Yang tidak boleh dilakukan pada motor injeksi


Kemarin sore di angkringan dekat rumah, ketemu adik sepupu yang ternyata motornya baru, yaitu honda vario techno yang pastinya masih karbu belum PGM-FI alias injeksi. Saat saya tanya kenapa tidak pilih yg vario injeksi, dan jawabannya cukup mengagetkan saya, yaitu intinya masih ragu, takut dan ribet pakai injeksi. Padahal dulu adikku ini pakai yamaha vixion yang tentunya sudah injeksi. Alasan lain ganti matic, karena untuk kuliah di UIN yang jaraknya kira-kira 30KM dari rumah, lewat jalan dalam kota yang macet, tentu susyah pakai motor koplingan.

Bapak Jumanto memberikan sambutan di acara Pengenalan teknologi PGM-FI

Jadi ingat saat kemarin diundang AHM JOMBOR JOGJA, ternyata benar bahwa memang hal tersebut masih menjadi persoalan tersendiri. Imej bahwa injeksi itu ribet dan repot memang PR yang harus diselesaikan dengan edukasi ke masyarakat calon pemakai motor. Apalagi ditahun 2013 direncanakan semua motornya sudah injeksi dengan trade mark PGM-FI.

Sistem PGM-FI honda

Tentunya akan ada tiger injeksi nih :-D

Dari keterangan bapak Danang dari AHM Jombor yang menjabat Training Mekanik, intinya menyatakan bahwa sistem injeksi yang diterapkan di motor motor honda saat ini adalah sudah adopsi teknologi step kedua yang tentunya lebih sempurna dari teknologi injeksi pertama. Paling kentara di teknologi injeksi pertama hanya mengandalkan gravitasi agar bensin sampai ke injektor. Beda dengan teknologi step kedua yang sudah memakai pompa. Bensin dipompa sampai ke injektor.

Bapak Danang sedang memberikan penjelasan sitem PGM-FI

Injeksi sangat tergantung pada AKI yang merupakan jantungnya kelistrikan pada sepeda motor. Jadi pastikan kelistrikan aman terkendali. Yang paling diharamkan ada dua hal.

1. Jangan pasang kunci rahasia. Karena sembarangan memotong kabel kelistrikan, bisa jadi merusak sistem kelistrikan yang mensuplai ke sistem injeksi, sehingga sistem injeksinya jadi error atau rusak sama sekali.
2. Jangan tambah asesoris tambahan yang memerlukan supply listrik. Misal sirine dan lampu stobo atau tambahan yang lain yang perlu supply arus listrik.

yang ini aki harus hidup

Untuk honda PCX dan CBR jika aki sampai tewas, maka motor tidak akan bisa dihidupkan sama sekali. Karena sistem injeksinya benar banar tidak bisa difungsikan tanpa aki yang hidup. Untuk selain kedua motor tersebut, masih bisa dihidupkan tetapi segera saja dibawa ke Ahass terdekat untuk cek sistim injeksinya. Mungkin akinya mati, atau sensor sensornya ada yang error. Karena lampu petunjuk injeksi di dashbord akan kedip kedip jika ada yang tidak beres dengan sistem injeksinya.

Semoga berguna.

Posted from WordPress for Android Samsung Galaxy 5 by hadiyanta

Tentang iklan-iklan ini

18 Tanggapan

  1. betul…modif yg lain asal jgn kelistrikan kalo gk jago jago amat xixixixi

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  2. 3. jangan ganti busi selain busi standar :lol:

  3. pakelah pakaian saat mengendarai motor injeksi..

    #bletaxx mbrumm kaburr

  4. saran saya:
    1. bawa kabel jumper aki (gak perlu bagus2, untuk ngangkat pertama doang, gak buat ngecharge), misal tekor di jalan bisa minta bantuan motor laen dulu untuk kebutuhan listrik awal, step2 lengkapnya bisa dilihat di artikel saya (seklian nitip artikel ya mas):

    http://www.umarabuihsan.wordpress.com/2011/07/12/61-jangan-biarkan-kunci-kontak-nyantol-terus-kalau-di-rumah-ada-anak-kecil/

    2. bawa fuse cadangan

  5. satu lg biar komprehensif sarannya:

    bawa TOOL tambahan di jok seperti di artikel saya yang laen (nitip lagi mas):

    http://www.umarabuihsan.wordpress.com/2011/04/08/tambahan-”-tool-”-di-bagasi-motor-injeksi/

  6. Lek gak salah pgm-fi ne suprax125 malah udah step 3 tuh
    Nais inpoh gan..
    Nambahin dikit ah, sebisa mungkin beli bensin di pom supaya gak kotor fuel pumpnya, jgn ngisi bensin waktu hujan, karena air bereaksi dengan belerang jadi asam sulfat (korosif). Jangan nambahin additive sembarangan, takut jadi gum. Sebisa mungkin Isi bensin sebelum tangki bener2 habis takut kotoran yang mengendap ikut ke injektor. Secara rutin kuras tangki bensin.

  7. 3. jangan lupa bayar anggsuran

  8. jangan lupa mboncengin cewek cakep anak tetangga yg lagi nunggu bis, tp sopan ja, kasihan dianya…. he…he…

  9. KLO UNTUK MOTOR PCX AKI TEWAS KN GAK BISA HIDUP,KLO AKI NYA D DUOBL UNTUK MNGHIDUPKN SAJA BISA TIDAK,,,

  10. ilmu wajib tau nih
    fi tool

  11. mas klo lampu injek thue hidup apa maslahnya mas????

  12. sy se 7 yg tertera diatas. tapi kalo bisa bagi~bagi ilmu tentang injeksi wabil khusus kelistrikannya. bagi ilmu sama saja bagi rejeki terima kasih

  13. kalau kehabisan bahan efeknya bagaimana
    trus gimana cra mengatasinya

Silahkan memberi komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.461 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: