangan induknya,dan KBIH yang dipilih mesti sesuai dengan keyakinan dan kehidupan sehari2x kita yah maksudnya jangan beda aliran gt.

    • titip doa mas, biar aku cepet bisa naik haji ya. trim infonya.

    • iya saya do’akan semoga disana lancar dan semoga kita bisa ketemu disana, kebetulan saya juga berangkat 2013 insyaalloh

    • Salam Mas, apakah mendaftar haji itu harus sesuai dengan alamat di KTP? soalnya KTP saya Padang, tapi saya kerja di Jakarta. apakah bisa saya mendaftar di Jakarta? terima kasih sebelumnya

  37. oh ya satuhal buat kita kita yang awam jangan pernah setorin uang ke bimbingan haji,alangkah baiknya soal uang setor langsung ke Bank oleh kita.dan jangan mau percaya pada bimbingan yang akan memberangkatkan haji kita cepat,sebaiknya sesuai aturan, karena sekarang kandepag lebih tegas akan mencoret calon haji yang bukan asal dari daerahnya, kecuali orang itu punya ktp kk dan berdomisili dibeberapa daerah .doain saya sehat walafiat dan banyak rejeki supaya nanti pas pelunasan lancar semuanya, maklum usiaku baru 32 thn minim agama minim pengalaman minim pengetahuan.

  38. Ass Wr Wb,
    Matur nuwun Mas Hadi, aku cari-cari info seperti ini , biarpun di depag tak ketemu. Ya syukur di web ini ada info penting buat kami. Matur nuwun.
    wasalaam.
    subekti+++

  39. nice info, terima kasih sangat berharga buat mereka yang tidak tahu termasuk saya.

  40. ya mas hadi semoga kita semua menjadi tamu Alloh yang sesungguhnya dengan rahmat dan ridho Nya.soalnya info kaya Mas Hadi ini sangat bermanfaat bagi kita semua,karena umumnya orang-orang yang niat akan pergi haji itu kebanyakan awalnya pada malu malu bertanya,bagaimana cara prosedur pendaftaran haji.Blog mas bermanfaat sekali,semoga mas hadi sekeluarga jadi PAk Haji secepatnya supaya bisa menceritakan pengalamannya menjadi tamu Alloh.karena info mas hadi merupakan sedekah buat saya yang tidak ternilai harganya dan semoga Alloh SWt membalas keridhoan Mas Hadi sekeluarga,Amin

  41. matur nuwun sangat bermanfaat

  42. dulu aku pernah dengar harus cheq kesehatan ke puskesmas setempat.tadi kok gak d sebutkan.apa chek up ny menjelang keberangkatan aja? lantas yg dulu saat daftar belum hamil tp saat sampai tahun daft tunggunya dia melahirkan gmn solusinya yang aku dengar mengundurkan diri kena denda

    • cek up menjelang berangkat, semua proses pendaftaran mertua saya, sudah saya tulis apa adanya. Kalau mau mundur tahun depan sepertinya bisa disiasati dengan menunda pelunasan, sehingga jatahnya jadi mundur. tapi pastinya saya belum tahu.

  43. Artikel yang sangat bagus dan informatif….mohon ijin posting artikel ini di blog saya,.,,link blog pasti saya cantumkan….
    Matur Nuwun

  44. Terima Kasih artikelnya…

    Mohon ijin posting artikel ini di blog saya….
    sumber akan saya cantumkan…

  45. Alhamdulillah website inis angat bermanfaat, saya berencana mendaftar ibadah haji dengan dana talangan awal dari BSM, makanya saya mencoba urus surat2nya baru pada taraf mengurus Domisili di kelurahan, tapi mengapa ya masih dimintai biayadengan tarif 50.000 ya, mustinya untuk tujuan ibadah ya jangan mahal-mahal, seikhlasnya mungkin malah ada yang lebih dari 50.000, kalau seperti saya ikhlasnya amsih dibawah 20.000. mahal juga itu baru dikelurahan, nanti dikecamatan dimintain berapa ntar saya update

  46. Ass wr wb. ibu saya, ibu mertua & saya ingin daftar haji, kami ingin berangkat bareng, tp ktpnya lain daerah..(ibu:Blora, mertua:DKI Jkt, saya :Bekasi) bgmn caranya? Trimakasih

    • Sepertinya hanya dg ONH PLUS solusinya. Krn tiap daerah beda kuota shg lama nunggu antrian juga beda.

  47. bagi yang berminat berangkat haji untuk tahun depan,kususnya yg berdomisli di bogor coba deh daftar ke yayasan SABILUL HUDA…ALAMATNYA DI KEDUNG BADAK.KOTA BOGOR.disitu lumayan bagus pelayanannya.

  48. Bahwa ada begitu banyak semangat dan antusiasme untuk memenuhi kita Perjalanan Iman benar-benar indah. Subhanallah.

  49. Kalo 1rek 2nama bisa ga? Biar ortu ga kasian

  50. makasih informasinya,sangat2 bermanfaat . smoga kita cepat menjadi tamu Allah. Amin

  51. teruskan infonya dan edit ya sampai keberangkatan jadi biar tuntas , makasiih

  52. jadi klw dah terdaftar di bri misalnya
    uang 20jt td setor nya bulan brpa??? terus sisanya 10 juta td harus setor kmn , pertanyaan nya boleh
    buka tabungan haji sedikit demi sedikit… trus baru daftar ke depag…..????

    • sekarang 25 juta. setor ke BRI yg kabupaten. setoran 25 juta ini untuk mendapatkan nomor antrian kuota haji. daftarnya sembarang waktu.
      untuk kabupaten saya, daftar sekarang maka antrinya sudah sekitar 5 tahun lagi baru brangkat haji. melunasinya sblm berangkat haji.

  53. assalamu alaikum pak hadi,
    saya ingin bertanya mengenai masalah wanita hamil yang berangkat naik haji apa diperbolehkan ?

    Alhamdulillah di thn 2008 sy dan suami sdh mendapat no.porsi dari depag. Dan di tahun ini 2011 saya sdh mendapat panggilan manasik dari KBIH yg ditunjuk depag dan dijadwalkan akan berangkat ke tanah suci ditahun ini.

    Yang ingin saya tanyakan bagaimana seandainya di tahun ini saya juga mendapat rezki untuk hamil ? kami sdh menikah 6 tahun dan belum memiliki keturunan shingga sy memang tidak berniat untuk KB.
    – Apa keberangkatannya diundur ditahun berikutnya (2012) ? atau mesti menunggu lagi 4-5 tahun dari tahun skrg mengikuti aturan yang ada.
    – Apa bisa suami saya juga ikut menunda keberangkatannya , biar kami bisa berangkat bersama-sama ?

    • kalau alasannya jelas misal sakit atau hamil, saya kira bisa ditunda. lebih jelasnya datang saja ke depag setempat.

  54. Daftar haji di jakarta bulan mei 2010,kapan bisa berangkatnya?

  55. Jazakallah mas infonya, sgt b’manfaat .. Smga Allah melapangkan rizqi kmi, shg kmi skeluarga, dpt menunaikan ibadah haji. Amiin..

  56. jazakallah ya mas infonya, bermaanfaat sekali..
    Smoga saya dan keluarga diberi kelapangan rizqi dan kesempatan tuk menunaikan ibadah haji. amiiin.

  57. [...] program pemerintah (bukan haji+)  memang dengan tabungan haji . . . bro bisa baca lebih lengkap di artikel mas Hadiyanta berikut ini. So Kalo sekarang Bro cuma punya gaji sejuta . . . jangan lah minder duluan untuk bisa berniat [...]

  58. asswwb, afwan..info antum kurang lengkap. karenanya ana musti bolak balik menambah persyaratan terutama di kement agama kab. sleman. bukan hanya KTP tp ada KK, akte kelahiran/ijazah terakhir, surat nikah, baju atau jilbab disarankan jgn berwarna putih dll. mohon memberi informasi/tips lebih jelas lagi yaaaa. jazaakillah.

  59. mumet kang, muter2,,,,…ckckckc,

  60. Ass. wr. wb,
    Trm ksh, mas Hadi. Infonya sangat brmanfaat. Smg kita sgr mnjdi tamu Allah. Amin.
    Wass.

  61. terimakasih mas, tulisannya simple/mudah dipahami.insyaAllah minggu ini buka tabungan haji n penuhi siskohat.udah nadzar sih :).doakan lancar ikhtiar kami.

  62. [...] reset, data dan card memoryTIPS merefill sendiri tinta katrid HP No 21 pada Printer HP Deskjet D2466Tata cara mendaftar hajiManfaat Puasa Daudpengalaman setelah 30 hari pakai AHAciri-ciri BTS Telkomsel, Indosat, XL, [...]

  63. Makasih ya buat informasinya

  64. ada ga untuk dana talangan Calon haji…hrs setor berapa..

  65. Assalamu’alaikum
    Trimakasih mas infonya. saya mau tanya. Orang tua saya mau berangkat th 2013. Tapi Bapak saya telah meninggal dunia. Ibu saya sudah tua dan butuh pendamping dari anaknya. Bisakah posisi bapak saya digantikan oleh anaknya ? seandainya bisa bagaimana caranya. mengingat di PP nya tidak bisa diganti. Newun

  66. Assalamu’alaikum
    Bagaimana cara menggantikan bapak saya yang telah meninggal, untuk mendampingi ibu saya yg sdh tua ? Trimakasih

  67. Makasih infonya… sangat bermanfaat..

  68. kalau mau daftar haji, tapi uangnya mengangsur dulu boleh nggak ya

  69. Terima kasih info nya sangat bermanfaat.
    Saya mau tanya kalau yang setor ONH nya dengan Dinar bagaimana caranya Mas?
    Kalau penjelasan di atas kan setor sekarang sekitar 25 jutaan, ngantri dan berangkatnya bisa 3-5 thn yad.
    Nah kalau yg pakai Dinar bgm? Apa yg 25 jt dibelikan dulu Dinar, lalu setelah 3-5 thn dicairkan untuk bayar ONH? Ngantri lagi ya…?

    Salam,
    -agun-

  70. assalamu’aliakum…
    ijin copas mas…
    terimakasih…
    wassalam..

  71. terima kasih

  72. terima kasih penjelasannya

  73. terima kasih infonya . mungkin kita dapat bekerja sama dan kilik dihtt://www.unsri.ac.id

  74. Assalamu’alaikum , terima kasih infonya walaupun lama tapi cukup bermanfaat.

  75. untuk tau daftar peserta ONH 2020 alamatnya mana y, tks…

  76. semoga bisa cepet naik haji AMIN

  77. [...] sekarang menggunakan kuota yang tidak main2 lamanya, silahkan mencermati tulisan dari http://hadiyanta.com dari lima sampai sepuluh tahun. taruhlah biaya haji adalah 35 juta dengan dp untuk nomor antrian 20 [...]

  78. [...] sekarang menggunakan kuota yang tidak main2 lamanya, silahkan mencermati tulisan dari http://hadiyanta.com dari lima sampai sepuluh tahun. taruhlah biaya haji adalah 35 juta dengan dp untuk nomor antrian [...]

  79. Trima ksh infox yg bermanfaat mohon doax spy saya dan suami sgra daftar haji dan dibri kesehtan serta rizki

  80. Maaf saya mau tanya, kalau misal saya daftarin ortu saya gimana? dan itu uang buat dapat antrian harus langsung? apa 50ribu dulu tdk apa2. karena saya mahasiswa

  81. Aslamualaikum..
    mau numpang tnya?insyallah q pgen naikin haji ortuku,prtanyaan sy,bleh tdk daftrin haji ortu dgn uang hasil krjaku sdgkan q sndri msh blon pergi haji & satu lagi bleh tdk ortu prgi haji sdgkan anaknya ada yg msh blon mampu dalam prekonomian sehari-hari?tlong ya ksh pnjlasan..trimaksih

  82. tks infonya mas, meski sdh telat banget bukanya.
    mau tny dikit ttg pelunasan haji. jika kita sdh dpt nmr antri thn ini tp br bs berangkat (mgkn) 8 thn lg. sisa yg hrs kita byr berdasar onh thn ini atau onh baru (yg mgkn sdh naik berkali2 lipat) pd saat kita akan berangkat? sblmnya mtrswn

    • menurut pemahaman saya, kita harus melunasi ONH sesuai tahun berangkat, karena itulah yang sudah saya lihat, sekitar 3 tahun ini.
      Saran saya, lebih baik nabung emas 1 Gram / bulan, insya Allah saat naik haji besok, emas dijual bisa untuk melunasi. Nilai emas tidak berubah.

  83. suwun, infonipun. mugi2 niat ingkang sae sageto kalempahan lan barokah.

  84. thanks atas bagi2 pengalamanny tentu sangat bermanfaat buat smua calhaj,,,

  85. Di koran KR yang pernah saya baca beberapa bulan lalu, saat ini daftar tunggu calon haji Provinsi DIY hingga 13 tahun. Jadi, jika mendaftar tahun ini, bersiap2lah untuk bisa berangkat di tahun 2026.. hiks…

  86. Anda juga bisa lihat di sini
    Alquran terjemah dengan tajwid blok warna alquranku
    Antony 081331828237
    alquranku
    Info Interior gan…
    plafon rumah

    Thx

  87. Bisa gak satu rekening untuk dua calon jemaah haji?

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.462 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: